PENERAPAN MULTIMEDIA DALAM PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF

Nugroho Adi Suryandaru

Abstract


APPLICATION OF MULTIMEDIA IN EFFECTIVE LEARNING

The purpose of this study is to analyze the use of multimedia in learning. The research method is meta-analysis. The research begins by formulating the problem, then proceed by collecting existing research data through Google Scholar search. From the research obtained in the form of 7 relevant scientific journals. Research results from researchers were analyzed by quantitative comparison methods. Based on the results of the analysis, the use of multimedia in learning can improve student learning outcomes from the lowest 0.1% to the highest 1.2%..

 

Keywords


effective learning; use of multimedia; improved learning outcomes

References


Surasmi, W. A. 2016. Pemanfaatan Multimedia Untuk Mendukung Kualitas Pembelajaran. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru TING VIII, 593-607.

Lestari, N., & Wirasty, R. 2019. Pemanfaatan Multimedia Dalam Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Amaliah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1-5.

Sari, D. S., & Sugiyarto, K. H. 2015. Pengembangan Multimedia Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Ipa, 153-166.

Ramdan, M., Hamidah , I., & Purnawan. 2015. Penerapan Pola Pembelajaran Berbasis Multimedia Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Smk Pada Materi Katup Pneumatik. Journal of Mechanical Engineering Education, Vol. 2, No. 1, 83-90.

Rusmiyati, R., Nurkamto, J.,2014 Haryanto, S.Penggunaan Multimedia Dalam Pembelajaran Bahasa Sastra Indonesia Di Smp Negeri 2 Bawen Kabupaten Semarang.Jurnal Teknologi Vol.2, No.2, 171-184.

Yusuf, B. B. 2018. Konsep Dan Indikator Pembelajaran Efektif. Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan, 13-20.

Rahutama, R. 2016. Penerapan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbasis Adobe Flash Cs 6 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Inti Sistem Air Conditioner (Ac) Kelas Xii Tkr 4 Di Smk Maarif 1 Watesâ€. Skripsi. Fakultas Teknik. Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta

Bernard, M. 2014. Pengaruh Pembelajaran Dengan Menggunakan Multimedia Macromedia Falsh Terhadapkemampuan Penalaran Matematik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika ProgramPasca Sarjana STKIP Siliwangi Bandung, 425-429.

Diputra, K. 2016. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Tematik Integratif Untuk Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar . Jurnal Pendidikan Indonesia, 125-133.

Anugraheni , I. 2018. Meta Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar. A Journal of Language, Literature, Culture, and Education, 9-18.

Triyanti, M. 2015. Pengembangan Multimedia Interaktif pada Materi Sistem Saraf untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMA Kelas XI . Jurnal BIOEDUKATIKA Vol. 3 No. 2, 9-14.

Wati, U. A. 2010. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Untuk Mata Kuliah Pembelajaran Terpadu. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, Tahun 1 Volome 1, 1-16.

Hamdi , H., Zulhendri , A., & Kamus. 2013. Pembuatan Multimedia Interaktif Menggunakan Moodle Pada Kompetensi Mengamati Gejala Alam Dan Keteraturannya Untuk Pembelajaran Siswa Sma Kelas XI Semester I. ILLAR OF PHYSICS EDUCATION, Vol. 1. April, 55-62.

Rustini, T. 2014. Peningkatan Hasil Belajar Ips Dan Self Esteem Siswa Sd Melalui Multimedia Dalam Pembelajaran Ips Penelitian Kuasi Eksperimen Di Kelas Iv Sdn Di Kecamatan Cibiru-Bandung . EduHumaniora : Vol. 6 No. 2, 115-124.

Maharani , Y. S. 2010. Efektivitas Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Kurikulum 2013. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 31-40.

Wahyuni, E. 2011. Pengaruh Pemanfaatan Multimedia Dalam Pembelajaran Fisika Terhadap Pemerolehan Belajar. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 694- 709.


Full Text: PDF

DOI: 10.55215/jppguseda.v3i2.2543 Abstract views : 4289 views : 3243

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.