Celebrity Endorsement Terhadap Keputusan Konsumen: Survei Idolgroup JKT48 pada Iklan Ekspedisi Anteraja

Eka Novita Sari, Mario Aditya Prasetyo, Stefani M. A. A. Koesanto, Gunawan Wiradharma, Agil Rakasiwi

Abstract


Salah satu cara untuk menciptakan daya tarik iklan adalah dengan cara menggunakan celebrity endorser. Hal itulah yang digunakan oleh Anteraja yang merupakan salah satu ekspedisi di Indonesia. Perusahaan tersebut menggunakan idol group JKT48 karena dinilai dapat meningkatkan brand awareness yang berujung penggunaan brand tersebut. Penelitian ini menganalisis pengaruh idolgroup JKT48 sebagai Celebrity Endorser terhadap keputusan konsumen dalam menggunakan layanan jasa ekspedisi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif secara longitudinal time series selama bulan Januari 2023. Pengumpulan data melalui survei dengan cara memberikan kuesioner melalui Google Form yang disebarkan melalui media sosial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keputusan pembelian dipengaruhi oleh celebrity endorser sebesar 58,9%. Pemilihan celebrity endorser yang tepat dan dikenal oleh konsumen dapat mempengaruhi keputusan pembelian dimana dapat mempengaruhi konsumen dalam mengambil keputusan dalam memilih suatu produk/merek

Keywords


celebrity endorsement; idolgroup; iklan; jasa ekspedisi; keputusan pembelian.

References


Ahmad, H. (2022). Ini Loh Anteraja, Jasa Pengiriman yang Gandeng JKT48 Jadi Bintang Iklan. Bisnis Banten.

https://bisnisbanten.com/ini-loh-anterajajasa-pengiriman-yang-gandeng-jkt48- jadi-bintang-iklan/

Amanah, D. (2019). Pengaruh Promosi dan Brand Image (Citra Produk) Terhadap Loyalitas Pembelian Produk Pepsodent di Ramayana Plaza, Jalan Aksara, Medan.

Anteraja. (2020). Jangkauan Anteraja. Anteraja. https://anteraja.id/id/coverage

Apejoye, A. (2013). Influence of Celebrity Endorsement of Advertisement on Students’ Purchase Intention. Journal Mass Communication and Journalism, 3(3), 3–10.

Belch, M. A., & Belch, G. E. (2013). The future of creativity in advertising. Journal of Promotion Management, 19(4), 395–399.

Darmansyah, Muhartini Salim, dan S. B. (2014). Pengaruh Celebrity Endorser terhadap Keputusan Pembelian Produk di Indonesia. Penelitian Online. Jurnal Aplikasi Manajemen Universitas Bengkulu.

Durianto, D. (2004). Strategi Memimpin Pasar. Gramedia Pustaka Utama.

Ermalia, A. A. U. (2022). IDN Media Tampil Bersama JKT48 di Asia Pacific Media Forum 2022. IDN Times Bali.

https://bali.idntimes.com/news/bali/ayuafria-ulita-ermalia/idn-media-tampilbersama-jkt-48-di-asia-pacific-mediaforum?page=all

Fatihudin, D., & Firmansyah, A. (2019). Pemasaran Jasa (strategi, mengukur kepuasan dan loyalitas pelanggan). Deepublish.

Kartini Streit, A. (2022). The Effect of Advertising on Brand Awareness and the Impact on Decisions to Use Anteraja’s Services. KnE Social Sciences, 2022,377–383.https://doi.org/10.18502/kss.v7i13.11684

Khan, A., & Lodhi, S. (2016). Influence of celebrity endorsement on consumer purchase decision: A case of Karachi. Imperial Journal of Interdisciplinary Research, 2(1), 102–111.

Kharisma, L., & Hutasuhut, S. (2019). Peran Mediasi Minat Beli pada Pengaruh Brand Ambassador dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian. Niagawan, 8(3), 197–215.

Kiswalini, A., & Nurcahya, I. K. (2014). Pengaruh Celebrity Endorser, Brand image, dan kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian. Jurnal Ekonomika, 1(3).

Kotler, Philip, dan G. A. (2012). PrinsipPrinsip Pemasaran (Edisi Keti). Erlangga.

Kurniawan, J.F., & Yohanes, S. (2014). Analisis Visability, credibility, attraction dan power celebrity endorsment terhdap brand image bedak marcks venus. Jurnal Manajemen Pemasaran Perta, 2(1).

Parengkuan, Valentine, Altje Tumbel, dan R. W. (2014). Analisis Pengaruh Brand Image Dan Celebrity Endorsment Terhadap Keputusan Pembelian Produk Shampo Head And Shoulders Di 24 MartManado.

Rahmawati, N. (2013). Pengaruh Penggunaan Celebrity Endorser Dalam Iklan Sabun Mandi Lux Terhadap Perilaku Konsumen

Di Kelurahan Sungai Dama Samarinda. Jurnal Manajemen Pemasaran, 1.

Royan, F. M. (2005). Marketing Selebritis. PT. Elex Media Komputindo.

Saputra, D., Rafiq, M., Saputra, D., Manajemen, J., Bisnis, F., Kunci, K., & Endorser, B. (2015). Pengaruh Brand Endorser Jkt48 terhadap Keputusan Pembelian Honda Beat pada PT Bintan Kharisma Jaya di Bandar Lampung.

Jurnal Magister Manajemen, 1(2), 186–198.

Septiansari, D., & Handayani, T. (2021). Pengaruh Belanja Online Terhadap Perilaku Konsumtif pada Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen Teknologi (EMT), 5(1), 53–65. https://doi.org/10.35870/emt.v5i1.372

Shimp, T. (2003). Perikalanan Promosi: Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu Jilid I. Erlangga.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sukma, Kadek Ayu Dwi Sudias Kumala, I Ketut Nurcahya, dan A. S. (2016). Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pembersih Wajah Men’s Biore di Bali.

Supriyadi, S., Wiyani, W., & Nugraha, G. I. K. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 4(1), 74–85. https://doi.org/10.26905/jbm.v4i1.1714


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/idea.v5i1.7894

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 IDEA : Jurnal Studi Jepang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.