PENINGKATAN PRODUKTIVITAS KERJA GURU MELALUI PENGEMBANGAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DAN KREATIVITAS KERJA

Wahyuni Wahyuni, M Entang, Herfina Herfina

Abstract


Guru dituntut untuk produktif. Penelitian bertujuan untuk menggali hubungan supervisi kepala sekolah dan kreativitas kerja dengan produktivitas guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode korelasi. Populasi penelitian ini berjumlah 163 orang guru sekolah menengah pertama negri di wilayah barat Kabupaten Bogor. Dengan menggunakan tektik proporsional random sampling, dipilih 116 sampel. Data dianalisis dengan menggunakan teknik korelasi dan regresi sederhana maupun ganda untuk menguji 3 hipotesis penelitian. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pertama terdapat hubungan posistif yang cukup signifikan antara supervisi kepala sekolah dengan produktivitas kerja guru dengan koefisien korelasi ry1 = 0.2010. Kedua terdapat hubungan positif yang cukup signifikan antara kreativitas guru dengan produktivitas kerja guru dengan koefisien korelasi ry2= 0,1942. Ketiga terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara variabel supervisi kepala sekolah dan kreativitas guru secara bersama-sama dengan produktivitas kerja guru dengan koefisien korelasi ry12 =0,318. Dengan demikian untuk meningkatkan produktivitas kerja guru dapat dilakukan melalui perbaikan supervise dan kreativitas guru.

Full Text: PDF

DOI: 10.33751/jmp.v7i1.957

Refbacks

  • There are currently no refbacks.