KONSEP KEGILAAN DAN KEKUASAAN MICHEL FOUCAULT DALAM CERPEN “CATATAN HARIAN ORANG GILA” KARYA LU XUN

Langgeng Prima Anggradinata

Abstract


Abstrak

Karya sastra Tiongkok tidak dapat dilepaskan dari realitas masyarakatnya pada suatu zaman. Oleh sebab itu, karya sastra selalu menjadi cermin mentalitas, peristiwa, dan kehidupan masyarakat Tiongkok. Lu Xun, sebagai sastrawan yang berkarya pada masa transisi dari pemerintahan Dinasti Qing ke pemerintahan republik, merekam dengan baik kondisi masyarakat pada zaman itu melalui karya sastra. Melalui cerpen “Catatan Harian Orang Gila”, Lu Xun mengajukan ketidakpuasannya dengan kondisi masyarakat Tiongkok pada masa itu yang masih memegang teguh pada Konfusianisme, tradisionalisme, dan feodalisme. Dalam cerpen tersebut, tokoh Aku (orang gila) muncul sebagai tokoh yang tidak sejalan dengan zaman (epistemé ), —oleh sebab itu ia dianggap gila. Kegilaan itu tentu saja lahir atas penilaian sosial dan ilmu pengetahuan (psikologi) untuk mengukuhkan kekuasaan (dominasi). Pendekatan Michel Foucault mengenai kekuasaan dan kegilaan digunakan untuk mendapatkan makna yang dalam pada cerpen ini. Unsur interinsik (terutama tokoh dan penokohan) menjadi pintu masuk untuk melihat hubungan kegilaan, epistemé , ilmu pengetahuan, dan kekuasaan dalam cerpen. Hubungan-hubungan itu membentuk suatu makna dalam cerpen ini, yaitu penguasaan terhadap subjek (tokoh Aku).

 

Kata kunci: Lu Xun, kegilaan, kekuasaan, Foucault


References


Daftar Pustaka

Bartky, Sandra Lee. 1990. Feminity and Domination; Studies in the Phenomenology of Oppression. New York dan London: Routledge.

Foucault, Michel. 2008. La Volonte de Savior: Histoire de la Sexualité. Jakarta: YOI.

Yogyakarta: Bentang Budaya.

Haryatmoko. 2013. “Kekuasaan Melahirkan Anti-Kekuasaan” disampaikan dalam kuliah Filsafat Ilmu Pengetahuan FIB UI pada tanggal 24 Oktober 2013: tidak diterbitkan.

[Marxist.org]. “Lu Xun (Lu Hsun) (1881-

1936)”. [internet]. [https://www.marxists. org/archive/lu-xun/biography.htm] Diakses pada 25 Mei 2014.

Pane, Armijn. 1953. Tiongkok Zaman Baru. Jakarta: Arbati.

Rachmi, Nur dan Rasti Suryandarni. 1992. Lu Xun: Catatan Harian Orang Gila dan

Cerita Pendek Lainnya. Jakarta: YOI. Wuryandari, Nurni W. 2006. “Kesusastraan

Kontemporer Cina: Kontemporeritas dan Kebijakan Pemerintah”. Jurnal Wacana volume 8, No. 2 (halaman 170-178).


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/wahana.v1i13.665

Refbacks

  • There are currently no refbacks.