Analisis Penggunaan Kaomoji Pada Kalimat Bahasa Jepang
Abstract
Skripsi ini membahas tentang penggunaan kaomoji pada kalimat bahasa Jepang yang dianalisis secara mendalam berdasarkan tujuan dan fungsinya. Objek penelitian ini adalah salah satu media sosial yakni twitter, dengan memfokuskan kepada satu akun yaitu @Uchida_maaya. Pembahasan dari penelitian ini adalah penyebab kesalahpahaman dalam twitter dalam akun @Uchida_maaya, dan juga akan membahas tentang tujuan dan fungsi apa saja yang sering digunakan oleh Uchida dalam akun twitter-nya tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptitf, sumber data pada pembahasan ini diambil dari twitter, buku-buku linguistik, kamus, dan jurnal. Diantaranya: Dasar-Dasar Linguistik Bahasa Jepang, Nonverbal Communication in Human Interaction, Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, Psikologi Komunikasi, Web no Kigou Kaomoji & Emoji, The Role of Emoticon in Computer-Mediated Communication. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah, berdasarkan penelitian Derks Djaante tentang motivasi penggunaan emoticon, tujuan yang paling banyak dipakai oleh Uchida dalam akun twitter-nya adalah mengekspresikan emosi, dan fungsi yang banyak digunakan berdasarkan teori Ekhman adalah sebagai pelengkap.
Kata kunci : Kaomoji, Pesan verbal, Pesan Nonverbal
References
DAFTAR PUSTAKA
Chaer, Abdul. Dan Agustina, Leonie. (2004). Sosiolinguistik Perkenalan Awal.
Jakarta : Rineka Cipta.
Chaer, Abdul. (2015). Linguistik Umum.(Ed. Ke- 4). Jakarta: Rineka Cipta.
Derks, Fischer, dan Bos. (2007). The Role of Emotion in Computer-Mediated
Communication : A Riview: ScienceDirect.
Katsuno, Hirofumi dan Yano, Christine R.. (2002). Face to face: On-line
Subjectivity in Contemporary Japanâ€.Asian Studies Review.
Knapp, Mark L. Dan Hall, Judith A. (2013). Nonverbal Communication in Human
Interaction.(Ed ke-8). Singapore: Thomson Wadsworth.
Kushartanti, Untung Yuwono dan Multamia RMT Lauder. (2007). Pesona Bahasa : Langkah Awal Memahami Linguistik. (Ed. Ke-2). Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.
Liliweri, Alo. (1994). Komunikasi Verbal dan Nonverbal. Bandung : PT Citra
Aditya Bakti.
Mulyana, Deddy. (2017). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. (Ed Ke-21).
Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rakhmat, Jalaludin. (2012). Psikologi Komunikasi. (Ed Ke-28). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sudjianto, dan Ahmad Dahidi. (2007). Pengantar Linguistik Bahasa Jepang.
Jakarta: Kesaint Blanc.
Suhardi. (2006). Dasar-Dasar Ilmu Semantik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sutedi, Dedi. (2003). Dasar-dasar Linguistik Bahasa Jepang. Bandung : Humaniora.
DOI: 10.33751/idea.v1i2.1288
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Idea | Sastra Jepang