Membangun Karakter Tanah Air Dengan Memperkenalkan Batik Pada Siswa MI Mashlakul Akhyar

Fikri Reza, Windhi T Saputra, Garcia Krisnando Nathanael, Priyono Sadjijo

Abstract


IPada kegiatan ini kami melakukan penelitian berupa pengabdian/pengenalan mengenai pengertian batik, jenis-jenis batik, asal batik, dan penerapan batik di kehidupan sehari-hari kepada siswa-siswi kelas 3 MI Mashlakul Akhyar yang dilaksanakan pada hari Rabu, 8 Mei 2024. Kami melakukan pengabdian ini dengan memaparkan materi yang kami tunjukan melalui slide dan di presentasikan di depan siswa-siswi MI Mashlakul Akhyar. Setelah memaparkan materi mengenai batik kami menyediakan beberapa pertanyaan yang ditujukan kepada siswa dan siswi untuk mengetahui apakah anak-anak tersebut mengerti dan paham apa yang kami presentasikan. Lalu, kami menyediakan beberapa games dan diakhiri dengan mewarnai motif batik yang telah kami sediakan. Siswa dan siswi MI Mashlakul Akhyar diwajibkan untuk mewarnai motif tersebut sebagai bentuk kreativitasan mereka dan kecintaan mereka terhadap batik yang merupakan bagian dari budaya tanah air. Hasil pengabdian ini siswa dan siswi mampu mengenal budaya Indonesia lebih dalam dan menumbuhkan rasa cinta kepada tanah air.

References


Dewi, D. K. (2019). Cinta Tanah Air Dalam Cerita Rakyat Pahlawan Prawatasari. Jurnal Bahasa, Sastra, Pembelajarannya, 69.

Djariyo, & Setiaji, B. I. (2014). Pendekatan Multikultural Terhadap Pendidikan Cinta Tanah Air Pada Pembelajaran Siswa SD Kelas IV di Kecamatan Purwanegara. Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar, 11-19.

Hakim, L. M. (2018). Batik Sebagai Warisan Budaya Bangsa dan Nation Brand Indonesia. Journal of International Studies, 60-64.

Mahaliana , L., & Mustikarini, I. D. (2013). Pendidikan Karakter Anak Melalui Seni Batik. Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 119-133.

Sudrajat, A. (2011). Mengapa Pendidikan Karakter? Jurnal Pendidikan Karakter, 48.

Sugita, I. W. (2018). Pendidikan Budaya dan Karakter. Jurnal Pendidikan Hindu, 42-49.

Sugiyana, L., & Wulandari, H. (2024). Peran Orang Tua dalam Penanaman Pendidikan Karakter Anak. Journal Of Social Science Research, 3830-3840.


Full Text: PDF Abstract views : 7 views : 5

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Abdimas FISIB

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.