PENGEMBANGAN MODEL RESIPROCAL, EXAMPLE NON EXAMPLE, DAN MIND MAPPING (REXMIND) UNTUK MENGOPTIMALISASI HASIL PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) DI KELAS VII

Sri Sariningsih, Adi E Yusuf, Entis Sutisna, Griet Helena Laihad

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengoptimalisasi  hasil pembelajaran ilmu pengetahuan sosial (ips)  di kelas VII melalui pengembangan model resiprocal, example non example, dan mindmapping (rexmind).  Penelitian ini digolongkan ke dalam penelitian Research and Development (R&D) dengan menggabungkan Model pembelajaran Reciprocal, Example Non-Example, dan Mind Mapping. Uji coba terbatas dilaksanakan di SMPN 1 Cireunghas dengan 36 SISWA,  dan uji coba luas di SMPN 1 Nyalindung dengan 36 siswa dan SMPN 3 Nyalindung  dengan 23 siswa.  Metode yang digunakan adalah metode survey dan teknik pengumpulan data kualitatif dan kuantitatif. Penilaian hasil belajar siswa pada uji coba terbatas  pada ranah kognitif adalah 91.67 %, afektif adalah 87 %, psikomotor 88 % dan antusiasme siswa 88.7% dengan KKM 70. Penilaian hasil belajar siswa pada uji coba luas pada ranah kognitif adalah 94.44 %, afektif adalah 89 %, psikomotor 91 % dan antusiasme siswa 92% dengan KKM 70. Penilaian hasil belajar siswa pada uji coba luas pada ranah kognitif adalah 91.3 %, afektif  85 %, psikomotor 86 % dan antusiasme siswa 92.50 % dengan KKM 70. Penelitian ini merekomendasikan bahwa Pengembangan Model REXMIND pada Mata Pelajaran IPS Se-Komisariat Sukaraja (Reciprocal, Example Non-Example, dan Mind Mapping) berhasil meningkatkan hasil belajar baik secara kognitif, afektif, psikomotorik dan antusiasme siswa . Penelitian Research and Development (R & D) ini menghasilkan model pembelajaran baru yang terekomendasi yaitu Model REXMIND (Reciprocal, Example Non-Example, dan Mind Mapping).

References


Agus Suprijono, 2016. Cooperative Learning teori dan aplikasinya. Pustaka Pelajar Yogyakarta. Ahmad Tafsir. 2013. Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam. Bandung: PT. Rosda. Dimyati dan Mudjiono. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rieneka Cipta. Endang Mulyatiningsih. 2014. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta. Imas Kurniasih dan Berlin Sani. 2015. Ragam Pengembangan dan Model Pembelajaran. Jogyakarta: Kata Pena. Iwan setiawan. 2016. Buku Guru Ilmu Pengetahuan Sosial SMP Kelas VII Kurikulum 2013 Edisi Revisi. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Mulyono Tj. 1980. Media dan Lab IPS. Jakarta: Depdikbud Sudaryono. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Graha Ilmu. Suratmo. 2018. Macam-Macam Sumber Belajar. Jakarta: Gramedia. Trianto. 2007. Model –Model Pembelajaran Inovatif berorientasi konstruktif. Jakarta : Prestasi Pustaka Publisher. Trianto. 2010. Mendesain Model pembelajaran Inovatif-Progressif. Jakarta: Kencana.


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/jmp.v7i2.1326

Refbacks

  • There are currently no refbacks.