Analisis Identitas Gender Tokoh Utama Dalam Drama Onna Nobunaga

Bima Anugerah, Budi Rukhyana, Mugiyanti Mugiyanti

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini membahas tentang identitas gender tokoh utama drama Onna Nobunaga. Identitas gender merupakan pendefinisian dirinya sendiri akan kesadarannya sebagai laki-laki atau perempuan. Objek penelitian ini adalah melalui tokoh utama yaitu Oda Nobunaga yang mempunyai peran sebagai laki-laki bernama Nobunaga, dan perempuan sebagai Ocho. Objek penelitian ini adalah identitas gender dalam tokoh utama. Sumber data penghasilan didapatkan dari drama Onna Nobunaga melalui naskah bahasa Inggris dan Jepang.

Kata kunci : Identitas gender, stereotip gender, Oda Nobunaga, Ocho


References


Daftar pustaka

Asoo, Isoji. dkk. 1983. Sejarah Kesusastraan Jepang (Nihon Bungakushi). Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia (UI-Press).

Berry, John W. dkk. 1999. Psikologi Lintas Budaya : Riset dan Aplikasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Umum.

Brandon C. Scindewolf. 2010. “Toki wa Ima” (Tesis). Department of East Asian

Languages and Literatures. The Ohio State University. Ohio.

Fakih, Mansour. 1997. Analisis Gender dan Transformasi Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Gunawan, Adi. 2008. Kamus Lengkap Inggris-Indonesia, Indonesia-Inggris.

Surabaya: Penerbit Kartika.

Hollows, Joanne. 2010. Feminisme, Feminitas dan Budaya Populer. Yogyakarta.

Jalasutra.

International Society for Education Information. 1989. Jepang Dewasa Ini. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia (UI-Press).

Laily Amalia Savitri. 2017. “Kajian Identitas Pelaku Cross-Dressing Dalam Lima Shoujo Manga” (Tesis). Program Studi Kajian Wilayah Jepang. Universitas Indonesia. Depok.

Matsura, Kenji. 1994. Kamus Bahasa Jepang-Indonesia. Kyoto: Kyoto Sangyo

University Press.

Mackie, Vera. 2003. Feminism in Modern Japan. Australia: Cambrige University.

Mulvey, Laura. “Visual Pleasure and Narrative Cinema.” Film Theory and Criticism :Introductory Readings. Eds. Leo Braudy and Marshall Cohen. New York: Oxford UP,1999: 833-44.

Nurgiyantoro, Burhan. 2015. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah ,ada

University Press.

Ratna, Nyoman Kutha. 2004. Teori, metode, dan Teknik Penelitian Sastra.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rimer. 1974. Toward a Modern Japanese Theatre. United States of Amerika: Princenton University Press.

Saptari, Ratna dan Brigitte Holzner, 1997. Perempuan Kerja dan Perubahan Sosial.

Sebuah Pengantar Studi Perempuan. Jakarta: PT Pustaka Utama Grafiti. Semi, Atar. 1999. Anatomi Sastra. Padang: Angkasa Raya.

Sugihastuti dan. Isna Hadi Septiawan. 2010. Gender dan Inferioritas Perempuan.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

Sugihastuti. 2000. Wanita di Mata Wanita. Bandung: Penerbit Nuansa.

Taniguchi, Goro. 1995. Kamus Standar Bahasa Indonesia-Jepang. Jakarta: Dian

Rakyat.

Wahyuningtyas, Sri dan Wijaya Heru Santoso. 2011. Sastra, Tteori dan

Implementasi. Surakarta: Penerbit Yuma Pustaka.

Internet

“Subtitle” http://www.d-addicts.com/forums/viewtopic.php?t=132491 diunduh 17

Maret 2018 pukul 10.09 WIB

https://doyouknowjapan.com/history/sengoku/ diakses 18 Maret 2018 pukul 08.43

WIB

https://en.wikipedia.org/wiki/Enryaku-ji diakses 18 Maret 2018 pukul 09.32 WIB

https://en.wikipedia.org/wiki/Owari_Province diakses 20 Mmaret 2018 pukul

41 WIB

https://en.wikipedia.org/wiki/Suruga_Province diakses 20 Maret 2018 pukul 19.09

WIB

https://id.wikipedia.org/wiki/Gifu,_Gifu diakses 20 Maret 2018 pukul 14.09 WIB

https://jagokata.com/arti-kata/pencemas.html diakses 11 April 2018 pukul 14.42

WIB

https://kbbi.web.id/ diakses 10 April 2018 pukul 13.05 WIB

http://www.meijigakuin.ac.jp/~watson/ref/nengo.html diakses 17 Mei 2018 pukul

03 WIB

http://www.oocities.org/rainforestwind/atsumori.htm diakses 23 Mei 2018 pukul

01 WIB


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.