PEMANFAATAN BAKTERI ANTAGONIS TERHADAP PENGENDALIAN JAMUR PATOGEN Fusarium oxysporum dan Phytopthora capsici SECARA IN VITRO

Tri Saptari Haryani, Olivia Mersylia Tombe

Abstract


Jamur Fusarium oxysporum merupakan patogen yang dapat menyebabkan penyakit busuk batang pada tanaman vanili. Adanya pembusukan pada jaringan batang tersebut merupakan ciri khas dari penyakit busuk batang. Gejala khas dari serangan patogen pada pangkal batang mengakibatkan pangkal batang menjadi berwarna hitam. Salah satu cara untuk mengendalikannya yaitu menggunakan agen pengendali hayati berupa bakteri antagonis. Tujuan dari penelitian ini untuk mendapatkan satu isolat bakteri antagonis yang paling efektif menekan pertumbuhan koloni serta perkecambahan konidia dan zoospora  patogen Fusarium oxysporum dan Phytopthora capsici. Penelitian dilakukan secara in vitro, tahapan kegiatan dalam penelitian ini meliputi sterilisasi alat, pembuatan media, pembuatan inokulum, pengujian antagonis isolat bakteri dan filtratnya serta pengamatannya. Bahan yang digunakan adalah isolat F.oxysporum, P.capsici dan sembilan isolat bakteri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari sembilan isolat bakteri terdapat satu isolat bakteri paling efektif menghambat pertumbuhan patogen F.oxysporum yaitu isolat bakteri AKT7 sebesar 29,91% sedang isolat bakteri paling efektif menghambat patogen P.capsici yaitu isolat bakteri B5A sebesar 54,42% . Filtrat bakteri AKT7 mampu menghambat perkecambahan konidia F.oxysporum dan zoospora P.capsici.

 

Kata kunci :  Fusarium oxysporum ,  Phytopthora capsici, bakteri antagonis


References


Alexopoulos, C.J., and C. W. Mims. 1979.

Erwin, D.C. and O.K. Ribeiro. 1996. Phythophthora disease. Worldwide. APS. St Paul Minnesota. p.562

Gazperz, V. 1991. Metode Perancangan Percobaan. Armico, Bandung. hlm. 185

Kaur. R, R.S. Singh, C. Alaubouvette. 2007. Antagonistic Activity of Selected Isolates of Florescents Pseudomonas Againts Fusarium oxysporum.f. Sp ciceri. Asian Journal of Plant Sciences. VII(3):446-454.

Loekas, S. 2008. Pengantar Pengendalian Hayati Penyakit Tanaman. PT.Raja grafindo Persada. Jakarata. hlm.181-198.


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/ekol.v11i2.256

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.