Perbandingan Penggambaran Peran Ayah Dan Ibu Dalam Iklan Jepang Van Houten Cocoa (2016) Dan Iklan Indonesia Kecap Abc (2018)

Ghea Adinda Utami, Rina Fitriana, Paramita Winny H

Abstract


Penelitian ini membahas mengenai perbandingan budaya mengenai representasi peran ayah dan ibu dalam iklan Jepang Van Houten Cocoa 2016 dan Indonesia Kecap ABC 2018. Tema ini dipilih karena penulis melihat keunikan tema yang dipakai dalam iklan tersebut dan menggambarkan peran ayah dan ibu. Penulis menggunakan konsep Representasi, Patriarki dan Jarum Hegemoni untuk menganalisis perbandingan budaya mengenai Perbandingan Penggambaran peran ayah dan ibu dalam iklan Jepang Van Houten Cocoa 2016 dan Indonesia Kecap ABC 2018.

Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dan teknik penelitian studi pustaka dengan iklan yang diperoleh dari YouTube yaitu www.youtube.com, serta buku-buku teks, artikel dan publikasi elektronik yang ada hubungannya dengan peran ayah dan ibu serta teori representasi, patriarki danjarum hipodermik.

Hasilnya menunjukkan ada beberapa perbedaan dan persamaan peran ayah dan ibu yang direpresentasikan dalam iklan tersebut.

Kata Kunci :Peran ayah, Peran ibu, Iklan, Patriarki, Representasi


References


Daftar Pustaka

BUKU:

Gramsci, G.-g. P. (1999). Roger Simon. Yogyakarta: Pustaka Pelajar dan Insist. Hall, S. (1997). Representation : Cultural Representation and Signifying

Practices. London: Sage Publication.

Kotler, P. (2005). Manajemen Pemasaran. Edisi 11 Jilid 1. Jakarta: PT. Indeks. Nuroniyah, W. d. (2011). Hukum Perkawinan Islam di Indonesia Perbandungan

Fiqh dan Hukum Positif. Yogyakarta: Citra Utama.

Siregar, H. (2001). Menuju Dunia Baru: Komunikasi, Media, dan Gender.

Jakarta: Gunung Mulia.

Tobing, E. (2006). Keluarga Tradisional Jepang Dalam Perspektif Sejarah dan

Perubahan Sosial. Depok: ILUNI KWJ .

Walby, S. (1990). Theorizing Patriarchy. London: Wiley-Blackwell.

JURNAL:

Miller, R. L. (2003). The Quite Revolution: Japanese Woman Working Around

The Law. Harvard Woman's Law Journal, 26, 166.

Robert, M. (2017). Gender inequality and family formation in Japan. Asian

Anthropology , 7.

Schramm, W. (1963). Journal of Communication, Volume 13, Issue 4, . Journal of Communication , 271-272.

Wiratri, A. ( 2018). Menilik Ulang Arti Keluarga Pada Masyarakat Indonesia.

Jurnal Kependudukan Indonesia , 17.

INTERNET:

Camp, Z. (2018, Maret 14). Watch Hilarious BabyMetal-Inspired Hot Chocolate Commersials From Japan. Dipetik Juli 24, 2019, dari Revolver: https://www.revolvermag.com/culture/watch-hilarious-babymetal- inspired-hot-chocolate-commercials-japan

Nippon.com. (2018, Desember 6). Dividing the Sexes: The Modern Evolution of Japanese Gender Roles in Marriage. Dipetik Juli 17, 2019, dari Nippon.com: https://www.nippon.com/en/features/c05604/dividing-the- sexes-the-modern-evolution-of-japanese-gender-roles-in-marriage.html

Oricon. (2016, Desember 15). 優しいママが豹変…デスメタルバンドで本気 シャウト バンホーテンココアの WEB 限定動画<MAMAMETAL

>「二度寝」篇、「メイド」篇、「深夜帰宅」篇. Dipetik Juni 29,

, dari Youtube: https://youtu.be/ElK58lguCQc

若松 真平. (2016, Januari 6). ママの共感続々、怒りのデスメタル動画 家 族の一言で優しい顔が一変. Dipetik Agustus 14, 2019, dari With News: https://withnews.jp/article/f0160106001qq000000000000000W00o090

qq000012871A


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.