ANALISIS PRAGMATIK IKLAN VIDEO SUSU FRISIAN FLAG VERSI INI TEH SUSU DENGAN TEORI TINDAK TUTUR AUSTIN, SEARLE DAN PRINSIP KERJA SAMA (PKS) GRICE (1975)

Muhammad Taufik

Abstract


Abstrak


M. Taufik


Iklan suatu produk dibuat dengan maksud untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat mengenai produk tersebut. Supaya pesan itu sampai kepada masyarakat, tentunya harus diupayakan agar masyarakat mau menyaksikan iklan tersebut. Agar masyarakat mau menyaksikanya, maka iklan tersebut harus dibuat semenarik mungkin sehingga setiap orang tertarik untuk tidak berhenti menyaksikannya. Iklan video susu Frisian Flag versi Ini Teh Susu dibuat dalam bentuk drama singkat yang memuat adegan dan dialog. Penelitian ini mengkaji data dari dialog iklan tersebut dengan pendekatan pragmatik. Kajian peristiwa tutur dilakukan dengan menggunakan teori peristiwa tutur (speech events) menurut Hymes (1972), sedangkan dalam penelitian tindak tutur, dikaji jenis-jenis tindak tutur sesuai kriteria klasifikasi dari Searle (1979). Selanjutnya tindak tutur dikaji pula dengan teori PKS dari Grice. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyusunan dialog iklan dengan memanfaatkan pelanggaran bidal PKS mampu membuat iklan ini menjadi menarik dan mudah diingat sehingga bisa membantu sasaran periklanan untuk menjadikan merek produk mencapai Top Of Mind.

 

Kata kunci: analisis pragmatik, teori Tindak Tutur


References


Daftar Pustaka

Aaker, David A. 1991. Managing Brand Equity.

New York, NY: The Free Press

Austin, J.L. 1984. How to Do Things with

Words. Oxford: Oxford University Press. Birner, Betty J. 2013. Introduction to

Pragmatics. Singapore: Wiley-Blackwell. Geoffrey, Leech. 1993. Prinsip-Prinsip

Pragmatik. Penerjemah M.D.D. OKA. Jakarta: Universitas Indonesia.


Halliday, M.A.K. dan Rugaiya Hasan. 1992.

Bahasa, Konteks, dan Teks. Yogyakarta: Gajahmada University Press.

Kasali, Rhenald. 1992. Manajemen Periklanan.

Jakarta: Grafiti.

Kotler, Phillips 2005. Prinsip-Prinsip Pemasaran, edisi Bahasa Indonesia. London: Prentice Hall Inc.

Shimp, Terrence A. (2003). Advertising, Promotion and Supplemental Aspects of Integrated Marketing Communications. Maison, Ohio: Thomson Southwestern.

Tarigan, Henry Guntur . 1993. Pengajaran

Semantik. Bandung: Angkasa.

Yule, George. 2006. Pragmatik. Penerjemah Indah Fajar Wahyuni dan Rombe Mustajab. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/wahana.v1i13.669

Refbacks

  • There are currently no refbacks.