VARIAN-VARIAN PARADIGMA, PENDEKATAN, METODE, DAN JENIS PENELITIAN DALAM ILMU KOMUNIKASI

Muslim Muslim

Abstract


Abstrak

Tulisan singkat ini dibuat berdasarkan pada fenomena­fenomena masih sering dijum­ painya sejumlah indikasi yang merefleksikan banyaknya peneliti yang belum menggunakan varian­varian yang ada dalam penelitian. Tulisan ini disampaikan secara konseptual dengan berdasar pada beberapa aspek dalam varian penelitian, di antaranya adalah: (1) Paradigma penelitian ; (2) Pendekatan penelitian; (3)Metode penelitian; (4) dan Jenis penelitian dalam ilmu komunikas. Tujuan tulisan ini secara  umum untuk membedakan paradigma, pendeka­ tan, metode dan jenis­jenis Penelitani guna  mengembangkan atau menyusun proposal/ran­ cangan usulan penelitian.

 

Kata kunci: Metode Penelitain Ilmu Komunikasi, Varian Penelitian


References


Daftar Pustaka

Emzir. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif. Jakar­ ta: PT Raja Grafindo Perkasa.

Hamad, Ibnu. 2006. Metodologi Riset Untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Materi Workshop. Newman, LW. 2000. Social Research Methods Qualitative and Quantitative Approaches: Boston: Allyn And Ba­con, 2000.

Mackenzie, N. & Knipe, S. 2006. “Research dilemmas: Paradigms, Methods and Methodology.” Issues In Education- al Research, 16(2), 193­205. Http://www. iier.org.au/iier16/mackenzie.html Diunduh pada 16 September 2006

Moleong, Lexy J. 2004. Metodologi Penelitian Pendidikan Kualitatif. Band­ ung: PT Remaja Rosdakarya.

Vardiansyah, Dani. 2005. Filsafat Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. PT Indeks Kelompok Gramedia.


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/wahana.v1i10.654

Refbacks

  • There are currently no refbacks.