Analisis Identitas Gender Tokoh Utama Dalam Drama Onna Nobunaga
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini membahas tentang identitas gender tokoh utama drama Onna Nobunaga. Identitas gender merupakan pendefinisian dirinya sendiri akan kesadarannya sebagai laki-laki atau perempuan. Objek penelitian ini adalah melalui tokoh utama yaitu Oda Nobunaga yang mempunyai peran sebagai laki-laki bernama Nobunaga, dan perempuan sebagai Ocho. Objek penelitian ini adalah identitas gender dalam tokoh utama. Sumber data penghasilan didapatkan dari drama Onna Nobunaga melalui naskah bahasa Inggris dan Jepang.
Kata kunci : Identitas gender, stereotip gender, Oda Nobunaga, Ocho
References
Daftar pustaka
Asoo, Isoji. dkk. 1983. Sejarah Kesusastraan Jepang (Nihon Bungakushi). Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia (UI-Press).
Berry, John W. dkk. 1999. Psikologi Lintas Budaya : Riset dan Aplikasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Umum.
Brandon C. Scindewolf. 2010. Toki wa Ima†(Tesis). Department of East Asian
Languages and Literatures. The Ohio State University. Ohio.
Fakih, Mansour. 1997. Analisis Gender dan Transformasi Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Gunawan, Adi. 2008. Kamus Lengkap Inggris-Indonesia, Indonesia-Inggris.
Surabaya: Penerbit Kartika.
Hollows, Joanne. 2010. Feminisme, Feminitas dan Budaya Populer. Yogyakarta.
Jalasutra.
International Society for Education Information. 1989. Jepang Dewasa Ini. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia (UI-Press).
Laily Amalia Savitri. 2017. Kajian Identitas Pelaku Cross-Dressing Dalam Lima Shoujo Manga†(Tesis). Program Studi Kajian Wilayah Jepang. Universitas Indonesia. Depok.
Matsura, Kenji. 1994. Kamus Bahasa Jepang-Indonesia. Kyoto: Kyoto Sangyo
University Press.
Mackie, Vera. 2003. Feminism in Modern Japan. Australia: Cambrige University.
Mulvey, Laura. Visual Pleasure and Narrative Cinema.†Film Theory and Criticism :Introductory Readings. Eds. Leo Braudy and Marshall Cohen. New York: Oxford UP,1999: 833-44.
Nurgiyantoro, Burhan. 2015. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah ,ada
University Press.
Ratna, Nyoman Kutha. 2004. Teori, metode, dan Teknik Penelitian Sastra.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rimer. 1974. Toward a Modern Japanese Theatre. United States of Amerika: Princenton University Press.
Saptari, Ratna dan Brigitte Holzner, 1997. Perempuan Kerja dan Perubahan Sosial.
Sebuah Pengantar Studi Perempuan. Jakarta: PT Pustaka Utama Grafiti. Semi, Atar. 1999. Anatomi Sastra. Padang: Angkasa Raya.
Sugihastuti dan. Isna Hadi Septiawan. 2010. Gender dan Inferioritas Perempuan.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.
Sugihastuti. 2000. Wanita di Mata Wanita. Bandung: Penerbit Nuansa.
Taniguchi, Goro. 1995. Kamus Standar Bahasa Indonesia-Jepang. Jakarta: Dian
Rakyat.
Wahyuningtyas, Sri dan Wijaya Heru Santoso. 2011. Sastra, Tteori dan
Implementasi. Surakarta: Penerbit Yuma Pustaka.
Internet
Subtitle†http://www.d-addicts.com/forums/viewtopic.php?t=132491 diunduh 17
Maret 2018 pukul 10.09 WIB
https://doyouknowjapan.com/history/sengoku/ diakses 18 Maret 2018 pukul 08.43
WIB
https://en.wikipedia.org/wiki/Enryaku-ji diakses 18 Maret 2018 pukul 09.32 WIB
https://en.wikipedia.org/wiki/Owari_Province diakses 20 Mmaret 2018 pukul
41 WIB
https://en.wikipedia.org/wiki/Suruga_Province diakses 20 Maret 2018 pukul 19.09
WIB
https://id.wikipedia.org/wiki/Gifu,_Gifu diakses 20 Maret 2018 pukul 14.09 WIB
https://jagokata.com/arti-kata/pencemas.html diakses 11 April 2018 pukul 14.42
WIB
https://kbbi.web.id/ diakses 10 April 2018 pukul 13.05 WIB
http://www.meijigakuin.ac.jp/~watson/ref/nengo.html diakses 17 Mei 2018 pukul
03 WIB
http://www.oocities.org/rainforestwind/atsumori.htm diakses 23 Mei 2018 pukul
01 WIB
DOI: 10.33751/idea.v1i1.1087
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Idea | Sastra Jepang