PERAN RADIO KOMUNITAS DALAM KOMUNIKASI PEMBANGUNAN (RUANG TERBATAS DI LANGIT TERBUKA)
Abstract
Abstrak
Radio komunitas merupakan media komunikasi yang independen, tidak komersil, daya jangkau siarannya terbatas dan tidak komersil. Kemunculan Radio Komunitas di daerah ter pencil ataupun perdesaan berfugsi sebagai pemberi informasi, mendidik dan menghibur serta sebagai alat kontrol sosial. Radio komunitas dalam pengelolaannya melibatkan partisipasi masyarakat dan informasiinformasi yang disampaikan merupakan informasi yang bertujuan mengubah kehidupan masyarakat di suatu daerah untuk menjadi lebih baik. Radio komunitas memiliki peran penting dalam komunikasi pembangunan. Kegiatan komunikasi harus mampu mengantisipasi gerak pembangunan. Pembangunan pada dasarnya melibatkan minimal tiga komponen, yakni komunikator pembangunan, bisa aparat pemerintah ataupun masyarakat, pesan pembangunan yang berisi ideide atau pun programprogram pembangunan, dan komu nikan pembangunan, yaitu masyarakat luas, baik penduduk desa atau kota yang menjadi sasa ran pembangunan. Indonesia memiliki filosofi pembangunan manusia seutuhnya dan pemban gunan masyarakat Indonesia, harus bersifat pragmatik yaitu suatu pola yang membangkitkan inovasi bagi masa kini dan yang akan datang.
Kata kunci: Radio, Komunitas, Komunikasi, Pembangunan
References
Daftar Pustaka
Dilla S. 2007. Komunikasi Pemban- gunan: Pendekatan Terpadu. Bandung: Re fika Offsed.
Effendy, Onong Uchjana.2009. Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Masduki. 2001. Jurnalistik Radio. Yogyakarta: LKIS.
Masduki. 2004. Perkembangan dan Problematika Radio Komunitas di Indone- sia. Jurnal Ilmu
Komunikasi Vol 1 No 1 Juni 2004. Mulyana. 2007. Ilmu Komunikasi Suatu
Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nasution, Zulkarnaen. 2004. Ko- munikasi Pembangunan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Purba. Amir,dkk. 2006. Pengantar Ilmu
Komunikasi. Medan: Pustaka bangsa Press
Rakhmat, Jalaluddin. 2005. Psikologi
Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rogers, Everett M dan Shoemaker, F Floyd, 1981. Memasyarakatkan Ide-Ide Baru,
Surabaya: Usaha Nasional. Sudibyo, Agus. 2004. Ekonomi Poli-
tik Media Penyiaran. Yogyakarta: LKIS.
Takariani, Dwi Suprapti C. 2013. “Pel uang dan Tantangan Radio Komunitas di Era Konvergensi”. Jurnal Observasi Ka-
jian Komunikasi dan Informatika. Volume
11 Nomor 1 Tahun 2013.
DOI: 10.33751/wahana.v1i10.652
Refbacks
- There are currently no refbacks.