STRATEGI PEMBELAJARAN KANJI DASAR MENGGUNAKAN METODE MNEMONIC DAN HAPPYOU DI PROGRAM STUDI SASTRA JEPANG FISIB UNIVERSITAS PAKUAN

Rina Fitriana

Abstract


ABSTRAK

Kanji merupakan salah satu huruf bahasa  Jepang yang sangat produktif pemakaiannya. Kemampuan membaca dan menulis kanji harus dipahami dan dikuasai  mahasiswa agar mampu memahami teks bacaan dalam Bahasa Jepang. Namun, mengingat jumlah goresan dari sebagian besar kanji yang harus dikuasi sangat banyak, maka muncul persepsi mahasiswa bahwa kanji adalah salah satu mata kuliah yang dianggap sangat sulit dan membosankan. Strategi pembelajaran kanji dengan metode mnemonic merupakan salah satu solusi untuk menghilangkan persepsi ‘sangat sulit dan membosankan terhadap mata kuliah kanji. Penulis menerapkan strategi belajar kanji melalui mnemonicnya pada mata kuliah kanji I dan II yang disajikan di semester satu dan dua dengan tujuan agar mahasiswa memiliki ketertarikan terhadap kanji sejak kanji tersebut mulai perkenalkan. Penyajian perkuliahan kanji dilakukan dengan metode happyou (presentasi) perkelompok. Setiap kelompok mempresentasikan sebanyak 8-10 kanji di setiap satu kali tatap muka. Setiap kelompok diberikan kebebasan untuk memikirkan dan mencari cara mudah mengingat tulisan kanji dengan teknik asosiasi, yaitu membedah†bagian-bagian kanji tersebut dan mengasosiasikan dengan benda-benda di sekitarnya yang dikenal. Penelitian ini dilakukan selama dua semester terhadap mahasiswa semester 1 dan 2 kelas A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 34 mahasiswa. Buku ajar yang digunakan adalah Minna no Nihongo Shokyuu Kanji I Eigoban dengan materi kanji  dasar sebanyak 220 kanji.

Kata kunci: Mnemonic, Happyou, asosiasi, loci, kata penanda


References


DAFTAR PUSTAKA

Araya, Maki. 2000. Minna no Nihongo Shokyuu I Kanji I eigoban.Tokyo: 3A Corporation.

Azwar, Saifuddin. 2004. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jensen, Eric. 2002. Otak Sejuta Gigabyte. Bandung: Alfabcta.

Nur, Muhammad. 2004. Strategi-strategi Belajar. Surabaya:UNESA.

Sudjianto dan Ahmad Dahidi. 2004. Pengantar Linguistik Jepang. Bekasi:Kesaint Blanc.

Sugiono.2011. Metode penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Takebe, Yoshiake. 1998. Kanji wa Muzukashikunai. Tokyo:Aruku.

Tamamura. 2004. Nihongo Kyouiku, Moji Goi no Kyoujuhou. Japan: Aruku.

http://dwitantosunarwn.blogspot.com/2015/01/normal-0-false-false-false-en-us-x-none.html


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/wahana.v25i2.1598

Refbacks

  • There are currently no refbacks.