PERILAKU BELANJA ONLINE DAN OFFLINE IBU RUMAH TANGGA DI DAERAH PESISIR
Abstract
References
Abrudan, I. N. (2016). Does Gender Really Affect Shopping Patterns?. Studia
Universitatis Babes Bolyai-Negotia, 61(2), 5-29.
Alam, G. N., & Azmi, F. (2024). Proteksionisme E-Commerce dalam Pelarangan Impor
Barang Cross Border aplikasi Shopee. Jurnal Perdagangan Internasional, 2(1), 31
Anae S, Kawung E, Mumu R. Perilaku Belanja Online Pada Ibu Rumah Tangga di Saat
Pandi Covid-19 di Desa Beo Kecamatan Beo Kabupaten Kepulauan Talaud. Jurnal
Ilmiah Society. 2023;3(1):1–6.
Ariyanti, D., Prabowo, H., & Putri, N. K. (2024). Pengaruh Kepercayaan, E-Service
Quality, dan Kualitas Produk terhadap Minat Beli Ulang pada Pengguna E
commerce Lazada di Kota Semarang. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Ekonomi
Kreatif, 3(2), 20-33.
Atulkar, S., & Singh, A. K. (2021). Repurchase behaviour and positive word of mouth.
Role of hedonic shopping motives. International Journal of Business Excellence,
(4), 498-516.
Bandara, T. P., Thalgaspitiya, U. K., & Hettiarachchi, W. N. (2022). Generation gap,
gender and shopping enjoyment of shopping mall visitors in western province Sri
Lanka. Asian Journal of Marketing Management, 1(02).
Bandara, T. P., Thalgaspitiya, U. K., & Hettiarachchi, W. N. (2022). Generation gap,
gender and shopping enjoyment of shopping mall visitors in western province Sri
Lanka. Asian Journal of Marketing Management, 1(02).
Berger, J. (2014). Word of mouth and interpersonal communication: A review and
directions for future research. Journal of consumer psychology, 24(4), 586-607.
Bhanot, S. (2017). Impact of gender on mall shopping in India. Management Today, 7(2),
-67.
Effasa, A. S., Dewi, W. R. S., & Widianti, I. P. (2024, February). Pengaruh Penggunaan
Shopeepay Later Terhadap Gaya Hidup Konsumtif Masyarakat Desa Purwosari. In
Prosiding SEMANIS: Seminar Manajemen Bisnis (Vol. 2, No. 1, pp. 19-26).
Gurning, P. S., Situngkir, E. Y., Manurung, D. P., Sagala, V. Y., Pasaribu, B., & Sianturi,
R. (2025). Pengaruh Variabel Demografis Terhadap Perilaku Konsumsi Di Era
Digital: Pendekatan ANOVA. Jurnal Lingkar Pembelajaran Inovatif, 6(1).
Hapsari, R. D., & Pambayun, K. G. (2023). Ancaman cybercrime di indonesia: Sebuah
tinjauan pustaka sistematis. Jurnal Konstituen, 5(1), 1-17.
Hymavathi, C. L., & Vashi, N. M. (2018). Factors affecting female consumer’s online
buying behavior. Academy of Marketing Studies Journal, 22(2).
Istiqomawati, R., Nugroho, A. P., & Paramita, T. (2022). Pengaruh Dukungan Sosial,
Interaksi Sosial dan Kepercayaan terhadap Niat Beli Konsumen pada Media E
Commerce. Investasi: Jurnal Penelitian Ekonomi dan Bisnis, 2(1), 32-40.
Joesyiana, K. (2019). Penggunaan Media Online Shop Dalam Bisnis Pada Wirausaha
Wanita: Studi Kasus Pada Pebisnis Wanita Komunitas SHALIHAH PRENEUR
melalui Pengelolaan Informasi dengan Media Online Shop. Valuta, 5(2), 65-80.
Karim, K. (2023). Keputusan Pembelian Emosional Pelanggan Beretnis Bugis di Kota
Makassar, Indonesia. JSSHA ADPERTISI JOURNAL, 3(1), 41-49.
Kementerian Perdagangan Republik Indonesia. (2023). Perdagangan digital: E-commerce Indonesia periode 2023.
https://satudata.kemendag.go.id/ringkasan/produk/perdagangan-digital-e
commerce-indonesia-periode-2023.
Kunto Darussalam Kabupaten Rokan Hulu (Doctoral dissertation, Universitas Pasir
Pengaraian).
Levina, G. G. (2018). Proses Komunikasi Interpersonal Sales Promotion Girl Dalam
Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Membeli Produk (Studi Deskriptif
pada Sales Promotion Girl Bazzar Wahana Rezeki Sempurna 5-10 Maret 2018 di
Jogja City Mall Yogyakarta) (Doctoral dissertation, UAJY).
Nasution, M. D. T. P., Rossanty, Y., Ariffin, K. H. K., & Zaini, N. I. B. M. (2019). An
empirical examination of the factors influencing consumer’s purchase intention
toward online shopping. Journal of Business and Retail Management Research,
(4).
Permana, R. A., Nuraini, C., & Ramayana, R. (2023). Analisis Penerapan Konsep
Arsitektur Modern Pada Bangunan Delipark Mall di Medan. Innovative: Journal Of
Social Science Research, 3(3), 7155-7168.
Rahayu, E. L. B., & Syam, N. (2021). Digitalisasi Aktivitas Jual Beli di Masyarakat:
Perspektif Teori Perubahan Sosial. Ganaya: Jurnal ilmu sosial dan Humaniora,
(2), 672-685.
Rajagukguk, J. A., & Simanjuntak, M. (2025). Studi Perbandingan Preferensi Konsumen
untuk Pembelian Kebutuhan Bulanan: Kasus Toko Grosir Antoni di Sitoluama.
Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi dan Keuangan, 6(1).
Rangkuti, A. N. (2016). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif,
PTK, dan penelitian pengembangan.
Reza, F. (2016). Strategi promosi penjualan online lazada. co. id. Jurnal kajian
komunikasi, 4(1), 64-74.
Rolando, B., Rantetandung, D. C. D., & Winaya, N. N. T. (2024). Hubungan Penawaran
Khusus Pada Tanggal Istimewa Terhadap Keputusan Pembelian Di Platform E
Commerce Shopee. Jurnal Pengabdian Masyarakat (JUMAS), 1(8), 315-328.
Sain, M., & Bahri, S. (2024). Ekonomi Islam sebagai Landasan Fundamental dalam
Praktik Bisnis Online Era Digital. El-kahfi| Journal of Islamic Economics, 5(02),
-218.
Sugiyarti, L., & Sazili, S. (2022). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Keputusan
Konsumen dalam Membeli Produk Pakaian Secara Online di Desa Air Lelangi
Kecamatan Ulok Kupai Kabupaten Bengkulu Utara. Jurnal Multidisiplin Dehasen
(MUDE), 1(4), 567-572.
Sumarni, N., Faddila, S. P., & Fauji, R. (2020). Perilaku Belanja Online Pada Ibu Rumah
Tangga Disaat Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Ibu Rumah Tangga Di Anjun
Karawang). Jurnal Manajemen dan Bisnis Kreatif, 6(1), 1-22.
Taswiyah, T., & Imron, A. (2021). Persepsi dan Preferensi Ibu Rumah Tangga Terhadap
Sistem Berbelanja Secara Online/online shop. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal
Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 128-137.
Wijaya, D. (2020). Marketplace pedia. Laksana.
Krisnawati, D. (2022). Analisis Perilaku Belanja Online Dikalangan Remaja Kecamatan
Wijaya, M., & Jasfar, F. (2014). Pengaruh rancangan situs, harga, kepercayaan dan
keamanan terhadap pembelian produk fashion melalui online shopping. Jurnal
Manajemen Dan Pemasaran Jasa, 7(2), 31-62.
Wulandari, D. S., & Tumanggor, A. H. U. (2024). Transformasi Digital pada Pasar
Tradisional. Penerbit NEM.
Yuliawan, E. (2018). Analisis Pengaruh Faktor Kepercayaan, Kemudahan Dan Kualias
Layanan Terhadap Keputusan Pembelian. Optimal: Jurnal Ekonomi Dan
Kewirausahaan, 12(1), 34-49.
Yusra Y. Laporan Populix: 86% Masyarakat Belanja Melalui Platform Media Sosial
[Internet]. Daily Social. 2022. Available from: https://dailysocial.id/post/laporan
populix-86-masyarakat-belanja-melalui-platform-media-sosial#google_vignette
DOI: 10.33751/wahana.v31i1.12719
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.