PAKAN DAN PERTUMBUHAN IKAN KERAPU CANTANG (Epinephellus fuscoguttatus-lanceolatus)

Sri Rahmaningsih, Agung Isfan Ari

Abstract


Ikan kerapu cantang (Epinephellus fuscoguttatus-lanceolatus) termasuk kelompok ikan kerapu yang berharga tinggi. Jenis kerapu ini merupakan hasil persilangan ikan kerapu macan (Epinephellus fuscoguttatus) dan ikan kerapu kertang (Epinephellus lanceolatus). Tingkat pertumbuhan ikan kerapu ini sementara menunjukkan pertumbuhan yang lebih cepat jika dibandingkan dengan kerapu lain yaitu dalam masa pemeliharaan 7 bulan dapat mencapai berat 5 - 7 ons/ekor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jenis pakan yang berbeda terhadap pertumbuhan ikan kerapu cantang (Epinephelus fuscoguttatus-lanceolatus). Penelitian ini dilaksanakan di Tambak percobaan Fakultas Perikanan dan Kelautan UNIROW selama dua bulan yaitu pada bulan April – Juni 2013. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen, dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah  RAK (Rancangan Acak Kelompok). Perlakuan yang diberikan adalah perbedaan jenis pakan yang berbeda setiap perlakuan yaitu ;(A) Pakan ikan rucah atau ikan segar (B) Pakan butiran pellet (C) Pakan yang dikombinasikan antara ikan rucah dan pellet. Masing-masing pakan diberikan dengan jumlah yang sama yaitu prosentase pakan 10 – 15% dari bobot tubuh ikan dan pemberian pakan dilakukan pada pagi dan sore hari. Berdasarkan hasil penelitian  menunjukan bahwa perlakuan C dengan pemberian pakan berupa ikan segar dan pellet memberikan hasil yang berbeda terhadap pertumbuhan berat, sedangkan perlakuan B memberikan hasil terbaik untuk pertumbuhan panjang.

 

Kata kunci : kerapu cantang (Epinephellus fuscoguttatus-lanceolatus), pertumbuhan

References


Kordi, 2009. Pembesaran Kerapu Bebek di Keramba Jarring Apung. Kanisius, Yogyakarta.

Kriswantoro. 2003 Perbandingan Laju Pertumbuhan Beberapa Jenis Kerapu, Epinephelus spp.Scientific Report of Mariculture Research and Development Project (ATA-192) in Indonesia: 211-219.

Kordi K, 2004. Pakan ikan : formulasi, pembuatan dan pemberian pakan terhadap pertumbuhan ikan kerapu. PT. Perca, Jakarta.

M.Ghufran., 2010. Penyerapam Nutrisi Endogen, Tabiat Makan dan Perkembangan Morphology Larva Kerapu Bebek (Cromileptes altivelis). J. Pen. Perikanan Indonesia, Vol.2 No.2 : 13-21.

Rachmansyah, dkk, 2003. “Pengendalian Biofouling dalam Keramba Jaring Apung”dalam Warta Balitdita.


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/ekol.v13i2.136

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.