HUBUNGAN ANTARA KEPEMIMPINAN VISIONER KEPALA SEKOLAH DAN KEINOVATIFAN DENGAN EFEKTIVITAS KERJA GURU

Siti Halimah, Rita Retnowati, Herfina Herfina

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mempelajari hubungan antara Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah dan Inovasi Guru dengan Efektivitas Kerja Guru. Penelitian dilaksanakan di 15 Madrasah Ibtidaiyah Swasta di Wilayah Kecamatan Cicurug Kabupaten Sukabumi Propinsi Jawa Barat pada tahun 2018 dengan sampel 105 dari populasi 142 yang diambil secara Proporsional Random Sampling. Metode yang digunakan yaitu survai dan teknik analisis data menggunakan uji statistik korelasi dan regresi linier sederhana serta regresi dan linier ganda. Hasil penelitian menghasilkan tiga kesimpulan yaitu, pertama, terdapat hubungan positif yang signifikan antara Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah (X1) dan Efektivitas Kerja Guru (Y) dengan koefisien korelasi ry1 = 0, 5486. Kedua, Terdapat hubungan positif yang signifikan antara variabel Inovasi (X2) dengan Efektivitas Kerja Guru (Y) dengan koefisien korelasi ry2 sebesar 0,8028 Ketiga terdapat hubungan positif signifikan antara variabel Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah (X1) dan Inovasi (X2) secara bersama-sama dengan Efektivitas Kerja Guru (Y) dengan koefisien korelasi Ry12 sebesar 0,8144. Berdasarkan hal-hal tersebut dapat disimpulkan bahwa Efektivitas Kerja Guru dapat ditingkatkan melalui Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah dan Inovasi.

Kata Kunci : Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah, Inovasi, Efektivitas Kerja Guru.


References


Aan Komariah dan Cepi Triatna. 2010. Visionery Leadership: Menuju Sekolah Efektif . Jakarta: Bumi Aksara. Ade Irwana. 2015. Kepemimpinan Visioner kepala Sekolah, Kinerja Guru Efektivitas Sekolah, Jurnal Ddministrasi Pendidikan. Vol. XXII No.2 Oktober. Ali Imron. 2015. Pembinaan Guru di Indonesia. Jakarta: Pustaka Jaya 1995. Bambang warsita. 2008. Teknologi Pembelajaran, Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta. Consantine Andriopoulos and Patrick Dawson. 2009. Managing Change, Creativity and Inovation. London: SAGE Publication Ltd. Darwis S. Gani, Djoehana setyamidjaja dan Sumadi. 2008. Kepemimpinan dan organisasi Kependidikan. Bogor: Pascasarjana,UNPAK. Dede Rosyada. 2007. Paradigma Pendidikan Demokrastis, Sebuah Model Pelibatan Masyarakat dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenadan. Diya R. Dey. 2012. Innovation in organization. Australian: Psychological Society. E.Mulyasa. 2005. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosda Karya. E.Mulyasa. 2004. Menjadi kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya,2004. Faustino Cardoso G. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Andi 2002.

Gerard H. (Gus) Gaymor. 2009. Perspectives on Innovation. USA: IEEE-USA. Hadyat Soetopo. 2010. Perilaku Organisasi, Teori dan Praktek di Bidang Pendidikan. Bandung: Rosda Karya. Jerald Greenberg and Robert A. Baron. 2008. Behavior in Organizations Nint Edition. New Jersey: Pearson Educatio. John R. Schermerhom, jr., et.al., 2010. Organizational Behavior 11 edition. United states of America; John Wiley & Sons inc. M. Sobry Sutikno, Belajar dan Pembelajaran, Upaya Kreatif dalam Mewujudkan Pembelajaran Yang Berhasil, (Bandung 2008) Made Pidarta. Manajemen Pendidikan Indonesia, Jakarta: Rineka Cipta,2004 Malayu S.P Hasibun, Manajemen Sumber Daya Manusia (Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2007) Maulana Akbar 2016, Kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja, budaya sekolah, efektivitas kerja guru, Jurnal Manajemen pendidikan indonesia Vol. 8 No. 1 April 2016 Moch. Idochi Anwar. Administrasi Pendidikan dan Manajemen Pendidikan (Bandung Alfabeth,2004) Moh. Uzer Usman, Menjadi Guru Profesional,( Bandung: PT Remaja Rosda Karya 1997) MS Abas Suryana, Wajah dan Dinamika Pendidikan Anak Bangsa, (Yogya karta: Adicita Karya Nusa 2011) Mista Sunarya 2017, inovasi pembelajaran dan efektivitas pembelajaran, jurnal EDU-RILIGIA Vol. 1 No. 2 April-Juni 2017 Rilla Apriani2015, Kepala sekolah Efektivitas kerja guru, ISSN 0000-0000, Ejournal.an.fisipunmul.org, ejournal administrasi negara vol. 3 (2) 2015: 564-577 Sadili Samsudin, Manajemen Sumber Daya Manusia (Bandung: CV. Pustaka Setia,2006) Stephen P Robbins and Timothy A Judge, Organizational Behavior, (New York: Pearson Education,2013) Steve M. Jex, Organizational Psychology: a Scientist-practitioner approach. (New York: John Wiley & Sons. 2002) Suciati, Peran Guru dalam Kegiatan Pembelajaran, dalam Modul Belajar dan Pembelajaran, (Jakarta: Pusat Penerbit Universitas Terbuka 2002) Sudarmayanti. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja, (Bandung: Mandar Maju 2001) Syaiful Sagala, Administrasi Pendidikan Kontemporer (Bandung: Alfabeta,2006), Syarifudin. 2011. Manajemen Pendidikan. Jakarta: Diadit Media. Udin Saefudin Sa’ud. 2008. Inovasi Pendidikan. Bandung; Alfabeta. W.S. Winkel. 2005. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi. Wahyudin dan Kartawinata. 2001. Modul Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: Dinas Pendidikan Jawa Barat. Wayudi. 2009. Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Organisasi Pembelajaran: Learning Organization. Bandung: Alfa Beta,2009. Wood, et.al. 2001. Organisational Behaviour A Perspective. Australia: John Wiley & Sons


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/jmp.v7i2.1332

Refbacks

  • There are currently no refbacks.