Peran Psikologi Pendidikan Terhadap Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pentingnya peran psikologi Pendidikan terhadap siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan tinjauan literatur (library research), dimana pembahasanpada penelitian ini didasarkan pada pendapat-pendapat ahli danhasil penelitian terdahulu tentang psikologi dan proses pembelajaran. Key Informants semua bidang berjumlah 3 jurnal yang dipilih secara library research. Hasil penelitian menunjukan peran psikologi Pendidikan mewujudkan tindakan yang tepat dan interaksi yang baik antara pendidik dan peserta didik dalam proses pembelajaran. Dapat disimpulkan bahwa guru dalam menjalankan perannya sebagai pendidik bagi peserta didiknya, tentunya dituntut memahami various aspects of his behavior maupun yang terkait dengan tugasnya, terutama perilaku peserta didik dengan segala aspeknya. Dengan memahami karakteristik siswa maka guru akan menjadi bijak dalam menyiapkan media pembelajaran, proses pembelajaran, dan dalam memberikan penilaian.
Keywords
References
Saputra, A. (2018). Masalah Belajar Dalam Perspektif Psikologi Pendidikan. Prosiding Konferensi Nasional Ke- 7 Asosiasi Program Pascasarjana Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (APPPTMA), 69–72.
Suyitno, S. (2021). Penerapan Kompetensi Psikologi Guru dalam Peningkatan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 6(1), 58–65. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1900
Uyun, M. (2020). Peran Psikolog dalam Bidang Pendidikan, Pemerintahan dan Industri. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 7(1), 61–78. https://doi.org/10.15575/psy.v7i1.6349
DOI: 10.33751/jmp.v11i2.7399
Refbacks
- There are currently no refbacks.