INDIRECT LANGUAGE AND CULTURE INFLUENCE THROUGH JAPANESE KIDS TELEVISION PROGRAM*

Sonnya Heliantina Dewi, Hanif Eka Cahyono

Abstract


ABSTRACT

Penelitian ini berkaitan dengan anak yang mampu menerima masukan dari lingkungan. Pada umumnya, tahap pertama bagi anak adalah dengan menyerap nilai-nilai sosiokultur dengan cara meniru. Subjek penelitian adalah seorang anak perempuan berusia 3:7 dari sebuah keluarga Indonesia. Anak ini menerima bahasa dan budaya Jepang melalui program tayangan anak-anak di saluran televisi NHK. Fokus penelitian adalah pengaruh tayangan ini kepada anak, terutama penggunaan bahasa Jepang dan kial yang dilakukannya. Data dikumpulkan dengan cara mengobservasi keluarga subjek (Dewi, 2017). Kami menemukan bahwa anak dapat memahami dan menggunakan bahasa Jepang secara tepat.

 

KEYWORDS: language socialization, language use, child language, gestures.


References


REFERENCES

Burke, Peter J. dan Jan E. Stets. 2009. Identity Theory. New York: Oxford University Press.

Cook, Haruko Minegishi. 2012. Language Socialization and Stance-Taking Practices. Dalam The Handbook of Language Socialization. Ed. Alessandro Duranti, Elinor Ochs, dan Bambi B. Schieffelin, 296¾321. West Sussex: Blackwell Publishing Limited.

Dewi, S.H. 2017. Upaya Pembentukan Identitas Anak melalui Penggunaan Bahasa Jepang pada Sebuah Keluarga Indonesia. Master Thesis. Depok: Kajian Wilayah Jepang, Program Pascasarjana Universitas Indonesia. Unplished

Hamiru-aqui, ed. 2004. 70 Japanese Gestures: No Language Communication. Tokyo: IBC Publising. Trans. Aileen Chang. Ed. Barbara Bayer 2004. Berkeley, CA: Stone Bridge Press.

Holmes, J. 2009. An Introduction to Sociolinguistics. Third Edition. Essex: Longman.

Ochs, Elinor, Bambi B. Schieffelin. 2012. The Theory of Language Socialization. Dalam The Handbook of Language Socialization. Ed. Alessandro Duranti, Elinor Ochs, Bambi B. Schieffelin, 1¾22. West Sussex: Blackwell Publishing.


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/wahana.v24i1.890

Refbacks

  • There are currently no refbacks.