PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PIPI MAMA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN WRITING DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)
Abstract
Guru dituntut mampu mengembangkan model pembelajaran. Metodologi penelitian ini menggunakan model ADDIE yang bertujuan untuk menciptakan suatu produk dalam bentuk model pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa. Model pembelajaran ini merupakan kolaborasi dari model pembelajaran sebelumnya, yaitu: model pembelajaran picture and picture yang merupakan model pembelajaran yang mengandalkan gambar, dan model pembelajaran Make a match untuk memperkaya dan memperkuat kosakata. Penelitian ini dimulai dengan menganalisis kinerja pengajaran dan kebutuhan di sekolah-sekolah di Komisariat Cisaat dan masalah yang ditemukan adalah keterampilan menulis siswa semakin menurun. Itu disebabkan oleh kurangnya kosakata. Masalah ini juga semakin memburuk oleh model pembelajaran konvensional yang telah digunakan oleh para guru. Merancang draf model pembelajaran PIPI MAMA adalah langkah selanjutnya yang harus dilakukan berdasarkan hasil analisis langkah. Langkah selanjutnya id Mengembangkan model pembelajaran PIPI MAMA dengan menggunakan teknik Delphi, uji pendahuluan dan dephi2. tes pendahuluan membawa saran dan masukan untuk model pembelajaran dari penilaian ahli yang berbahagia di Delphi 2 untuk melengkapi kelemahan model pembelajaran. teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, kuesioner, dan tes keefektifan model pembelajaran ini. Hasilnya adalah: data enthutiasme siswa terhadap penerapan model pembelajaran, respon siswa terhadap model pembelajaran, kesesuaian model oleh ahli, guru model, dan nilai pretest. dan posttest siswa. Hasil Delphi 2 adalah rancangan model pembelajaran PIPI MAMA yang akan diuji dalam uji lapangan utama. Langkah selanjutnya adalah menerapkan model dalam pengujian lapangan utama untuk mengetahui apakah model pembelajaran ini dapat memecahkan masalah keterampilan menulis di sekolah
DOI: 10.33751/jmp.v7i1.955
Refbacks
- There are currently no refbacks.