EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DITINJAU DARI SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DAN BUDAYA SEKOLAH

Dewi Nurpuspitasari, Sumardi Sumardi, Rais Hidayat, Sutji Harijanto

Abstract


Efektivitas pembelajaran merupakan kunci keberhasilan dalam pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki efektivitas pembelajaran guru melalui pencarian hubungan suverpisi akademik kepala sekolah dan budaya sekolah. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan teknik korelasional penelitian, dengan rancangan penelitian korelasional. Penelitian ini dilaksanakan pada guru di Sekolah Dasar Negeri yang berada di Wilayah Kecamatan Serang Baru Kabupaten Bekasi yang berjumlah 21 sekolah. Sampel diambil secara random proporsional yang berjumlah 124 dari 179 populasi. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuisioner atau angket sebagai instrumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat hubungan positif yang sangat signifikan supervisi akademik dengan efektivitas pembelajaran guru, dengan skor koefisien korelasi ry1 = 0,508; 2) terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara budaya sekolah dengan efektivitas pembelajaran guru, karena diperoleh besarnya skor koefisien korelasi ry2 = 0,438; dan (3) terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara supervisi akademik kepala sekolah dan budaya sekolah secara bersama-sama dengan efektivitas pembelajaran guru. skor koefisien korelasi ry12 = 0,6331. Berdasarkan hasil penelitian bahwa efektivitas pembelajaran guru akan maksimal, apabila ada upaya untuk meningkatkan supervisi akademik kepala sekolah dan budaya sekolah.

Full Text: PDF

DOI: 10.33751/jmp.v7i1.962

Refbacks

  • There are currently no refbacks.