Analisis Penggunaan Kaomoji Pada Kalimat Bahasa Jepang

Roby Trianto, Rina Fitriana, Alo Karyati

Abstract


Skripsi ini membahas tentang penggunaan  kaomoji pada kalimat bahasa Jepang yang dianalisis secara mendalam berdasarkan tujuan dan fungsinya. Objek penelitian ini adalah salah satu media sosial yakni twitter, dengan memfokuskan kepada satu akun yaitu @Uchida_maaya. Pembahasan dari penelitian ini adalah penyebab kesalahpahaman dalam twitter dalam akun @Uchida_maaya, dan juga akan membahas tentang tujuan dan fungsi apa saja yang sering digunakan oleh Uchida dalam akun twitter-nya tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptitf, sumber data pada pembahasan ini diambil dari  twitter, buku-buku linguistik, kamus, dan jurnal. Diantaranya: Dasar-Dasar Linguistik Bahasa Jepang,  Nonverbal  Communication  in  Human  Interaction,  Ilmu  Komunikasi Suatu Pengantar, Psikologi Komunikasi, Web no Kigou Kaomoji & Emoji, The Role of Emoticon in Computer-Mediated Communication. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah, berdasarkan penelitian Derks Djaante tentang motivasi penggunaan  emoticon, tujuan  yang paling banyak dipakai oleh Uchida dalam akun twitter-nya adalah mengekspresikan emosi, dan fungsi yang banyak digunakan berdasarkan teori Ekhman adalah sebagai pelengkap.

Kata kunci : Kaomoji, Pesan verbal, Pesan Nonverbal

 


References


DAFTAR PUSTAKA

Chaer, Abdul. Dan Agustina, Leonie. (2004). Sosiolinguistik Perkenalan Awal.

Jakarta : Rineka Cipta.

Chaer, Abdul. (2015). Linguistik Umum.(Ed. Ke- 4). Jakarta: Rineka Cipta.

Derks, Fischer, dan Bos. (2007). The Role of Emotion in Computer-Mediated

Communication : A Riview: ScienceDirect.

Katsuno, Hirofumi dan Yano, Christine R.. (2002). Face to face: On-line

Subjectivity in Contemporary Japanâ€.Asian Studies Review.

Knapp, Mark L. Dan Hall, Judith A. (2013). Nonverbal Communication in Human

Interaction.(Ed ke-8). Singapore: Thomson Wadsworth.

Kushartanti, Untung Yuwono dan Multamia RMT Lauder. (2007). Pesona Bahasa : Langkah Awal Memahami Linguistik. (Ed. Ke-2). Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Liliweri, Alo. (1994). Komunikasi Verbal dan Nonverbal. Bandung : PT Citra

Aditya Bakti.

Mulyana, Deddy. (2017). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. (Ed Ke-21).

Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rakhmat, Jalaludin. (2012). Psikologi Komunikasi. (Ed Ke-28). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sudjianto, dan Ahmad Dahidi. (2007). Pengantar Linguistik Bahasa Jepang.

Jakarta: Kesaint Blanc.

Suhardi. (2006). Dasar-Dasar Ilmu Semantik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sutedi, Dedi. (2003). Dasar-dasar Linguistik Bahasa Jepang. Bandung : Humaniora.


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/idea.v1i2.1288

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Idea | Sastra Jepang