Perbandingan Penggambaran Peran Ayah Dan Ibu Dalam Iklan Jepang Van Houten Cocoa (2016) Dan Iklan Indonesia Kecap Abc (2018)
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai perbandingan budaya mengenai representasi peran ayah dan ibu dalam iklan Jepang Van Houten Cocoa 2016 dan Indonesia Kecap ABC 2018. Tema ini dipilih karena penulis melihat keunikan tema yang dipakai dalam iklan tersebut dan menggambarkan peran ayah dan ibu. Penulis menggunakan konsep Representasi, Patriarki dan Jarum Hegemoni untuk menganalisis perbandingan budaya mengenai Perbandingan Penggambaran peran ayah dan ibu dalam iklan Jepang Van Houten Cocoa 2016 dan Indonesia Kecap ABC 2018.
Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dan teknik penelitian studi pustaka dengan iklan yang diperoleh dari YouTube yaitu www.youtube.com, serta buku-buku teks, artikel dan publikasi elektronik yang ada hubungannya dengan peran ayah dan ibu serta teori representasi, patriarki danjarum hipodermik.
Hasilnya menunjukkan ada beberapa perbedaan dan persamaan peran ayah dan ibu yang direpresentasikan dalam iklan tersebut.
Kata Kunci :Peran ayah, Peran ibu, Iklan, Patriarki, Representasi
References
Daftar Pustaka
BUKU:
Gramsci, G.-g. P. (1999). Roger Simon. Yogyakarta: Pustaka Pelajar dan Insist. Hall, S. (1997). Representation : Cultural Representation and Signifying
Practices. London: Sage Publication.
Kotler, P. (2005). Manajemen Pemasaran. Edisi 11 Jilid 1. Jakarta: PT. Indeks. Nuroniyah, W. d. (2011). Hukum Perkawinan Islam di Indonesia Perbandungan
Fiqh dan Hukum Positif. Yogyakarta: Citra Utama.
Siregar, H. (2001). Menuju Dunia Baru: Komunikasi, Media, dan Gender.
Jakarta: Gunung Mulia.
Tobing, E. (2006). Keluarga Tradisional Jepang Dalam Perspektif Sejarah dan
Perubahan Sosial. Depok: ILUNI KWJ .
Walby, S. (1990). Theorizing Patriarchy. London: Wiley-Blackwell.
JURNAL:
Miller, R. L. (2003). The Quite Revolution: Japanese Woman Working Around
The Law. Harvard Woman's Law Journal, 26, 166.
Robert, M. (2017). Gender inequality and family formation in Japan. Asian
Anthropology , 7.
Schramm, W. (1963). Journal of Communication, Volume 13, Issue 4, . Journal of Communication , 271-272.
Wiratri, A. ( 2018). Menilik Ulang Arti Keluarga Pada Masyarakat Indonesia.
Jurnal Kependudukan Indonesia , 17.
INTERNET:
Camp, Z. (2018, Maret 14). Watch Hilarious BabyMetal-Inspired Hot Chocolate Commersials From Japan. Dipetik Juli 24, 2019, dari Revolver: https://www.revolvermag.com/culture/watch-hilarious-babymetal- inspired-hot-chocolate-commercials-japan
Nippon.com. (2018, Desember 6). Dividing the Sexes: The Modern Evolution of Japanese Gender Roles in Marriage. Dipetik Juli 17, 2019, dari Nippon.com: https://www.nippon.com/en/features/c05604/dividing-the- sexes-the-modern-evolution-of-japanese-gender-roles-in-marriage.html
Oricon. (2016, Desember 15). 優ã—ã„ママãŒè±¹å¤‰ãƒ‡ã‚¹ãƒ¡ã‚¿ãƒ«ãƒãƒ³ãƒ‰ã§æœ¬æ°— シャウト ãƒãƒ³ãƒ›ãƒ¼ãƒ†ãƒ³ã‚³ã‚³ã‚¢ã® WEB é™å®šå‹•ç”»ï¼œMAMAMETAL
>「二度å¯ã€ç¯‡ã€ã€Œãƒ¡ã‚¤ãƒ‰ã€ç¯‡ã€ã€Œæ·±å¤œå¸°å®…ã€ç¯‡. Dipetik Juni 29,
, dari Youtube: https://youtu.be/ElK58lguCQc
è‹¥æ¾ çœŸå¹³. (2016, Januari 6). ママã®å…±æ„Ÿç¶šã€…ã€æ€’ã‚Šã®ãƒ‡ã‚¹ãƒ¡ã‚¿ãƒ«å‹•ç”» 家 æ—ã®ä¸€è¨€ã§å„ªã—ã„é¡”ãŒä¸€å¤‰. Dipetik Agustus 14, 2019, dari With News: https://withnews.jp/article/f0160106001qq000000000000000W00o090
qq000012871A
DOI: 10.33751/idea.v2i1.1830
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Idea | Sastra Jepang