PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEMA KEGEMARANKU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING

Elly Sukmanasa, Danti Damayanti

Abstract


The research with classroom action research approach is carried out in collaboration and cycles. It is conducted in class 1A Ciheuleut 2 Elementary School, Bogor Timur with the aims of describing learning outcomes level of success in Tema 2 Kegemaranku, Sub-tema 4 Gemar Membaca Pembelajaran ke 3 through scientific approach by applying discovery learning model. The subjects of this study are a teacher with 31 students in the odd semester 2018/2019 school year. The first cycle result showed that the average value of learning outcomes of the students who achieved completeness is 16 students (48%), while 15 students (32%) have not. Meanwhile, In the second cycle there are 27 students (87%) who achieved completeness, and 4 students (13%) have not yet achieved it yet. In the first cycle learning process, the students changing behavior values were 48% which was considered good enough, and in the second cycle the average score is 80% with good category. From the results of this study it can be concluded that the application of discovery learning in Tema 2 Kegemaranku, Subtema 4 Gemar Membaca, Pembelajaran 3  in class  1A Ciheuleut 2 Elementary School, Bogor Timur improves the changes of students behavior.

Keywords


Discoveri Learning; Peserta Didik; Tema Kegemaranku

References


[1] Sri Hastuti. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Pada Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 1 Rejosari Gondangrejo Karanganyar Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Karya Ilmiah MahaPeserta Didik Progdi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP. Vol.2. No.2.

[2] Rosarina, Gina, Sudin, Ali Dan Sujana, Atep. 2016. Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perubahan Wujud Benda. Jurnal Pena Ilmiah: Vol. 1, No. 1

[3] Irma Cintia, Nichen, Kristin, Firosalia & Anugraheni, Indri. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Discover Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa. PERSPEKTIF Ilmu Pendidikan - Vol. 32 No. 1 April 2018.

[4] Setiawan, Veri Dan Istiqomah. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia.

[5] Susanto, Ahmad. 2013.Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group

[6] Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

[7] Rodiawati, LIlis. 2015. Perbandingan Koneksi Matematika Peserta Didik Antara yang Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Model Pembelajaran Knisley. Dalam Jurnal Euclid, ISSN 2355-1712, vol.3, No.2, pp. 549

[8] Burais, Listika, dkk. Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Melalui Model Discovery Learning. Dalam Jurnal Didaktik Matematika ISSN: 2355-4185 77, Vol. 3, No.1, Tahun 2016, pp 80

[9] Gultom, Syawal. 2014. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Tahun Ajaran 2014/2015. (Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kemendikbud, 2014), hal 37

[10] Dina, Arifatud. dkk. 2015. Implementasi Kurikulum 2013 Pada Perangkat Pembelajaran Model Discovery Learning Pendekatan Scientific Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Materi Geometri SMK. Dalam JKPM, ISSN: 2339-2444, Vol.2 No.1, Tahun 2015, pp.24

[11] Narayani, Dsk. Pt. Rimang, dkk. 2015. Analisis Proses Pembelajaran Matematika Menurut Pendekatan Saintifik Dan Dampaknya Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 5. Dalam e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Volume. 3 No.1, Tahun 2015

[12] Hamzah, Uno. 2008. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

[13] Ina Azariya Yupita. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol.1 No. 2.

[14] A.Supriyadi. 2013. Peningkatan Hasil Belajar Metode Discovery Learning Pembelajaran IPA Kelas IV SDN 03 Sungai Ambawang Kubu Raya. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Vol. 2 No. 8

[15] Erna Eryani. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi dan Sikap Percaya Diri Pada Tema Diri Sendiri Sub. Tema Tubuhku Peserta Didik Kelas 1 Sdn 16 Babakan Ciparay Kota Bandung. Skripsi(S1) Thesis, Fkip Unpas. http://repository.unpas.ac.id/5939/. Diakses tanggal 20-10-2018


Full Text: PDF

DOI: 10.55215/jppguseda.v2i1.989 Abstract views : 1528 views : 581

Refbacks

  • There are currently no refbacks.