Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Antusiasme Belajar Siswa di SMP Katolik Santa Theresia Manado

Jearne Felix Imbang, Fatricia Angellie Mawikere, Nazarius Rosario Setitit

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memancarkan kemampuan mengajar guru, serta antusiasme belajar siswa di SMP Katolik Santa Theresia Manado, dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kemampuan mengajar guru terhadap antusiasme belajar siswa di sekolah tersebut. Studi ini dilakukan dengan metode kuantitatif dan rumus Slovin yang digunakan untuk pengambilan sampel. Sampelnya terdiri dari 174 siswa dari kelas VII, VIII, dan IX, dan instrumennya adalah angket (kuesioner) dengan variabel X dan Y. Setelah data dikumpulkan, hipotesis 1 dan 2 diuji melalui analisis deskriptif, dan hipotesis 3 diuji melalui analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan mengajar guru dan antusiasme siswa untuk belajar sangat baik, dengan persentase masing-masing 82% dan 76%. Untuk analisis koefisien determinasi diperoleh nilai 0,378, yang menunjukkan bahwa faktor lain yang mempengaruhi kemampuan mengajar guru sebesar 14,2% dan 85,8%.


Keywords


Keterampilan Mengajar Guru, Antusiasme Belajar Siswa

References


Abdussamad, H. Z., 2021, Metode Penelitian Kualitatif, Syakir Media Press: Makassar

Hamzah, dkk., 2023, Strategi Pembelajaran Abad 21, PT. Mifandi Mandiri Digital: Sumatera Utara

Imbang dan Wehantow., 2024, Kompetensi Item Analysis dan Korelasinya terhadap Profesionalitas Guru SMA/SMK Katolik di Kota Manado, ECCE: Jurnal Pendidikan Pastoral Kateketik 2 (2), 47-60

Khairatun N., 2019, Guru Yang Terampil Mengajar Dalam Pembelajaran. Universitas Riau

Lintong, M.M., Rampengan., D.A., 2024, Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Prestasi Belajar Kognitif di SMA Katolik Don Bosco Bitung, ECCE: Jurnal Pendidikan Pastoral Kateketik 2(1), 22-33

Nainggolan, A., 2020, Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Minat Belajar Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Siswa Kelas XI Bisnis Daring dan Pemasaran SMK Negeri 6 Medan Tahun Ajaran 2019/2020

Suciati, 2019, Meningkatkan Antusiasme Siswa Terhadap Kegiatan Belajar dan Pembelajaran di Kelas Melalui Program Literasi Membaca Tunggu Aku, Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 23(2).314-326

Sutiah, 2020, Teori Belajar dan Pembelajaran, Nizamia Learning Center:Sidoarjo.


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/jmp.v13i2.12468

Refbacks

  • There are currently no refbacks.