HUBUNGAN SPANDUK EDUKASI COVID-19 DENGAN KESADARAN WARGA TENTANG COVID-19 (KASUS : WILAYAH KEDUNG WARINGIN KOTA BOGOR)

Muslim Muslim, Qonita Qonita

Abstract


Abstract

 

This study aims to determine how is relationship between the Covid-19 educational banners and the awareness of the Kedung Waringin residents of Bogor City about Covid-19, to determine the effectiveness of the Covid-19 educational banners according to the Kedung Waringin residents of Bogor City, and to determine the awareness of the Kedung Waringin residents of Bogor City about Covid-19, because there are still residents who do not comply with health protocols, even though there are many Covid-19 educational banners installed there. This study uses a quantitative descriptive method using one independent variable (banner effectiveness aspect) and one dependent variable (awareness). The indicator to measure the independent variable (X) is the reach of the banner media and the design and visuals of the banner media, while the indicators that measure the dependent variable (Y) are knowledge, attitudes, and actions. This research was carried out from October 2020 by taking data from the Kedung Waringin Village, Bogor City. The sampling technique in this study uses non-probability sampling, namely accidental sampling, which means that the respondents are those who are met or selected by chance and meet the data sources of 100 people. This study uses the Taro Yamane formula. The data collection technique used in this research was a questionnaire and distributed to 100 residents of Kedung Waringin, Bogor City. The data analysis technique of this research used SPSS version 25 for Windows with a Likert scale. The results of this study state that there is a significant and quite strong relationship between the X variable and the Y variable, the direction of the relationship is negative and it can be concluded that the efforts of the Kedung Waringin Urban Village in Bogor City have been good at making Covid-19 educational banners, but they still do not have a full positive effect on the awareness of its citizens about Covid-19.

 

Keywords : Awareness, Citizens of Kedung Waringin Bogor City, Correlation, Covid-

19,Education Banner.

 

 

 

Abstrak

 

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  hubungan  spanduk  edukasi  Covid-19 dengan kesadaran warga Kedung Waringin Kota Bogor tentang Covid-19, mengetahui aspek efektivitas spanduk edukasi Covid-19 menurut Warga Kedung Waringin Kota Bogor,  dan  mengetahui  kesadaran  warga  Kedung  Waringin  Kota  Bogor  tentang Covid-19, mengingat masih terdapat warga yang tidak patuh protokol kesehatan, padahal banyak dipasang spanduk edukasi Covid-19 disana. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan menggunakan satu variabel bebas (aspek efektivitas spanduk) dan satu variabel terikat   (kesadaran). Indikator untuk


mengukur variabel bebas (X) yaitu jangkauan media spanduk dan desain dan visual media spanduk, sedangkan untuk indikator yang mengukur variabel terikat (Y) yaitu pengetahuan, sikap, dan tindakan.   Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Oktober

2020 dengan mengambil data dari Kelurahan Kedung Waringin Kota Bogor. Teknik pengambilan  sampel  pada  penelitian  ini  menggunakan  non-probability  sampling, yaitu accidental sampling yang berarti respondennya adalah yang dipilih secara kebetulan   dan   memenuhi   sumber   data   sejumlah   100   orang.   Penelitian   ini menggunakan rumus Taro Yamane. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan kuisioner dan disebarkan kepada 100 warga Kedung Waringin Kota Bogor. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan SPSS versi 25 for Windows dengan skala Likert. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa terdapat hubungan yang signifikan dan cukup kuat antara variabel X dan variabel Y , arah hubungannya pun negatif, dan dapat disimpulkan bahwa usaha Kelurahan Kedung Waringin Kota Bogor sudah bagus dalam membuat spanduk edukasi Covid-19, namun masih tidak berefek

positif sepenuhnya pada kesadaran warganya mengenai Covid-19.

 

Kata Kunci : Covid-19;  hubungan; kesadaran; spanduk edukasi; warga Kedung Waringin

Kota Bogor.


References


Andra, S. (2017). Efektifitas Penggunaan Media Luar Ruang Dalam Mempromosikan

Pariwisata Kota Samarinda. eJournal Ilmu Komunikasi, 5(2), 160-171. 15

September, 2021. https://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/wp- content/uploads/2017/06/EJOURNAL%20SYAIF%20(FORMAT%20ONLINE)

%20(06-13-17-08-21-33).pdf

Anindita, M. & Riyanti, M. T. (2016). Tren Flat Design Dalam Desain Komunikasi

Visual. Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa dan Desain, 1(1), 1-14.

Bekti, R. D. ; Suryowati, K. ; Suseno, H. P. (2020). Pemberian Sosialisasi dan Bantuan Pencegahan Covid-19 bagi Warga Malangan Kota Yogyakarta Berdasarkan Analisis Tingkat Pengetahuan. Abdimasku : Jurnal Pengabdian Masyarakat,3(3), 99-105.

Chih Cheng Lai; Tzu-Ping Shih; Wen-Chien Ko; Hung-Jen Tang; Po-Ren Hsueh. (2020). Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-CoV-2) and Coronavirus Disease-2019 (COVID-19): The Epidemic and the Challenges.†International Journal of Antimicrobial Agents, 55(3), 105924.

Dirjen P2P Kemenkes RI. (2020). Pedoman Kesiapsiagaan Menghadapi Coronavirus Disease (COVID-19). Revisi ke-3. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Elisabeth, A. & Takaeb, L. (2019). Gambaran Efektivitas Spanduk Sebagai Media Komunikasi Kesehatan Di Desa Oemasi. Jurnal Communio : Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi, 8(1), 1277-1283.

Harmilasari, D. & Munggaran, L. C. (2020). Evaluasi Kepuasan Pengguna Portal

Berita Menggunakan Usability Metric. Jurnal Ilmiah KOMPUTASI, 19(3), 293-

Hasibuan, M. S. P. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

Hidayat, W. ; Mahmuriyah, R. ; Safitri, S. N. R. (2016). Media Visual Berbentuk

Katalog Produk Sebagai Media Promosi. Journal Sensi, 2(2), 184-197.

Kelurahan Kedung Waringin Kota Bogor. (2021). Excel (2013). Data Angka Update

Covid-19 (23-9-2021) (1).

Kusnan, A. ; Sulastrianah, ; & Rhenislawaty. (2020). Peningkatan Peran Civitas Perguruan Tinggi Dalam Upaya Tanggap Bencana Nasional Melalui Edukasi Dan Pencegahan Penyebaran Wabah Pada Masa Pandemi Covid 19 Di Kabupaten Kolaka. Journal of Community Engagement in Health, 3(2), 257-265.

Machhi, J; Herskovitz, J.; Senan, A. M. ; Dutta, D. ; Nath, B. ; Oleynikov, M. D. ; Blomberg, W. R. ; Meigs, D. D. ; Hasan, M. ; Patel, M. ; Kline, P. ; Chuen- Chung Chang, R. ; Chang, L. ; Gendelman, H. E. ; Kevadiya, B. D. (2020). The Natural History, Pathobiology, and Clinical Manifestations of SARS-CoV-2

Infections.†Journal of Neuroimmune Pharmacology, 15(3), 359-386.

Masturoh, I. & Temesvari, N. A. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Notoatmodjo, S. (2014). Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Edisi Revisi.

Jakarta: Rineka Cipta.

Parengkuan, V. ; Tumbel, A. ; Wenas, R. S. (2014). Analisis Pengaruh Brand Image dan Celebrity Endorsment Terhadap Keputusan Pembelian Produk Shampo Head and Shoulders di 24 Mart Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 2(3), 1792-1802.

Politeknik Negeri Sriwijaya. (2014). Usaha-Usaha Meningkatkan Kesadaran Karyawan Dalam Pelaksanaan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Pada Bagian Produksi PT Hevea Mk. 1 Palembang. 10 September 2021. http://eprints.polsri.ac.id/729/3/FILE%203.pdf

Pradana, M. & Reventiary, A. (2016). Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Merek Customade (Studi di Merek Dagang Customade Indonesia). Jurnal Manajemen, 6(1), 1-10.

Raharjo, Sahid. (2017). Tutorial Analisis Korelasi Rank Spearman dengan SPSS. 5

September 2021. https://www.spssindonesia.com/2017/04/analisis-korelasi-rank- spearman.html

Saudale, Vento. (2021). Daftar Sebaran Kasus Covid-19 Tingkat RW Kota Bogor. 8

Oktober 2021. https://www.beritasatu.com/kesehatan/746229/daftar-sebaran- kasus-covid19-tingkat-rw-kota-bogor

Sugiarto, A. & Gabriella, D. A. (2020). Kesadaran dan Perilaku Ramah Lingkungan

Mahasiswa di Kampus. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 9(2), 260-275. Sugiyono. (2011)a. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung : CV

Alfabeta.

. (2011)b. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

. (2013). Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta.

.(2016)a. Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

.(2016)b. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Suhadi, S. ; Nurmaladewi, N. ; Yasnani, Y. ; Lymbran, T. (2020). Promosi Kesehatan Berbasis Daring Mengenai Perilaku Pencegahan Covid-19 Bagi Masyarakat Kota Kendari. Jurnal Pengabdian Masyarakat ANOA 1(3), 245-255.

Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. (2020). Analisis Faktor Permintaan

Konsumen Percetakan di CV. Maxiplus Digital Printing Surabaya. 10 September

http://repository.untag-sby.ac.id/8172/27/BAB%203.pdf

Universitas Komputer Indonesia. (2019). Hubungan Antara Pelatihan Toyota Production System Dengan Motivasi Kerja Karyawan Pt. Toyota Motor Manufacturing Indonesia Karawang. 25 Agustus 2021. https://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2079/9/UNIKOM_DILA%20ARISTA%20

KOSASIH_BAB%203.pdf

Universitas Negeri Yogyakarta. (2019). Kompetensi Lulusan SMK Teknologi Konstruksi dan Properti yang Dibutuhkan Industri Jasa Konstruksi Bidang Pelaksanaan di Daerah Istimewa Yogyakarta. 25 Agustus 2021. https://eprints.uny.ac.id/64617/5/5.%20Bab%20III.pdf

Universitas Pasundan. (2015). Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia Dan Penerapan Sistem Akuntansi Keuangan Daerah Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (Studi Empiris Pada DPKAD dan Inspektorat Kota Bandung). 25 Agustus 2021. http://repository.unpas.ac.id/5699/8/Bab%20III.pdf

Universitas Pasundan. (2019). Media Sosial Sebagai Media Kampanye Anti Kekerasan Seksual. 20 Juli 2021. http://repository.unpas.ac.id/46411/4/BAB%20II.pdf

Wibowo, S. F. (Agustus 2011). Karakteristik Konsumen Berwawasan Lingkungan Dan Hubungannya Dengan Keputusan Membeli Produk Ramah Lingkungan. Econosains. Jurnal Online Ekonomi Dan Pendidikan, 9(2), 192-202. 15

September 2021. https://doi.org/10.21009/econosains.0092.09

Yulius, Y. (2016). Peranan Desain Komunikasi Visual Sebagai Pendukung Media

Promosi Kesehatan. Besaung: Jurnal Seni Desain dan Budaya, 1(2), 42-47.

Zulfa, F. & Kusuma, H. (2020). Upaya Program Balai Edukasi Corona Berbasis

Media Komunikasi Dalam Pencegahan Penyebaran

Covid-19. Jurnal Abdimas Kesehatan

Perintis 2(1), 1724.


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/wahana.v28i1.5224

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.