TRANSFORMASI BUDAYA DIGITAL: INTERAKSI KOMUNIKASI INTERPERSONAL PENJUAL DAN PEMBELI

Olih Solihin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis transformasi budaya digital dalam interaksi komunikasi interpersonal antara penjual dan pembeli melalui layanan pesan antar makanan online di kalangan mahasiswa Bandung. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskritif. Penelitian ini menghasilkan dua temuan utama yaitu proses komunikasi dan hambatan komunikasi. Proses komunikasi, menunjukkan bahwa layanan pesan antar makanan online memungkinkan penjual dan pembeli untuk berinteraksi secara virtual melalui platform digital. Mereka dapat melakukan transaksi, bertukar informasi, dan memberikan umpan balik dengan mudah. Hambatan komunikasi dalam interaksi antara penjual dan pembeli melalui layanan pesan antar makanan online. Hambatan-hambatan tersebut termasuk keterbatasan ekspresi emosi, ketidakjelasan komunikasi tulisan, dan risiko keamanan informasi. Untuk mengatasi hambatan-hambatan ini, penjual dan pembeli perlu mengembangkan keterampilan komunikasi yang baik dan memahami dinamika komunikasi dalam lingkungan digital. Simpulannya, bahwa transformasi budaya digital telah membawa perubahan signifikan dalam interaksi komunikasi interpersonal antara penjual dan pembeli melalui layanan pesan antar makanan online. Meskipun terdapat hambatan komunikasi, teknologi digital memberikan manfaat dalam mempercepat proses komunikasi dan memperluas ruang interaksi antara penjual dan pembeli. Penting bagi penjual dan pembeli untuk memahami dan mengatasi hambatan-hambatan tersebut guna memastikan komunikasi yang efektif dan memuaskan dalam lingkungan digital yang terus berkembang.

References


Afrilia, A. M., Arifina, A. S., & Rumah, P. P. (2020). Buku Ajar Komunikasi Interpersonal. Penerbit

Pustaka Rumah C1nta.

Ayu, I. W., Zulkarnaen, Z., & Fitriyanto, S. (2022). Budaya Digital Dalam Transformasi Digital

Menghadapi Era Society 5.0. Jurnal Pengembangan Masyarakat Lokal, 5(1), 20–25.

https://doi.org/10.58406/jpml.v5i1.922

Barkatullah, A. H. (2019). Hukum Transaksi Elektronik di Indonesia: sebagai pedoman dalam

menghadapi era digital Bisnis e-commerce di Indonesia. Nusamedia.

Bungin, B. (2013). Metodologi Penelitian Sosial & ekonomi: Format-format kuantitatif dan

Kualitatif untuk studi sosiologi, kebijakan publik, komunikasi, manajemen, dan pemasaran.

Creswell, J. W. (2014). A concise introduction to mixed methods research. SAGE publications.

Febriani, N., & Dewi, W. W. A. (2019). Perilaku konsumen di era digital: Beserta studi kasus.

Universitas Brawijaya Press.

Lufiana, D. V., Febriana, R., & Rahayu, S. (2019). Hubungan Antara Kualitas Makanan Dengan

Kepuasan Pelanggan Pengguna Layanan Pesan Antar Ojek Online. Jurnal Sains Boga, 2(1),

–11.

Nurlela, S., & Dunan, A. (2023). STRATEGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU

DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ONLINE PADA MASA PANDEMI

COVID-19 DI SMAN 2 BOGOR. KOMUNIKOLOGI: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi,

(01).

Puspita, M., & Aprilia, A. (2020). Faktor-Faktor Pendorong Konsumen Surabaya Membeli

Makanan Dan Minuman Melalui Aplikasi Gofood Dan Grabfood. Jurnal Manajemen

Perhotelan, 6(2), 88–98.

Rumondang, A., Sudirman, A., & Sitorus, S. (2020). Pemasaran Digital dan Perilaku Konsumen.

Yayasan Kita Menulis.

Sazali, H., & Rozi, F. (2020). Belanja Online dan Jebakan Budaya Hidup Digital pada Masyarakat

Milenial. JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study, 6(2), 85–

https://doi.org/10.31289/simbollika.v6i2.3556

Solihin, O. (2021). Implementasi big data pada sosial media sebagai strategi komunikasi krisis

pemerintah. Jurnal Common, 5(1), 56-66.

Solihat, M., Purwaningwulan, M. M., & Solihin, O. (2014). Interpersonal Skill (Tips Membangun

Komunikasi dan Relasi). Rekayasa Sains.

Vania, I., & Simbolon, R. (2021). Pengaruh Promo Shopeefood Terhadap Minat Beli Pengguna

Shopee (Di Daerah Tangerang Selatan). Jurnal Ekonomis, 14(2b)


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/wahana.v29i1.8500

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.