PENGARUH CELEBRITY ENDORSER TERHADAP MINAT PEMBELIAN PRODUK AIDI.ID (STUDI PADA FOLLOWERS INSTAGRAM AIDI.ID)

Dinda Septiani Audia, Roni Jayawinangun, Feri Ferdinan

Abstract


ABSTRACT

This research focuses on the use of celebrity endorser to increase the interest of buying a product with title "The Impact of Celebrity Endorser towards Interest of Purchasing Aidi.id Products (study on Aidi.id Instagram Followers)â€. The data analysis technique in this research is descriptive analysis, and using transformation of ordinal data into interval with MSI (Method of Successive Interval), equal score, and classic assumption as well as double regretion.

The result of this research shows that the customer interest of purchasing Aidi.id product is categorized as high, this is based on the value of transactional purchase interest, referential purchase interest, preferential purchase interest, and explorative purchase interest which are respectively on very high category. There is a significant factor of the celebrity endorser that increases the customer interest in purchasing Aidi.id products. Attractiveness factor, trustworthiness factor, and expertise factor simultaneously bring impact to the buying interest that can be seen from F Test result with the amount of .000 with the percentage of 51.3% that explains the interest variation, and the other 48.7% influenced by other variables.

 

Keywords: Celebrity Endorser, Purchase Intention, Instagram, Aidi.id


References


DAFTAR PUSTAKA

Abdullah, MaRuf. 2016. Manajemen Komunikasi Periklanan. Yogyakarta: Aswaja Pressindo

Atmoko, Bambang Dwi. 2012. Instagram Handbook Tips Fotografi Ponsel. Jakarta: Media Kita.

Cangara, Hafied. 2016. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Durianto, D. dan Liana, C. 2004. Analisis Efektivitas Iklan Televisi Softener Soft & Fresh di Jakarta dan Sekitarnya dengan Menggunakan Consumen Decision Modelâ€. Jurnal Ekonomi Perusahaan 11 (1): 35-55.

Donsbach, Wolfgang. 2008. Elaboration Likelihood Model. The International Encyclopedia of Communication. Vol IV: 1475-1479

Effendy, Onong Uchjana. 2005. Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Dinamika Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Elizabeth, Burmeister dan Leanne, Aitken. 2012. Sample Size: How Many is Enough?â€. Australian Critical Care Griffith University. P 1-10.

Ernungtyas, N F., Puspita, R., Suryaningsih, S I., Amelia, Y R., Lamini, L., Hendarrita, Y. 2016. Youth Culture dan Gaya Busana: Hiper-Realitas Pekerja Muda Perempuan Terhadap Produk Fashion Bermerek di Jakarta. Jurnal Nomosleca. Vol 2 No 1 Hal 1-23

Ferdinand, Augusty. 2002. Structural Equation Modelling dalam Penelitian Manajemen. Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro

Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kotler, Philip and Armstrong, Gary. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran.Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip and Keller, Kevin Lane. 2012. Marketing Management 14E. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Malau, Harman. 2017. Manajemen Pemasaran Teori dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisional Sampai Era Modernisasi Global. Bandung: Alfabeta

Millafati, Yuan Astika. 2006. Transformasi Data Skala Ordinal ke Interval dengan Menggunakan Makro Minitab. Informatika Pertanian Vol 15. Hal 881-895

Nasrullah, Rulli. 2017. Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Rachmat, Dita Olivia Nurhayati. 2016. Pengaruh Celebrity Endorser di Media Sosial Instagram dalam Promosi Produk Hijab terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus pada Akun Instagram @zahratuljannah dan @joyagh). E-Proceeding of Management, Jurnal Universitas Telkom. Vol 3: 2858-2865.

Royan, Frans M. 2004. Marketing Selebrities (Selebriti dalam Iklan dan Strategi Selebriti Memasarkan Diri Sendiri). Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Shimp, Terence A. 2003. Periklanan Promosi dan Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu Edisi ke 5 Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Sugiyono. 2003. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta

Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta

Suryani, Tatik. 2013. Perilaku Konsumen di Era Internet Implikasinya pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu

Suryanto. 2015. Pengantar Ilmu Komunikasi. Bandung: Pustaka Setia

Umar, Husein. 2002. Metode Riset Komunikasi Organisasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Widiastuti, Tuti. 2017. Analisis Elaboration Likelihood Model dalam Pembentukan Personal Branding Ridwan Kamil di Twitter. Jurnal ASPIKOM. Vol 3 No 3: 588-603

Wijaya, Petra Surya Mega dan Teguh, Christina. 2012. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli di Online shop Specialis Guess. Jurnal Riset Manajemen Bisnis Universitas Kristen Duta Wacana. Volume 7: 147-160.

SKRIPSI

Astika, Shinta Tri. 2015. Pengaruh Kredibilitas Endorser Selebriti Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Pada Iklan Shampo Loreal Versi Dian Sastro). Depok: Universitas Indonesia

INTERNET

https://id.techinasia.com/pertumbuhan-pengguna-internet-di-indonesia-tahun-2016 diakses pada tanggal 12 November 2017 pukul 13.23

http://tekno.kompas.com/read/2017/07/27/11480087/indonesia-penggunainstagram-terbesar-se-asiapasifik diakses pada tanggal 12 November 2017 pukul 14.57

https://tekno.tempo.co/read/869993/sentuh-700-juta-pengguna-pertumbuhan-instagram-makin-cepat diakses pada tanggal 16 November 2017 11.18

http://www.marketing.co.id/dulang-sukses-pemasaran-instagram-ini-strateginya/ diakses pada tanggal 19 November 2017 18.10

http://jakpat.net/

https://www.apjii.or.id/


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/jpsik.v3i1.1012

Refbacks

  • There are currently no refbacks.