SALURAN KOMUNIKASI MASSA SEBAGAI PENYAMPAI PESAN PEMBANGUNAN BAGI MASYARAKAT
Abstract
Abstrak
Komunikasi massa merupakan komunikasi bermedia (mediated), dan interaksi ber media berbeda dengan interaksi personal. saluran komunikasi ini tentu saja menimbulkan tanggapan dari khalayak selaku penerima pesan. Selain tanggapan, akan muncul juga efek efek media massa yang mungkin terjadi. Oleh karena itu implikasi strategi komunikasi yang efektif perlu untuk diterapkan. saluran komunikasi massa digunakan untuk berkomu nikasi dengan orang yang tidak terlihat atau nampak, serta tidak saling mengenal satu sama lain. Pesannya pun biasanya dihasilkan secara individu atau berkelompok yang kemudian disebarkan melalui media elektronik (radio, televisi, internet) dan media cetak (koran, ma jalah, buku, publikasi dll).
Kata kunci : saluran, komunikasi massa, pesan pembangunan
References
DAFTAR PUSTAKA
Depari, Eduard dan Colin MacAndrews.
1991. Peranan Komunikasi Massa dalam Pem- bangunan : Suatu Kumpulan Karangan. Yog yakarta : Gajah Mada University Press.
Jahi, Amri. 1988. Komunikasi Massa dan Pembangunan Pedesaan : Di Negara- negara Dunia Ketiga. Jakarta : PT Gramedia.
Lionberger, Herbert .F., and Paul H Gwin. 1982. Communication Strategis:
A Guide For Agicultural Change Agents. USA : University of Missouri Columbia.
Rogers, M. Everett. 1976. Komuni- kasi dan Pembangunan Perspektif Kritis. Jakarta : LP3ES.
Tubbs, L. Stewart and Sylvia Moss (Pengantar : Deddy Mulyana). 1996. Human Communication Konteks-Konteks Komuni- kasi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
http://www.pikiranrakyat.com/index.php?mib=news.detail&id
DOI: 10.33751/wahana.v1i10.655
Refbacks
- There are currently no refbacks.