Representasi Yami Kawaii Pada Kondisi Kejiwaan Anak-Anak Muda Di Jepang
Abstract
Abstrak
Di dalam skripsi ini membahas mengenai Representasi Yami kawaii pada kondisi kejiwaan anak-anak muda di Jepang. Penelitian ini dilaksanakan untuk menunjukan kepopuleran Yami kawaii yang akhir-akhir ini sering dibicarakan oleh masyarakat Jepang, khususnya anak-anak muda di Jepang yang tertarik dengan berbagai tren fesyen dan lain-lain. Diharapkan pada penelitian ini agar pembaca dapat menambah kewawasannya mengenai sub tren fesyen terbaru dari gaya Harajuku, yang akhir-akhir ini telah menjadi booming, khususnya di dunia perfesyenan di Jepang. Harajuku memang merupakan jalanan yang paling terkenal dengan kontras warna-warni keberagaman fesyennya. Namun, bagaimana jika gaya tersebut dipadukan dengan konteks kehidupan secara realita. Yami kawaii atau menhera-kei, merupakan sebuah tren yang lahir dari kesan bold dan wild yang sangat melekat di jalanan Harajuku ini. Ketika bagian dari konteks kehidupan nyata meresap ke dalam gaya kawaii atau ketika orang-orang ingin memproyeksikan perasaan mereka, terutama perasaan sedih, sesak, dan sakit, maka tren Yami kawaii muncul di hadapan itu semua. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian deskriptif, yang meneliti tentang fenomena-fenomena yang terjadi, secara aktual pada gejala-gejala yang telah terjadi, khususnya pada tren Yami kawaii yang dapat dihubungkan dengan kondisi kejiwaan anak-anak muda di Jepang. Dengan menggunakan teknik kajian pustaka, yaitu mengumpulakan sejumlah data-data baik dari literatur dan berbagai sumber artikel dari internet yang berkaitan dengan judul yang penulis teliti.
Kata kunci: Yami kawaii, menhera-kei, anak-anak muda di Jepang, kondisi kejiwaan, tren fesyen, Harajuku
References
Daftar Pustaka
Sumber Buku:
Barnard, Malcolm. (2014). Fashion Theory: An Introduction . New York: Routledge.
Barthes, Roland. (1983). Element of Semiology (terj. Annette Layers And Colin
Smith). New York: Hill and Wang.
Barthes, Roland. (1990).The Fashion System, terj. Matthew Ward dan Richard
Howard. Berkeley CA: University of California Press.
Barthes, Roland. (2013).The Language of Fashion. Association with Power
Publications, Sydney: Bloomsbury Academic.
Bowins, Brad. (2017).Mental Illness Defined: Continuums, Regulation, and
Defense.New York: Routledge.
Cohen, Neal. L. (2017). Public Health Perspectives on Depressive Disorders.
Baltimore: Jhons Hopkins University Press.
Craig,Timothy J. (2000). Japan Pop!:inside the world of Japanese Popular
Culture. United States of America:M.E.Sharpe.
Godoy, Tiffany. (2007). Style Deficit Disorder: Harajuku Street Fashion Tokyo.
San Francisco, California : Goliga Books.
Hall, Stuart. (1997).Representation Cultural Representations And Signifying.
Practice. Sage: The Open University.
Kinsella, Sharon. (1995). Cuties In Japan. Women Media and Consumption in
Japan. Honolulu: University of Hawaii Press.
Korichi, R. et al., (2008). Why women use makeup : Implication of psychological traits in makeup functions. J. Cosmet. Sci., 59, pp.127137.
Lebra, Sugiyama & Lebra P. William. (1986). Japanese Culture and Behavior
(Rev. ed). Honolulu, Hawaii-USA : University of Hawaii Press. Nurhayati,Hesti. 2012. Tokyo Street Fashion Paradise: Hara -Shibu-Bara.
Jakarta: Gramedia Widiasarana.
Okamura, K. (2005). Hirogari yuku taishubunka no konseisei nituite: Grobaru to rokaru no hazamade.Mathesis Universalis.
Skov, Lise & Brian Moeran. (2013). Women Media and Consumption in Japan.
New York : Routledge.
Stall, Celia E.-Meadows. (2013). Why Would Anyone Wear That?: Fascinating
Fashion Facts. UK,USA : Intellect Ltd.
Steele, Valerie. (2010). Japan Fashion Now. New Heaven : Yale University Press. Yagi, Yoko. (2018). Tokyo Street Style . New york:Harr y N Abram s Inc .
Internet:
Diakses padatanggal 18 Oktober 2018 - 20 Desember 2018
Abcdefg. (2017). ç—…ã‚“ã§ã‚‹?メンヘラ?ã‹ã‚ã„ã„アイドルãŸã¡ï¼(Yanderu?
Menhera?Kawaīaidoru-tachi!). https://matome.naver.jp/odai/2146796137822029301
Abcdefg24. (2017).ã€é–²è¦§æ³¨æ„】リストカットã¨ãƒ•ã‚¡ãƒƒã‚·ãƒ§ãƒ³æ€§ã€ç—…ã¿ã‹ã‚
ã„ã„】[Etsuran chÅ«i] risuto katto to fasshon-sei [yami kawaÄ«].
https://matome.naver.jp/odai/2146822796414549701
Akihiro Koyama. (2018). 「メンヘラã€ã¨ã¯ä½•ã‹ 語æºã€æ´å²ã€æ„味ã€ãƒ•ã‚¡ ッション化ãªã© (`Menhera' to wa nani ka gogen, rekishi, imi, fasshon-ka nado). https://menhera.jp/5671
A s h l e y C l a r k e . ( 2 0 1 7 ) . W h o s D r i v i n g J a p a n e s e S t y l e ? . https://www.businessoffashion.com/articles/global-currents/whos-driving- japanese-style
Chiaki Fuzitani. (2016).「ゆã‚ã‹ã‚ã„ã„ã€ã¯ãªãœæ–‡åŒ–ã¨ãªã£ãŸã®ã‹ï¼Ÿãƒ¡ãƒ‡ã‚£
アを横æ–ã—ã¦å¾—ãŸå¸‚民権(Yume kawaÄ«' wa naze bunka to natta no ka? Media o Ådan shite eta shimin-ken).https://kai-you.net/article/31184
Christopher Harding. (2016). How Japan came to believe in depression.
https://www.bbc.com/news/magazine-36824927
Eiffel Tok yo Tower. (2018). 昨今ã®ãƒ¡ãƒ³ãƒ˜ãƒ©ã‚¢ãƒ¼ãƒ†ã‚£ã‚¹ãƒˆ(Sa kkon no
menheraÄtisuto) . https://matome.naver.jp/odai/2143263143134712701
HGRGN. (2016). 女性ãŒãƒ¡ãƒ³ãƒ˜ãƒ©åŒ–ã—ã‚„ã™ã„ã®ã¯ç†ç”±ãŒã‚ã£ãŸ(Josei ga menhera-ka shi yasui no wa riyÅ« ga atta).
https://matome.naver.jp/odai/2147871243216799701
Hisa. (2018).ç§ã¯ã€Œãƒ¡ãƒ³ãƒ˜ãƒ©ã€ãªã‚“ã§ã™ã‹ï¼Ÿãƒ•ã‚¡ãƒƒã‚·ãƒ§ãƒ³ãƒ¡ãƒ³ãƒ˜ãƒ©ã¨ã„ã†
言葉ã«ã¤ã„ã¦(Watashi wa `menhera'na ndesu ka? Fasshonmenhera to iu kotoba ni tsuite) https://menhera.jp/5458
Hiyorigeta. (2018).「病ã¿ã‹ã‚ã„ã„ã€ãŒç”Ÿã¾ã‚Œã‚‹ã¾ã§ メンヘラ㨠Kawaii æ–‡
化(Yami kawaī' ga umareru made menhera to Kawaii bunka). https://menhera.jp/6038
Hiyorigeta. (2018).「リスカãƒãƒ³ã‚°ãƒ«äº‹ä»¶ã€ã‹ã‚‰è€ƒãˆã‚‹ãƒ¡ãƒ³ãƒ˜ãƒ©ã®ãƒ•ã‚¡ãƒƒã‚·
ョン化 (`Risukabanguru jiken' kara kangaeru menhera no fasshon-ka). https://menhera.jp/6050
Intermezzo. (2018).Yami Kawaii, Subfashion Jepang yang Memperlihatkan Depresi.
https://glitzmedia.co/post/entertainment/intermezzo/yami-kawaii-subfashion-jepang-yang- memperlihatkan-depresi
Iquo. (2018). リストカットãŒã‚„ã‚られãªã„ç†ç”±çŸ¥ã‚ã†ï½œãƒªã‚¹ã‚«ã®åŽŸå› ã¨å¿ƒ
ç†(Risuto katto ga yame rarenai riyÅ« shirou | risuka no gen'in to shinri). https://iquo.me/self-injury/what-self-injury/
ITmedia. (2017). 「2 ã¡ã‚ƒã‚“ãã‚‹ã€ãŒã€Œ5 ã¡ã‚ƒã‚“ãã‚‹ã€ã«å称変更(`2-Chan neru' ga `5-chan neru' ni meishÅ henkÅ).
http://www.itmedia.co.jp/news/articles/1710/01/news040.html
J a k e M i ch a el .(2018). Japan's new style 'Yami Kawaii' is more than just fashion. https://us.blastingnews.com/world/2018/02/japans-new-style-yami-kawaii-is- more-than-just-fashion-002364761.html
Kati Chitrakorn. (2018). Can ‘Sick-cute Fashion Break Japans Silence on Suicide?.https://www.businessoffashion.com/articles/global-currents/how-sick- cute-fashion-is-surfacing-japans-mental-health-issues
Kirari. (2018).メンヘラã®æ„味ã¨ã¯ï¼Ÿä½•ã®ç•¥ï¼Ÿãƒ¡ãƒ³ãƒ˜ãƒ©ã¨ã„ã†è¨€è‘‰ãŒç”Ÿã¾ã‚Œ
ãŸç†ç”±ã‚’解説(Menhera no imi to wa? Nani no ryaku? Menhera to iu kotoba ga
umareta riyū o kaisetsu)https://kirari-media.net/posts/1340
Kizooku. (2016). 女性ã¯ãªãœãƒ¡ãƒ³ã‚¿ãƒ«ãŒå¼±ã„ã®ã‹(Josei wa naze mentaru ga yowai no ka).https://matome.naver.jp/odai/2147753379929910401
Misha Janette &Natsumi Yasuoka. (2016). Yami Kawaii, the sick subculture of
kawaii. ã‹ã‚ã„ã„ã®ã‚¢ãƒ³ãƒãƒ†ãƒ¼ã‚¼ãŒå®Ÿã¯å¯æ„›ã™ãŽã‚‹.「病ã¿ã‹ã‚ã„ã„ã€ã¨ メンヘラã®é–¢. http://www.tokyofashiondiaries.com/yami-kawaii-subculture/ Motomatsu Emilie. メンヘラ女ã®ç‰¹å¾´ã‚’大公開ï¼ç”·ãŸã¡ã«é™ã‚Šã‹ã‹ã‚‹ 10 ã® ä¸å¹¸(Menhera on'na no tokuchÅ o dai kÅkai! Otoko-tachi ni furikakaru 10 no
fukÅ)https://mendy.jp/articles/view/750735
Numan. (2018).ç—…ã¿ã‹ã‚ã„ã„ã€åŽŸå®¿ã‹ã‚‰ã€ä¸–ç•Œã¸ï¼æ±Ÿå´Žã³ã™åインタビュ
ー|『原宿系ジェンダーレス男åã¨å¤§åž‹çŠ¬ã‚«ãƒ¬ã‚·ã€ã€Žãƒ¡ãƒ³ãƒ˜ãƒ©ãƒãƒ£ ンã€(`Yami kawaÄ«' Harajuku kara, sekai e! Ezaki bisu-ko intabyÅ« | Harajuku-
kei jendÄresu danshi to Ågata inu kareshi†Menherachanâ€).
https://numan.tokyo/interview/Mnp8j
Seikatsu-hyakka. (2018). メンヘラ女ã®ï¼‘4個ã®ç‰¹å¾´ã¨æ³¨æ„点(メンヘラ女ã®
14個ã®ç‰¹å¾´ã¨æ³¨æ„点(Menhera on'na no 14-ko no tokuchÅ to chÅ«iten).https://seikatsu-hyakka.com/archives/2511
DOI: 10.33751/idea.v1i2.1289
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Idea | Sastra Jepang