PERAN METODE PEMBELAJARAN TERHADAP KUALITAS BELAJAR MATERI SEJARAH HINDU-BUDDHA DAN ISLAM DI INDONESIA

Suzahra Salsabila, Lala Karmila Sari, Muh. Husen Arifin, Yona Wahyuningsih

Abstract


THE ROLE OF LEARNING METHODS ON THE QUALITY OF LEARNING HINDU-BUDDHIST AND ISLAMIC HISTORY MATERIALS IN INDONESIA

The achievement of learning objectives is one of the objectives of the learning method. In this case the learning method is used to realize the design that has been prepared. The purpose of this paper is that educators can implement several different methods in social studies learning in material about the heritage of Hinduism, Buddhism, and Islam in Indonesia. The method in this writing uses a literature study method, where researchers use existing books, magazines, articles, and journals that are related and relevant to the research topic taken. The results of this study are methods that can be used and improve the quality of learning in social studies learning material heritage of Hinduism, Buddhism, and Islam in Indonesia, namely the discussion method, simulation method, assignment method, Mind Mapping, field trip method.


Keywords


social studies learning; learning methods; role of methods

References


Sanjaya. W, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar proses Pendidikan. jakarta: Kencana Prenadamedia Group, 2006.

Prihantini, Strategi Pembelajaran di SD. jakarta: PT Bumi Aksara, 2021.

R. Mujahida, “Analisis Perbandingan Teacher centered dan Learner Centered.,” vol. 2(2) 323-3, 2019.

M. R. N. Handy, “Pembelajaran Sejarah Dalam Membangun Historical Awarness dan Sikap Nasionalisme Pada Peserta Didik,” Prabayaksa J. Hist. Educ., vol. 1, no. 1, p. 49, 2021, doi: 10.20527/prb.v1i1.2196.

Sulistiawan eko, “Modul Peninggalan Sejarah Hindu-Buddha Sebagai Bahan Ajar Alternatif Bagi Siswa Sma Kabupaten Semarang,” no. 2, pp. 1–13, 2019.

Suratno, “Meningkatkan Pemahaman Konsep Peninggalan Sejarah Hindu di Indonesia Melalui Strategi Pembelajaran Inkuiri Sosial di Kelas V SDN 2 Buga Kabupaten Tolitoli,” J. Kreat. Tadulako Online, vol. 4, no. 10, pp. 12–24, 2013.

B. A. B. Iii and M. Penelitian, “Proses Adaptasi Ikatan Mahasiswa Fakfak Di Kota Bandung,” J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, pp. 54–69, 2019, [Online]. Available: https://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/1558/.

J. Kehumasan, S. A. Nurjanah, and C. Skills, “Analisis Kompetensi Abad-21 Dalam Bidang Komunikasi A . Pendahuluan Abad ke-21 adalah abad yang sangat berbeda dengan abad-abad sebelumnya . Perkembangan ilmu pengetahuan yang luar biasa disegala bidang . pada abad ini , terutama bidang Information and Co,” 2013.

J. Junita and M. Siregar, “Penerapan Metode Pembelajaran Diskusi Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Pada Kompetensi Dasar Menjelaskan Makna Kedaulatan Rakyat Siswa Kelas Viii Smp Negeri 2 Kota Pinang Kabupaten Labuhanbatu Selatan Tahun Pelajaran 2014/2015,” Civ. (Jurnal Pembelajaran Dan Ilmu Civ., vol. 1, no. 1, 2018, doi: 10.36987/civitas.v1i1.1499.

Rosmida, “Penerapan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas Va Sd Negeri 004 Tembilahan Kecamtan Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir,” vol. 6, no. September, pp. 296–305, 2017.

D. E. Kurniawan and T. A. Pranowo, “Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama Sebagai Upaya Mengatasi Perilaku Bullying di Sekolah,” J. Bimbing. dan Konseling Terap., vol. 2, no. 1, pp. 50–60, 2018, doi: 10.30598/jbkt.v2i1.235.

A. Arsyad and W. B. Sulfemi, “Metode Role Playing Berbantu Media Audio Visual,” J. Pendidik. Ilmu Pengetah. Sos. Indones., vol. 3, no. 2477–8427, pp. 41–46, 2018.

S. N. Atikah, “Pengaruh Metode Role Playing Terhadap Pemahaman Sejarah (Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas V SD Kharisma Bangsa Tangerang Selatan) Tahun Pelajaran 2015/2016,” 2016.

S. Sagala, Konsep dan Makna Pembelajaran untuk Membantu dan Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. BANDUNG, 2005.

MELDA UTIN, “Peningkatan Aktivitas Siswa Dengan Menggunakan Metode Penugasan Kelas V Sd Islam Terpadu Qolbun Saliim,” J. Tunas Bangsa, pp. 185–197, 2013.

T. Buzan, Buku Pintar Mind Map. jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2007.

I. W. L. dan A. A. I. N. M. I Wayan Darmayoga, “Pengaruh Implementasi Metode Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Ips Ditinjau Dari Minat Siswa Kelas Iv Sd Sathya Sai Denpasar,” e-Journal PGSD Univ. Pendidik. Ganesha, vol. 3, 2013.

D. Tika Oktaviana, “Pengaruh Metode Karyawisata Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS,” J. Ris. Pendidik. Dasar, vol. 1, no. 1, pp. 36–42, 2018.


Full Text: PDF

DOI: 10.55215/jppguseda.v4i3.4758 Abstract views : 365 views : 231

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.