PENGARUH PENGGUNAAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

Aulia Ika Wulandari, Bambang Suteng Sulasmono

Abstract


RELATIONSHIP BETWEEN MOTIVATION WITH ORGANIZATIONAL COMMITMENT

The purpose of this research was to re-analyze the use of the learning approach of Realistic Mathematic Education in increasing the learning outcome of an elementary school student. The research method was a meta-analysis. The research began with formulated the problem and then collect exiting research data that was already though Google Scholar. The research data found 9 articles and 2 mini-thesis from the relevant Repository. The research results from the researcher were analyzed by quantitative comparison methods. Base on the results of the analysis, that learning approach of Realistic Mathematics Education could improve students learning from the lowest 21,33% to the highest 61,09% and the mean was 32,22%.


Keywords


elementary mathematics learning; realistic mathematics education; learning outcomes

References


R. H. N. Sari, Literasi Matematika: Apa, Mengapa dan Bagaimana?â€, Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY, pp 713-720, 2015.

M. D. Siagian, Kemampuan Koneksi Matematika dalam Pembelajaran Matematikaâ€, MES (Journal of Mathematics Education and Science), Vol. 2, No. 1, pp 58-67 Okt. 2016.

F. Shadiq, Pembelajaran Matematika (Cara Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa), Yogyakarta: Graha Ilmu, 2014.

E. Safitri, Wahyudi, dan Warsiti, Penggunaan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) dalam Peningkatan Pembelajaran Matematika tentang Pecahan Siswa Kelas IV SD, Jurnal Kalam Cendekia, Vol.2, No.2, 2014.

E. F. Perdana, Peningkatan Hasil Belajar Pengukuran Siswa SD N 3 Pengasih dengan Realstic Mathematic Educationâ€, Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Edisi 38. Tahun ke-7, pp 3.819-3.830, 2018.

M. A. Rois, M. Chamdani, Joharman, Penerapan Pendekatan Kontekstual dengan Media Konkret dalam Peningkatan Pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas IV SD N 7 Kutosari Tahun Ajaran 2014/2015â€, Jurnal Kalam Cendekia. Vol. 3, No. 3.1, pp 242-247, 2015.

N. Hidayah, S. C. Relmasira, A. T. A. Handini, Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika melalui Model Pembelajaran Matematika Realistik untuk Siswa Kelas IV SDâ€, Jurnal Basicedu, Vol. 3, No.2, pp 345-354, 2019.

Heruman, Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar, Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset, 2007.

S. S. Maulida, Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III MI Salafiyah Barek Kebonsari Madiun Tahun Ajaran 2016/2017â€, 2017.

Md. Wirama, Kt. Pudjawan, I. Kt. Dibia, Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik (PMR) terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V SD N Desa Penglatan Kecamatan Bulelengâ€, Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Vol.2, No.1, 2014.

I. Anugraheni, Meta Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis di Sekolah Dasarâ€, Jurnal Polyglot, Vol. 14, No. 1, pp 9-18, 2018.

Md. A. Pradipta, I Ngh. S Suadnyana, I Wy. Darsana, Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV Sekolah Dasarâ€, Jurnal Undiksha, Vol.1, No.1, 2013.

M. W. Petryana, Pengaruh Penerapan Pendekatan Matematika Realistik terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Pontianak Baratâ€, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa UNTAN, Vol.6, No.3, 2013.

R. Wulandari, Wahyudi, T. S. Susiani, Penerapan Pendekatan RME dengan Media Konkret untuk Meningkatkan Pembelajaran Matematika tentang Bangun Ruang pada Siswa Kelas V SDN Jatimalang Tahun Ajaran 2015/2016â€, Jurnal Kalam Cendekia, Vol. 4, No. 5.1, pp 525-531, 2016.

D. S. Susianti, Wahyudi, Suripto, Model Pembelajaran RME (Realistics Mathematic Education) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri Krapyak 2 Tahun Ajaran 2011/2012â€. Jurnal Kalam Cendekia. Vol. 2, No. 4, 2014.

Km. A. Setiawan, N. T. Renda, N. W. Rati, Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SDâ€, Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Vol.2, No.1, 2014.

S. Eka, Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Geometri Bangun Ruang melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) pada Siswa Kelas V SD Negeri Karangnongko 1 Kalasan Slemanâ€, Repository UNY, 2013.


Full Text: PDF

DOI: 10.55215/jppguseda.v3i2.2541 Abstract views : 2307 views : 1737

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.