Implementasi Kepemimpinan Kolaboratif di SMP Katolik St Yoseph Werdhi Agung
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan peneliti sebagai instrumen utama dan kondisi sasaran yang alami. Wawancara, dokumentasi, dan observasi digunakan untuk mengumpulkan data. Kepala sekolah, guru, siswa-siswi, dan orang tua adalah sumber data penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMP Katolik St. Yoseph Werdhi Agung telah menerapkan kepemimpinan kolaboratif dalam berbagai cara. Ini termasuk lebih banyak kerja sama antara kepala sekolah, guru, siswa, orang tua, dan pemangku kepentingan sekolah dalam pengambilan keputusan, pengembangan teknologi informasi dan komunikasi, dan rencana dan diskusi bersama dengan siswa. Semua ini didukung oleh sumber daya manusia, sarana dan prasarana, serta kesadaran dan komitmen siswa terhadap sekolah. Namun, ada juga kendala. Diantaranya kurangnya pelatihan, sumber daya yang tidak memadai, dan sarana prasarana yang tidak memadai. Sekolah telah melihat hasil positif dari penerapan kepemimpinan kolaboratif ini. Siswa lebih termotivasi, dan kepala sekolah, guru, dan orang tua lebih menyadari betapa pentingnya bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama.
Keywords
References
Dian Rostikawati, 2022. Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah, Wonocolo, Surabaya: Cipta Media Nusantara
Djafri, N. 2016. Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah (Pengetahuan Manajemen, Efektivitas, Kemandirian Keunggulan Bersaing dan Kecerdasan Emosi). Yogyakarta: Deepublish.
Djafri, N. 2016. Kemampuan Pemimpin Dalam Mengatasi Konflik Di Lembaga Organisasi/Pendidikan. Prosding, 77.
Dr.Sandu Siyoto,SKM;M.Kes & M. Ali Sodik, M.A, 2015 Dasar Metodologi Penelitian, Editor. Ayup-Cetakan 1 – Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Muh.Arif, S. W. 2024. Gaya Kepemimpinan. Batam, Indonesia: CV. Rey Media Grafika.
Nugraha, S. P., & Hariri, H. 2022. Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah di SMA IT Insan Mulia Boarding School Pringsewu. Jurnal Humaniora dan Ilmu Pendidikan, 2(1), 25-32.
Kasmawati, Y. 2021. Kepemimpinan kolaboratif: sebuah bentuk kepemimpinan untuk sekolah. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 9(2), 197-207.
Komariah, A., & Kurniady, D. A. 2021. Kepemimpinan Pendidikan Abad ke-21. Depok: Raja Grafindo Persada.
Listiani L. (2023). BAB III Metode Penelitian. Repositery STEI
Prasinta, D. J. Jarkawi, & Emanuel BS Kase. 2023. Strategi Kepemimpinan. Yogyakarta: Sulur Pustaka.
Purwanto, R. 2021. Kepemimpinan visioner kepala sekolah terhadap mutu dan kualitas sekolah di SD Negeri Soko. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 1(4), 151-160.
Rusmana, J., Ratnawulan, T., Ardiana, L., Kusmiyati, N., & Yuningsih, Y. 2023. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah: Implementasi di Satuan Pendidikan Tingkat Dasar. Penerbit P4I.
Sahabuddin, M., & Syahrani, S. 2022. Kepemimpinan pendidikan perspektif manajemen pendidikan. Educational journal: General and Specific Research, 2(1), 102-112.
Setiawan J, dan Anggito A., 2019. Metodologi Penelitian Kualitatif, CV Jejak: Sukabumi
Setiyati, S. 2014. Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, motivasi Kerja, dan budaya sekolah terhadap kinerja guru. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 22(2), 200-206.
Sugiyono, 2020, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta: Bandung.
Sule, E. T., & Priansa, D. J. 2018. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi: Membangun Organisasi Unggul di Era Perubahan. Bandung, Jawa Barat: PT.Refika Aditama.
Teti Ratnawulan dkk, 2021. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah, Lombok Tengah, NTB: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.
DOI: 10.33751/jmp.v13i2.12469
Refbacks
- There are currently no refbacks.