Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Pada Pengajaran Penerjemahan Mahasiswa Program Studi S-1 Sastra Jepang STBA JIA

Anggiarini Arianto, Frida Philiyanti, Siti Nur Isnaini

Abstract


Kemampuan abad ke-21 merupakan hal wajib yang harus dikuasai oleh mahasiswa dewasa ini. Nadiem Makarim memaparkan bahwa kemampuan abad ke- 21 adalah (1) kreativitas dan inovasi, (2) berpikir kritis dan pemecahan masalah, (3) komunikasi, (4) kolaborasi, (5) pemikiran komputasi, dan (6) kasih sayang. Project Based Learning (PjBL) diasumsikan mampu mengasah kemampuan abad ke-21 pada mahasiswa. Metode ini tepat diterapkan pada mata kuliah penerjemahan karena bukan hanya kompetensi berbahasa yang harus dimiliki oleh penerjemah, namun juga kemampuan untuk mengidentifikasi permasalahan penerjemahan beserta menerapkan strategi untuk mengatasinya. Kedua kompetensi ini dapat diasah melalui penerapan metode PjBL Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan PjBL dalam mengasah kemampuan abad ke-21 mahasiswa Program Studi Sastra Jepang STBA JIA. Tahapan penerapan PjBL pada penelitian ini mengacu kepada tahapan PjBL yang dikembangkan oleh The George Lucas Education foundation dan Doplet. Indikator kemampuan abad ke-21 yang digunakan adalah indikator yang dipaparkan oleh Partnership for 21st Century Skills (P21) Framework. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa PjBL pada mata kuliah penerjemahan di STBA JIA dapat mengasah kemampuan abad ke-21 khususnya berpikir kritis, memecahkan masalah, berkomunikasi, dan berkolaborasi.

Keywords


project based learning, penerjemahan, kemampuan abad ke-21

References


Affandi, A., & Sukyadi, D. (2016). Projectbased learning and problem-based learning for EFL students’ writing achievement at the tertiary level. Rangsit Journal of Educational Studies, 3(1), 23–40. https://doi.org/10.14456/rjes.2016.2

Afriana, J., & Indonesia, U. P. (2016).PROJECT-BASED LEARNING( PjBL ) PROJECT BASEDLEARNING ( PjBL ) Makalah Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Pembelajaran IPA Terpadu Dosen : Prof . Dr . Hj . Sri Redjeki , M . Pd. January. https://doi.org/10.13140/RG.2.1.3338. 2486

Akbari, A., Bazarbash, M. G., & Segers, W. (2018). Situatedness and Translation Training: Scaffolding Skills and Progressive Methods. Lebende Sprachen. https://doi.org/10.1515/les2018-0014

Ann, N., & Gonzales, P. (2020). 72-81) ISSN2232-1926/eISSN 2600-870X To cite this article. Philippines. Asian Journal of Assessment in Teaching and Learning, 10(2), 72.

ANNAFI, N., & ROHARDIYANTO, I. (2020). … OF THE 21st CENTURY SKILLS APPLIED IN PROJECT-BASED LEARNING ON DIGITAL ENVIRONMENT AT THE SEVENTH SEMESTER TRANSLATION …. eprints.iain-surakarta.ac.id.

Beier, M. E., Kim, M. H., Saterbak, A., & ... (2019). The effect of authentic project-based learning on attitudes and career aspirations in STEM. Journal of Research … . https://doi.org/10.1002/tea.21465

Eka Puteri, Y. (2021). Yusnida Eka Puteri, Elli Rahmawati Z, Onin Najmudin(2021). Relevansi Kurikulum Prodi Jepang Dengan Dunia Kerja Jurnal Ennichi. Vol. 2 No. 1 (2021). 2(1).

Guan, Y. (2018). A Study on Project-based Business English Translation Teaching Model. webofproceedings.org

Philiyanti, F. (2021). The Role of Assignment at Intermediate Bunpou Course in Meeting Skill Demands of the 21 st - Century. 2011.

Syakur, A., Junining, E., Sabat, Y., Guo, P., Saab, N., Post, L. S., Admiraal, W., Chen, C. H., Yang, Y. C., Handrianto, C., Rahman, M. A., Sharma, A., Dutt, H., Sai, C. N. V, Naik, S. M., Indrawan, E., Jalinus, N., Yustina, Y., Syafii, W., … ... (2019). Project-based learning as a strategy for multi-level training applied to undergraduate engineering students. Integrated Education for the Real World …. https://doi.org/10.1080/1046560X.2020.1864099

Uzoamaka, A. J. (2021). Teaching and Learning of 21st Century Learners in Anambra State Secondary Schools: Exploring teacher’s preparation and learning environment. 1–16. https://doi.org/10.33422/2nd.ntteconf.2020.10.51

Voogt, J., Roblin, N. P., Voogt, J., & Roblin, N. P. (2010). 21st Century Skiils. 21st Century Skiils, 1–54

Yustina, Syafii, W., & Vebrianto, R. (2020). The effects of blended learning and project-based learning on pre-service biology teachers’ creative thinking skills through online learning in the COVID-19 pandemic. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(3), 408–

https://doi.org/10.15294/jpii.v9i3.24706

Zhang, L., Li, S., & Zhao, Q. (2021). A review of research on adakites. International Geology Review, 63(1), 47–64. https://doi.org/10.1080/00206814.2019.1702592


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/idea.v5i1.7890

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 IDEA : Jurnal Studi Jepang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.