ETNOGRAFI KOMUNIKASI PADA ETNIS ARAB DAN ETNIS SUNDA DI KELURAHAN EMPANG KOTA BOGOR

Prameswari Handayani

Abstract


Abstract

 

The purpose of this research is to find out the language used, the events of communication between groups and settings that occur between ethnic Arabian and ethnis Sundanese in Empang Village Bogor City, the patterns of interpersonal communication that occur in ethnic Arabian and ethnic Sundanese in Empang Village Bogor City. The theory which used in the thesis are speaking theory Dell Hymes. This research using qualitative approach methode with study etnografy communication. The subject of the thesis are ethnic Arabian and ethnic Sundaneese. The focus of the thesis is to analyze the Communication Pattern of Arabian Ethnic and Sundaneese Ethnic in Empang Village Bogor City. The thesis reveals that the language used  between  ethnic  Arabian  and  ethnic  Sundaneese  is the  language  of Sundaneese  and Indonesia language, the communication in activities trade, the setting in which communication in place of trade, and relations the communication among ethnic Arabian and ethnic Sundaneese in Empang Village Bogor City is lasting scientific and interwoven with good.

 

Keywords: Arabian Ethnic, Communication Pattern, Ethnography, Sundaneese Ethnic

 

 

 

Abstrak

 

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bahasa yang digunakan, peristiwa komunikasi antar kelompok dan setting yang terjadi antara etnis Arab dan etnis Sunda di Kelurahan Empang Kota Bogor, pola komunikasi antar pribadi yang terjadi pada etnis Arab dan etnis Sunda di Kelurahan Empang Kota Bogor. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori speaking oleh Dell Hymes. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan studi etnografi komunikasi. Subjek penelitian ini adalah Etnis Arab dan Etnis Sunda. Fokus penelitian ini adalah mengkaji Pola Komunikasi Antar Etnis Arab dan Etnis Sunda di Kelurahan Empang Kota Bogor. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa bahasa yang digunakan antara etnis Arab dengan etnis Sunda adalah bahasa Sunda dan bahasa Indonesia, peristiwa komunikasi dalam kegiatan perdagangan, setting yang terjadi pola komunikasi ada di tempat perdagangan, dan hubungan pola komunikasi antar etnis Arab dan etnis Sunda di Kelurahan Empang Kota Bogor berlangsung ilmiah serta terjalin dengan baik.

 

Kata Kunci: Etnis Arab, Etnis Sunda, Etnografi, Pola Komunikasi


References


REFERENSI

Bahanan, Hasan. (2007). ‘Masyarakat Etnis Arab dan Identitas Budaya Lokal, makalah disampaikan dalam Semiloka Penguatan Identitas Budaya Lokal. Surabaya: Universitas 17 Agustus 145.

Creswell, J. W. 2010. Research design: pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed. Yogjakarta: PT

Pustaka Pelajar.

Hymes, D. The Ethnography of speaking: Antropology and Human Bahaviour. The Anthropological

Society of washington, Washington DC. Brooklyn, NY: Theo Gausss Inc.

Kim, Young Yun dan Gudykunst, William B. Communicating With Stranger. The McGraw-Hill

Companies. Inc

Koeswarno, E. (2008). Metode penelitian kualitatif: etnografi komunikasi. Bandung: Widya Padjadjaran. Liliweri, Alo. (2011). Dasar-dasar Komunikasi Antarbudaya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mulyana, Deddy. (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan ilmu

sosial lainnya. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Priana, Septa, R. (2013). Pemilihan Bahasa dan Sikap Bahasa Sebagai Ungkapan Identitas. Tesis. Program

Studi Pascasarjana Ilmu Komunikasi. Jakarta: Universitas Indonesia.

Rosihan, Akhmad. (2012). Stereotipisasi Etnis Pribumi Atas Etnis Pendatang. Tesis. Program Studi

Pascasarjana Ilmu Komunikasi. Jakarta: Universitas Indonesia.

Utami, Sri, Y. (2016). Pola Komunikasi Etnis Arab dan Etnis Sunda Dalam Perkawinan Mutah di

Kecamatan Pacet Kabupaten Cianjur. Jurnal Kajian Komunikasi, 4(1),75-83


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/wahana.v27i2.4548

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.