PENGARUH TAYANGAN KULTUM DI RCTI TERHADAP MINAT MENONTON MASYARAKAT

Prasetyo Adinugroho

Abstract


Abstract

Television is a place for people to get entertainment and information that is new and fast. With television, people can also communicate directly and get interesting entertainment. Program shows on private TV stations of various kinds, there are news programs, documentaries, features, soap operas, music. The variety of the program, aims to make the public interested to watch the program that aired. Not only that, all programs aired by TV stations aim to provide information and entertainment to the public. This study aims to find out how much Influence of Impressions "KULTUM" in RCTI tehadap Interest Watching Society. In this study, the authors used quantitative research methods. According to Hasan (2002:21), "research methods are ways or paths taken in connection with research conducted, which has systematic steps". Based on the results of research and processing, it can be taken several conclusions as follows: From the results of regression analysis there is a value of t of 7,191 and t table of 1,992. then t calculate > t table (7,191 > 1,992) with a significance level of 0.000 < 0.05. So Ho was rejected and Ha accepted, meaning that there is a significant relationship between the show "KULTUM" on RCTI to the interest of watching the public. From the results of the regression analysis, there is a value of R square of 0.718 this means that the influence of impressions "KULTUM" in RCTI tehadap interest Watching Society is 71.8 %. While 28.2% of people's interest in watching was influenced by other factors that were not studied by the authors.

Keyword : Kultum, Interests Watching, RCTI

 

Abstrak

Televisi merupakan suatu tempat bagi masyarakat untuk mendapatkan hiburan dan informasi yang baru dan secara cepat. Dengan adanya televisi masyarakat juga dapat berkomunikasi secara langsung dan mendapat hiburan yang menarik. Program acara di stasiun TV swasta beraneka ragam macamnya, ada program berita, dokumenter, feature, sinetron, musik. Keaneka ragaman program acara tersebut, bertujuan untuk membuat masyarakat tertarik untuk menyaksikan program acara yang ditayangkan. Tidak hanya itu, semua program acara yang ditayangkan oleh stasiun TV bertujuan untuk memberikan informasi dan hiburan kepada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Tayangan KULTUM†di RCTI tehadap Minat Menonton Masyarakat. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian kuantitatif. Menurut Hasan (2002:21), metode penelitian adalah cara atau jalan yang ditempuh sehubungan dengan penelitian yang dilakukan, yang memiliki langkah langkah yang sistematisâ€. Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan, dapat diambil beberapa kesimpulan sebagai berikut: Dari hasil analisis regresi terdapat nilai t sebesar 7.191 dan tabel t sebesar 1.992. kemudian menghitung > t (7.191 > 1.992) dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Jadi Ho ditolak dan Ha menerima, artinya ada hubungan yang signifikan antara acara "KULTUM" di RCTI dengan kepentingan menonton publik. Dari hasil analisis regresi, terdapat nilai R square sebesar 0,718 ini berarti pengaruh tayangan "KULTUM" di RCTI tehadap minat Menonton Masyarakat adalah 71,8 %. Sementara 28,2% minat orang untuk menonton dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dipelajari oleh penulis.

 

Kata kunci: Kultum, RCTI, dan Minat Menonton


References


REFERENSI

Ardianto, Elvinaro dan Lukiati Komala Erdinaya. 2004. Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Bandung : Simbiosa Rekatama Media.

Bungin, Burhan. 2006. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana.

Cangara, Hafied. 2003. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1991. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi ke-2. Jakarta: Balai Pustaka.

Bambang, Dwiloka dan Rati Riana. 2005. Teknik Menulis Karya Ilmiah: Skripsi, Tesis, Disertasi, Artikel, Makalah, dan Laporan Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Hasan, Iqbal. 2002. Pokok Pokok Materi Metodologi Penelitian Dan Aplikasinya. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Kriyantono, Rachmat. 2007. Teknik praktis riset komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Morrisan. 2008. Manajemen Media Penyiaran: Strategi mengelola Radio dan Televisi. Jakarta: Kencana.

Mufid, Muhamad. 2008. Komunikasi dan Regulasi Penyiaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Priyatno, Duwi. 2008. Mandiri belajar SPSS. Jogjakarta: Mediakom.

Rohim, Syaiful. 2009. Teori Komunikasi :Perspektif, Ragam & Aplikasi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Ruslan, Rusady. 2006. Metode Penelitian: Public Relations dan Komunikasi. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Walgito, Bimo. 2004. Pengantar Psikologi Umum. Yogjakarta: Yayasan Pembangunan Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada.


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/wahana.v27i1.4127

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.