Perencanaan Strategi Bisnis Apotek Dhiyah Farma Kota Jayapura
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi bisnis yang tepat bagi Apotek Dhiyah Farma yang berlokasi di Distrik Heram, Kota Jayapura, dalam rangka meningkatkan daya saing dan keberlanjutan usaha di tengah dinamika industri farmasi yang semakin kompetitif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan memanfaatkan berbagai alat analisis strategis, seperti analisis lingkungan internal dan eksternal (IFE-EFE), Competitive Profile Matrix (CPM), analisis SWOT/TOWS, dan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Hasil analisis menunjukkan bahwa Apotek Dhiyah Farma memiliki beberapa kekuatan seperti lokasi strategis, kepercayaan pelanggan, dan kelengkapan layanan, serta menghadapi peluang dari peningkatan kesadaran masyarakat akan kesehatan dan potensi kerja sama dengan layanan digital. Di sisi lain, kelemahan yang ditemukan meliputi keterbatasan sistem digitalisasi dan tata ruang, serta ancaman dari persaingan apotek modern dan platform online. Berdasarkan analisis QSPM, strategi prioritas yang dipilih meliputi digitalisasi sistem manajemen stok dan transaksi, serta renovasi dan penataan ulang display produk untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan. Penelitian ini memberikan arahan strategis jangka pendek dan jangka panjang yang dapat diterapkan oleh manajemen Apotek Dhiyah Farma dalam mengembangkan bisnis secara berkelanjutan dan adaptif terhadap perubahan lingkungan bisnis. Strategi yang dihasilkan diharapkan mampu meningkatkan keunggulan bersaing dan memperkuat posisi apotek di pasar lokal.
Keywords
References
AC A. Manajemen Strategis. pertama. Makassar: Nas Media Pustaka; 2020.
Ali, M. (2019). Analisis SWOT Dalam Merumuskan/Strategi Pemasaran Pada Grand Celinon Hotel di Makassar.
Anggito A, Setiawan J. Metode Penelitian Kualitatif. Pertama. Lestrai ella deffi, editor. Sukabumi: CV Jejak; 2018. 268 hal.
Badrianto Y, Wahyunita S, Sumarsih, dkk. Manajemen Strategi. pertama. Hartini, editor. Bandung: Media Sains Indonesia; 2021. 240 hal.
Dirgantoro C. Manajemen Strategik : Konsep, Kasus, dan Implementasi. Jakarta: PT. Grasindo; 2001.
Febrianti, Oei Venny., Marcellia Susan. 2014. Usulan ALternatif Strategi PT. X Menggunakan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). E-Journal Graduate Unpar. Volume 1 (1):1-12.
Fradinata E. Strategi Perusahaan. Pertama. Kesuma zurnila marli, Asadini P, editor. Aceh: Syiah Kuala University Press; 2021. 240 hal.
Fred RD. Manajemen Strategi Konsep. 12 ed. Jakarta: PT. Salemba Empat; 2011.
Hamali, Arif Yusuf. 2016. Pemahaman Strategi Bisnis dan Kewirausahaan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Hariastuti, N. L. P. (2022). Analisis SWOT. In Manajemen Strategis: Keunggulan Bersaing dalam Organisasi. Padang: PT. Global Eksekutif Teknologi.
Kurniawan, D. A., & Abidin, M. Z. (2019). Strategi Pengembangan Wisata Kampoeng Durian Desa Ngrogung Kecamatan Ngebel Ponorogo melalui Analisis Matrik IFAS dan EFAS. Al Tijarah, 5(2), 93–103.
M. Afif Salim, Agus B Siswanto. 2019. Analisis SWOT Dengan Metode Kuesioner. 1st ed. ed. CV. Pilar Nusantara. Semarang.
Menteri Kesehatan RI. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 72 Tahun 2016 Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian Di Rumah Sakit [Internet]. 2016 p. 1–63. Available from: https://peraturan.bpk.go.id/Home/Download/105431/Permenkes%20Nomor%2072%20Tahun%202016.pdf.
Menteri Kesehatan RI. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 47 Tahun 2016 Tentang Fasilitas Pelayanan Kesehatan. 2016 p. 1–16.
Paulus ardianus laurens, Hermanto YB. Manajemen Strategi (Tinjauan, Perumusan dan Penerapan Strategi). Setyowati C ern., editor. Yogyakarta: PT. Kanisius; 2022.
Rachmat Z, Harto B, Fauzan R, Dkk. Manajemen Pemasaran Perusahaan. Pertama. Sari DiP, editor. Padang: PT. Global Eksekutif Teknologi; 2022.
Raharjo, R. I. (2018). Strategi Pemasaran Melalui Analisis Strength, Weakness, Opportunity, Threat (SWOT) Pada Usaha Penyewaan Lapangan Futsal di Scudetto Futsal Banyuwangi.
Rangkuti F. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Kempat Bel. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama; 2006. 200 hal.
Sampurno. Manajemen Pemasaran Farmasi. ketiga. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press; 2017. 450 hal.
Sapitri R. Analisis Strategi Bersaing Industri Bisnis Farmasi/Apotek di Kota Pekanbaru. JOM FISIP. 2016;3(2):1–9.
Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Suparman A. Implementasi Kebijakan Program Pelayanan Kesehatan Dalam Rangka Menurunkan Aki Dan Akb Di Puskesmas Sukaraja Kabupaten Sukabumi (Studi Empiris pada Puskesmas Sukaraja Kabupaten Sukabumi). Jurnal MODERAT. 2020;6(4):868–91.
Syah, T. Y. R. (2023). Strategy Analysis and Choices. In Manjemen Strategis. Padang: PT. Global Eksekutif Teknologi.
Ulfah IM. Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Apotek AA Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung [Skripsi]. [Bandung]: Universitas Al-Ghifari; 2021.
Yam jim hoy. Manajemen Strategi. kedua. Muhammad A, Rizaldi S, editor. Makassar: Nas Media Pustaka; 2020. 223 hal.
Yudhanto, Y. (2018). Information Technology Business Start-up. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Zevi, I. (2018). ‘Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Produk Pada PT Proderma Sukses Mandiri’. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
DOI: 10.33751/jmp.v13i2.12804
Refbacks
- There are currently no refbacks.















