KOMODIFIKASI PESAN DAN VIRALITAS INFORMASI DENGAN METODE LIKE, SHARE, COMMENT, AND SUBSCRIBE†PADA YOUTUBE

Restiawan Permana, Yusmawati Yusmawati

Abstract


Abstrak

Perilaku komunikasi siber menciptakan budaya†baru bagi pengguna untuk menerima dan membagikan pesan kepada yang lainnya secara berkesinambungan. Istilah komunikasi siber erat kaitannya dengan internet dan viralitas informasi di dunia maya. Viralitas atau virality alias adalah kemampuan untuk mengangkat suatu produk atau konsep secara viral. Viral sendiri merupakan salah satu karakteristik dari internet, yaitu kemampuan untuk berkembang secara eksponensial berkali-kali lipat dalam waktu sangat singkat. Salah satu media berbasis internet yang seringkali menjadikan sebuah informasi menjadi viral adalah YouTube. Konten (video) yang diunggah ke YouTube akan disebarkan link-nya kepada pengguna lain, lalu mereka bisa dengan mudah menyebarkannya lagi, begitu seterusnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dan eksplanatif. Penelitian ini dibuat dengan melakukan pengamatan secara langsung baik terhadap media, konten, maupun partisipan komunikasinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tren baru dalam komunikasi siber ini memberikan gambaran bagaimana sebuah informasi dengan mudahnya menjadi viral, melalui tahapan: like, share, comment, dan subscribe.

 

Kata kunci: komunikasi siber, viralitas informasi, YouTube

 

Abstract

The communication behavior creates a new "culture" for the user to receive and deliver the same message effectively. The term of cyber communication is closely related to virality of information in cyberspace. Virality is the ability to build a product or concept viral. Viral itself is one of the internet, namely the ability to develop repeatedly many times over in a very short time. One of the internet media based on information being viral is YouTube. The content (video) uploaded to YouTube will be distributed to other users, then they can easily spread it again, and so on. This research is a qualitative and descriptive-explanatory research. This research was conducted by observing directly the media, content and communication participation. The results show that this new trend in communication provides information on how information can easily become viral, through stages: like, share, comment, and subscribe.

 

Keyword: cyber communication, virality of information, YouTube


References


Referensi:

Lauer, D. A. (2008). Design Basics. Boston: Thomson Wadsworth.

Moleong, Lexy J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Rosdakarya Offset.

Neuman, W. L. (1997). Social Research Method: Qualitative and Quantitative Approaches. Ally and Bacon.

Scholz, Trebor (eds). (2013). Digital Labor: The Internet as Playground and Factory.UK, NY: Routledge.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & RND. Bandung: Alfabeta.

Taylor, S. E., Peplau, L. A., & Sears, D. O. (2009). Social psychology (12th Ed). Los Angeles, CA: Pearson Education, Inc.

Jurnal:

Datta, Palto R. et.al. (2005). Viral Marketing: New Form of Word-of-Mouth through Internet. The Business Review. Cambridge. Vol. 3 No. 2.

Handayani, Margaretha Jane. (2013). Studi Eksploratori Lovemarks Pada Pengguna Website Video Sharing YouTube di Surabaya. Calyptra: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya. Volume 2 Nomor 2.

Karman. (2014). Media Sosial: Antara Kebebasan dan Eksploitasi Social Media: Between Freedom And Exploitation. Jurnal Studi Komunikasi dan Media. Kominfo. Volume 18 No. 1.

Suryani, Ani. (2013). Analisis Resepsi Penonton Atas Popularitas Instan Video Youtube ‘Keong Racun Sinta dan Jojo. The Messenger. Volume 5 Nomor 1 Edisi Januari.

Swanepoel, Celeste et.al. (2009). Virally Inspired: A Review of The Theory of Viral Stealth Marketing. Australian Marketing Journal, Volume 17, Issue 1.

Website:

Berberita. (2017). Apa itu Prank Text, Chat & Video? Ini Arti dan Contoh Ngeprank (https://www.berberita.com/apa-itu-prank-text-chat-video-ini-arti-dan-contoh-ngeprank/ (diakses 28 September 2019).

Triadanti. (2018). Lagi Syantik Tembus 300 Juta Views, Kalahkan 9 Video Musik Viral Ini (https://www.idntimes.com/hype/entertainment/danti/lagi-syantik-tembus-300-juta-views-kalahkan-9-video-musik-viral-ini/full) (diakses 28 September 2019).


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/wahana.v25i2.1601

Refbacks

  • There are currently no refbacks.