PERAN RADIO KOMUNITAS DALAM KOMUNIKASI PEMBANGUNAN (RUANG TERBATAS DI LANGIT TERBUKA)

Ratih Siti Aminah

Abstract


Abstrak

Radio komunitas merupakan media komunikasi yang independen, tidak komersil, daya jangkau siarannya terbatas dan tidak komersil. Kemunculan Radio Komunitas di daerah ter­ pencil ataupun perdesaan berfugsi sebagai pemberi informasi, mendidik dan menghibur serta sebagai alat kontrol sosial.  Radio komunitas dalam  pengelolaannya melibatkan partisipasi masyarakat dan informasi­informasi yang disampaikan merupakan informasi yang bertujuan mengubah kehidupan masyarakat di suatu daerah untuk menjadi lebih baik. Radio komunitas memiliki peran penting dalam komunikasi pembangunan. Kegiatan komunikasi harus mampu mengantisipasi gerak pembangunan. Pembangunan pada dasarnya melibatkan minimal tiga komponen, yakni komunikator pembangunan, bisa aparat pemerintah ataupun masyarakat, pesan pembangunan yang berisi ide­ide atau pun program­program pembangunan, dan komu­ nikan pembangunan, yaitu masyarakat luas, baik penduduk desa atau kota yang menjadi sasa­ ran pembangunan. Indonesia memiliki filosofi pembangunan manusia seutuhnya dan pemban­ gunan masyarakat Indonesia, harus bersifat pragmatik yaitu suatu pola yang membangkitkan inovasi bagi masa kini dan yang akan datang.

 

Kata kunci: Radio, Komunitas, Komunikasi, Pembangunan

 


References


Daftar Pustaka

Dilla S. 2007. Komunikasi Pemban- gunan: Pendekatan Terpadu. Bandung: Re­ fika Offsed.

Effendy, Onong Uchjana.2009. Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Masduki. 2001. Jurnalistik Radio. Yogyakarta: LKIS.

Masduki. 2004. Perkembangan dan Problematika Radio Komunitas di Indone- sia. Jurnal Ilmu

Komunikasi Vol 1 No 1 Juni 2004. Mulyana. 2007. Ilmu Komunikasi Suatu

Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nasution, Zulkarnaen. 2004. Ko- munikasi Pembangunan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Purba. Amir,dkk. 2006. Pengantar Ilmu

Komunikasi. Medan: Pustaka bangsa Press

Rakhmat, Jalaluddin. 2005. Psikologi

Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rogers, Everett M dan Shoemaker, F Floyd, 1981. Memasyarakatkan Ide-Ide Baru,

Surabaya: Usaha Nasional. Sudibyo, Agus. 2004. Ekonomi Poli-

tik Media Penyiaran. Yogyakarta: LKIS.

Takariani, Dwi Suprapti C. 2013. “Pel­ uang dan Tantangan Radio Komunitas di Era Konvergensi”. Jurnal Observasi Ka-

jian Komunikasi dan Informatika. Volume

11 Nomor 1 Tahun 2013.


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/wahana.v1i10.652

Refbacks

  • There are currently no refbacks.