MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN MELALUI KEBIJAKAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DAN TANTANGANNYA

Yuyun Elizabeth Patras, Agus Iqbal, Papat Papat, Yulia Rahman

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kebijakan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dan tantangan untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kajian literatur. Hasil dari kajian ini yaitu MBS adalah suatu strategi desentralisasi pengambilan keputusan pendidikan dengan melibatkan orang tua, siswa, guru, pejabat, dan masyarakat untuk mencapai otonomi, fleksibilitas, partisipasi, kemandirian, tanggung jawab, dan akuntabilitas sekolah. Indikator keberhasilan MBS yaitu meliputi dukungan kepala sekolah, guru, sumber keuangan yang cukup, komitmen yang jelas, tanggung jawab, keterampilan dan kualifikasi pejabat sekolah, rencana yang tepat, tanggung jawab, dan akuntabilitas. Keberhasilan implementasi MBS memerlukan adanya sosialisasi, keterbukaan, motivasi, dan penyatuan visi.

Kata Kunci: Manajemen Berbasis Sekolah, Indikator keberhasilan, Kualitas Pendidikan


References


Arcana, I. N., Dantes, N., & Marhaeni, A. A. I. N. (2015). STUDI EVALUATIF TENTANG KUALITAS PELAKSANAAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SD GUGUS INTI KECAMATAN ABANG, 5, 1–12. Aslam, H. D. (2013). School-Based Management in Oman: Principals†™ Views and Understanding. International Journal of Academic Research in Progressive Education and Development, 2(3), 84–96. https://doi.org/10.6007/ijarped/v2-i3/2 Batubara, H. H., & Arian, D. N. (2017). IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SDN SUNGAI MIAI 5 DAN SDN SURGI MUFTI 4 DI BANJARMASIN, 3, 452–461. Biltagy, M. (2013). Quality of Education, Earnings and Demand Function for Schooling in Egypt: An Economic Analysis. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 69(Iceepsy 2012), 1741–1750. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.12.123 Caldwell, B. J. (2005). Management. Paris: The International Institute for Educational Planning (IIEP). Hamid, H. (2018). Manajemen Berbasis Sekolah. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(1), 87–96. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i1.86 Ihsan; Djailani; AR; Sakdiah Ibrahim. (2014). Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SD Negeri 62 Kota Banda Aceh. Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 4(2), 12–20. Kiragu, J. W., King’oina, J. O., & Migosi, J. A. (2013). School-based management prospects and challenges: A case of public secondary schools in murang’a south district. International Journal of Asian Social Science, 3(5), 1166–1179. Retrieved from http://www.aessweb.com/journal-detail.php?id=5007 Moradi, Saeed, Aminbidohkti, A. A., Barzegar, N., Hussin, S. Bin, & Branch, I. (2013). The Implementation of School-Based Management Concept in Tehran, 3(4), 442–446. Moradi, Saeid, Hussin, S. Bin, & Barzegar, N. (2013). School-Based Management (SBM), Opportunity or Threat (Education systems of Iran). Procedia - Social and Behavioral Sciences, 69(Iceepsy), 2143–2150. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.12.179 Pratiwi, S. N. (2016). Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Sekolah. Jurnal EduTech Maret, 2(1), 2442–6024. Suprihatin, B. (2017). Meningkatkan Profesionalisme Guru Melalui Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah ( Mbs ) Di Sd Sahara Kabupaten Bandung, 11(2), 89–98. UNESCO. (2005). Chapter 1: Understanding education quality. EFA Global Monitoring Report 2005, 27–37. Wibowo, U. B., & Yogyakarta, U. N. (n.d.). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) − Sukarti, Udik Budi Wibowo 269, 1, 269–284.


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/jmp.v7i2.1329

Refbacks

  • There are currently no refbacks.