ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM PERSAINGAN PERUSAHAAN MARKETPLACE ANTARA TOKOPEDIA, SHOPEE, DAN LAZADA MENGGUNAKAN GAME THEORY

Rika Amelia, Hagni Wijayanti, Maya Widyastiti

Abstract


Perkembangan teknologi dan kemajuan ekonomi pada era digital 4.0 menyebabkanmeningkatnya persaingan antara perusahaan untuk memperebutkan komsumen. Jenis e￾commerce berkembang di Indonesia adalah marketplace. Marketplace perlu melakukanpenyusunan strategi untuk memenangkan persaingan pasar, strategi tersebut dapat ditentukanmelalui konsep game theory dengan metode simpleks. Tujuan dari penelitian ini yaitumenentukan atribut strategi pemasaran yang optimal khusus perusahaan Tokopedia, Shopee, danstudi kasus penduduk di wilayah Kecamatan Cileungsi.Pengambilan data menggunakan dataprimer dengan menyebarkan kuesioner online dan menggunakan teknik non-probability samplingyaitu accidental sampling, karena dengan kondisi pandemi ini sulit untuk bertemu langsungdengan responden, sehingga seseorang yang diambil sebagai sampel dalam penelitianberdasarkan faktor spontanitas atau seseorang tersebut melihat status di media sosial penulisdan menganggap bahwa seseorang tersebut memiliki informasi yang sesuai dengan karakteristikyang diperlukan bagi penelitian. Alternatif strategi pemasaran yang digunakan yaitu harga,kualitas produk, keamanan, tampilan desain, ketersediaan ekspedisi, promo dan kelengkapanfasilitas. Hasil strategi optimal khusus Shopee adalah strategi promo, kelengkapan fasilitas,tampilan desain dan keamanan. Strategi optimal untuk Tokopedia yaitu strategi keamanan,harga, promo, ketersediaan expedisi. Sedangkan perusahaan Lazada strategi optimalnya ialahstrategi kelengkapan fasilitas, ketersediaan ekspedisi, promo dan tampilan desain

Full Text: PDF

DOI: 10.33751/interval.v3i1.5928 Abstract views : 585 views : 1039

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.