Kebijakan Pemrograman Pada Penayangan Cabang Olahraga (Studi Kasus Asian Games 2018 DI INDOSIAR)

Annory Langga O, Fadilla Widianto

Abstract


Terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah bagi pertandingan olahraga se-Asia tersebut tentunya bukan tanpa sebab. Indonesia dinilai layak untuk menjadi tempat diselenggarakannya Asian Games karena berbagai hal yang patut membuat kita bangga sebagai warga Indonesia. Dalam ajang empat tahunan ini. Secara resmi indosiar mendapatkan hak siar pertandingan Asian Games 2018. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana kebijakan pemprograman pada penayangan cabang olahraga Asian games 2018 yang tayang di indosiar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kebijakan pemprograman Asian games tahun 2018 cabang olahraga di indosiar. menggunakan paradigma konstruktivisme dengan pendekatan kualitatif serta menggukana teori pemprograman Pringle Star. Hasil dari penelitain ini yaitu 1) mengenai perencanaan. Perencanaan yang dilakukan stasiun indosiar dengan merencanakan program saat produksi, pemeliharaan program yang akan dibeli (akuisisi) dan penjadwalan program agar menarik sebanyak mungkin penonton serta bekerja sama dengan sponsor atau pengiklan.  2) mengenai produksi dan pembelian program. Pihak indosiar membeli program dari pihak lain biasa disebut outsourching. Di indosiar sendiri, proposi untuk outsourching dan pihak in house yaitu 95% lebih dibuat sendiri, sementara sisanya dibuat oleh pihak luar. 5% dikerjakan oleh out house yang mengerjakan. 3) tentang Eksekusi Program. Dalam Eksekusi program ini merupakan tahap proses pelaksanaan dari rencana program yang telah dibuat. Pihak yang ada di lapangan dan di studio kantor saling berkomunikasi agar tidak ada miss communication dan zero mistake dalam proses acara berlangsung. 4) pengawasan dan evaluasi tayangan. Proses pengawasan dan evaluasi ini untuk menentukan seberapa jauh suatu rencana dan tujuan dapat dicapai dan diwujudkan yang artinya output yang dicapai dalam hal ini Rating dan Share serta nilai prestige.

Keywords


asian games 2018; indosiar; progrmming; televisi; kebijakan

References


Aley, M., Hahn, L. (2023) Altruistic and Egoistic Motivations of Male and Female Characters in Common Sense Media Television Programming for Children. Sex Roles , 347–359. https://doi.org/10.1007/s11199-023-01372-y

Hanqing, D., Lichao, X. & Huali, C. (2024). How Danmaku influences college students’ attitudes toward characters in TV series: evidence from ERPs. Int. Commun. Chin. 133–153. https://doi.org/10.1007/s40636-024-00279-x

Burke, Peter, Asa, Briggs, (2006), Sejarah Sosial Media: Dari Gutenberg Sampai Internet, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Bingham, K.P., Czapnik, S. (2024). The Message in a New Phase of Television: An Exploration of the Dichotomy of Good and Evil. Int J Sociol Leis 7, 279–295. https://doi.org/10.1007/s41978-024-00161-5

Djamal Hidajanto. (2012) Dasar-Dasar penyiaran: Edisi Kedua, (Jakarta: Kencana.

Effendy, Heru, (2008), Industri Pertelevisian Indonesia,Jakarta: Penerbit Erlangga.

Komite Nasional Ganefo, (1963). Dokumen-dokumen kelahiran Ganefo. Jakarta: Sekretariat Komite Nasional Ganefo. Kreatif Televisi.

Littlejohn, Stephen W & Karen A Foss (2009), “Theories of Human Communication, 9th ed. (terjemahan), Salemba Humanika, Jakarta.

Marbun. (2010), Kamus Manajemen. Media Pustaka, Jakarta.

Morissan, M.A. (2008). Manajemen Media Penyiaran: Strategi Mengelola Radio & Televisi.

Sukmono, Filosa Gita (2013). Ekonomi Politik: Sebuah Kajian Kritis. Yogyakarta: Lingkar Media.

Sunarto, (2009). Televisi, Kekerasan dan Perempuan. Jakarta: Kompas Media Nusantara.

Kwame, A., Petrucka, P.M. (2024) Ethical Dilemmas in Cross-national Qualitative Research: A Reflection on Personal Experiences of Ethics from a Doctoral Research Project. J Acad Ethics, 251–268 https://doi.org/10.1007/s10805-023-09484-6.

Tao, L., Nakamura, S., Wang, X. (2024). A large-scale television advertising dataset for detailed impression analysis. Multimed Tools Appl, 18779–18802. https://doi.org/10.1007/s11042-023-14704-7

Valcárcel Jiménez, M., Wirth, A., Birtwistle, E l.(2024) The home literacy environment and television exposure as mediators between migration background and preschool children’s linguistic abilities. Read Writ 37, 2323–2347. https://doi.org/10.1007/s11145-023-10458-8

Zhang, J., Liu, F. (2024) Second Screen Synergy: Exploring the Socio-Economic Impact of Dual Screen Engagement in Television Consumption. J Knowl Econ, 20196–20228. https://doi.org/10.1007/s13132-024-01945-6

Tao, L., Nakamura, S., Wang, X. (2024). A large-scale television advertising dataset for detailed impression analysis. Multimed Tools Appl, 18779–18802. https://doi.org/10.1007/s11042-023-14704-7


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/jpsik.v8i2.10869

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.