PENINGKATAN KREATIVITAS GURU MELALUI PENGEMBANGAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DAN IKLIM ORGANISASI

Riyadhel Ghifar, Adi E Yusuf, Sumardi Sumardi, Farida Wulandari

Abstract


Penelitian  ini  bertujuan  menemukan   upaya-upaya   meningkatkan   kreativitas   guru  dan gambaran empiris studi tentang hubungan antara supervisi kepala sekolah dan iklim organisasi sekolah dengan kreativitas guru. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Metode  survei  dengan  pendekatan  korelasional  dilakukan  terhadap  sampel  dari  suatu  populasi, kemudian menganalisa sampel, dan hasil analisa sampel diberlakukan untuk populasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Guru PNS di SDN Se-Gugus 3 wilayah kecamatan Pancoran Mas Kota Depok Provinsi Jawa Barat yang berjumlah 138 orang dari 8 sekolah. Sampel diambil  dengan teknik proporsional random sampling, dan dengan rumus Slovin didapat jumlah sampel 103 orang. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan sebagai berikut: 1) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara Supervisi Kepala Sekolah dengan Kreativitas (ry1 = 0,630, α=0,01); 2) Terdapat hubungan positif, dan kuat, dan signifikan antara Iklim Organisasi dengan Kreativitas (ry2 = 0,730, α=0,01); 3) Terdapat hubungan positif yang sangat kuat, dan signifikan antara Supervisi Kepala Sekolah, dan Iklim Organisasi secara bersama-sama dengan Kreativitas (ry12 = 0,920, α=0,01). 


Kata Kunci : Supervisi Kepala Sekolah, Iklim Organisasi, Kreativitas


References


Ahmad Mathori. 2007. Manajemen Perubahan dan Manajemen Harapan, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Boardman, C. H, Haris, J. E. 2011. TNM and FIGO Classifications for Cervical Cancer. Colquitt, J.A., J. Lepine, M.J. Wesson. 2011. Organizational Behavior, New York: McGraw-Hill. Conny R. Semiawan. 2009. Kreativitas dan Keberbakatan Jakarta: PT. Indeks, Cushway, Barry dan Lodge Derek. 2004. Organizational Behavior and Design, New Delhi: Crest Publishing House. Dadang Suhardan. 2010. Supervisi Profesional (Layanan Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Era Otonomi Daerah), Bandung: Alfabeta. E. Mulyasa. 2007. Menjadi Guru Profesional menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung : Rosdakarya. Edi Sutrisno. 2011. Budaya Organisasi, Jakarta: Kencana. Gibson, J.L., J.M. Ivancevich, J.H. Donnelly, Jr., and R. Konopaske. 2008. Organization: Behavior, Structure and Processes. New York: McGraw-Hill. Hani T. Handoko. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: LP3ES. Hellriegel, Don and John W.Slocum, Jr. 2011. Organizational Behaviour, Mason OH: South-Western Cengange Learning. Hendyat Soetopo. 2010. Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan, Jakarta: Bina Aksara. Hick, R. Gary. 2003. Organizational Behavior, Eleventh Edition. New York: McGraw Hill. Hosseini, Afzal Sadat. 2014. The Effect of Creativity Model for Creativity Development in Teachers. International Journal of Information and Education Technology, Vol. 4, No. 2, April 2014. Husein Umar.2004. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis, Jakarta: Rajawali. Jeffrey, Bob and Craft, Anna. 2004. Teaching creatively and teaching for creativity: distinctions and relationships. Educational Studies, 30(1) pp. 77–87. Kartini Kartono. 2006. Pemimpin dan Kepemimpinan, Jakarta: PT. Grafindo Persada.

M. Ngalim Purwanto. 2005.Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya.


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/jmp.v7i2.1328

Refbacks

  • There are currently no refbacks.