Analysis Of Political Branding Of The Gerindra Party Through Tiktok Social Media Towards Generation Z In Jakarta: Case Study Of The 2024 Election Campaign
Abstract
Keywords
References
We Are Social, “Digital 2021: the latest insights into the ‘state of digital’,” Jan. 27, 2021. [Online]. Available: https://wearesocial.com/uk/blog/2021/01/digital-2021-the-latest-insights-into-the-state-of-digital/. [Accessed: Dec. 12, 2024].
Kemenkeu.go.id, “Generasi 'Millennial' dan Generasi Kolonial,” 2024. [Online]. Available: https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-pontianak/baca-artikel/14262/Generasi-Milenial-Dan-Generasi-Kolonial.html. [Accessed: Dec. 12, 2024].
F. I. R. Firamadhina and H. Krisnani, “Perilaku Generasi-Z terhadap Penggunaan Media Sosial TikTok: TikTok Sebagai Media Edukasi dan Aktivisme,” Social Work Journal, vol. 2, no. 10, pp. 199-200, 2020.
N. Andriana, “Pandangan Partai Politik Terhadap Media Sosial Sebagai Salah Satu Alat Komunikasi Politik Untuk Mendekati Pemilih Muda (Gen Y dan Z): Studi Kasus PDIP dan PSI,” Jurnal Penelitian Politik, vol. 19, no. 1, 2022.
R. Ichwanusafa and M. P. Aji, “Pengaruh Media Sosial TikTok Terhadap Tingkat Partisipasi Politik Mahasiswa Generasi Z di UPN Veteran Jakarta,” Jurnal Ilmiah Multidisiplin, vol. 2, no. 4, p. 332, 2024.
N. A. Lukman, H. Sirenggar, and C. Nainggolan, “Peran Media Sosial Terhadap Pembentukan Persepsi Gen-Z dalam Pemilihan Presiden 2024,” Jurnal Cendekia Ilmiah, vol. 3, no. 3, 2024.
M. Waruwu, “Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method),” Jurnal Pendidikan Tambusai, vol. 7, no. 1, p. 2898, 2023.
A. Ardiansyah, R. Risnita, and S. M. Jailani, “Teknik Pengumpulan Data dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif,” Jurnal Pendidikan Islam, vol. 1, no. 2, pp. 6-7, 2023.
B. I. Newman, The Marketing Revolution in Politics, 1st ed. 2016.
R. Mulyani, “Political Branding Tsamara Amany Alatas Selama Masa Kampanye Pemilu Legislatif 2019 di Media Sosial,” Jurnal Lugas, vol. 5, no. 1, pp. 21-30, 2021. [Online]. Available: http://ojs.stiami.ac.id. [Accessed: Dec. 12, 2024].
D. Mulyadi et al., “Pengaruh Media Massa Terhadap Generasi-Z Sebagai Partisipasi Pemilu 2024: Ditinjau Dari Teori Demokrasi,” Rio Law Journal, vol. 5, no. 1, pp. 172-173, 2024.
I. Y. Simamora et al., “Peran Generasi Z dalam Pemilu 2024 di Indonesia,” Jurnal Pendidikan Tambusai, vol. 8, no. 1, 2024.
K. Kartini et al., “Teori Dalam Penelitian Media,” Jurnal Edukasi Nonformal, vol. 3, no. 2, pp. 137-138, 2020.
F. Jurdi, Pengantar Hukum Partai Politik, Penerbit Kencana, 2020.
C. S. Tandung, N. Brasit, and R. M. Yusuf, “Disrupsi Politik: Strategi Marketing Politik Menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Generasi Milenial dan Gen Z di Pilpres,” Journal of Risk and Uncertainty Issues, vol. 2, no. 1, pp. 54-55, 2023. [Online]. Available: https://scientium.co.id/journals/index.php/jrui/article/download/524/605/1899. [Accessed: Dec. 12, 2024].
I. Suryawati, “Political Branding of Indonesian Governor in the Social Media,” MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi, vol. 4, no. 2, pp. 23-38, 2021. [Online]. Available: https://doi.org/10.35326/medialog.v4i2.1334. [Accessed: Dec. 12, 2024].
C. M. A. Hutauruk and D. Tranggono, “Pengaruh Promosi Politik Partai Gerindra di Media Sosial TikTok Terhadap Sikap Mendukung Prabowo Subianto Dalam Pilpres 2024 Pada Pemilih Pemula Di Samarinda,” 2024.
Brigjen TNI (Purn) A. Ende, SIP, komunikasi pribadi, 26 Sep. 2024.
H. Ramdhani, komunikasi pribadi, 26 Sep. 2024.
I. Hamzah, komunikasi pribadi, 28 Nov. 2024.
Dr. U. Komarudin, S.H.I., M.Si, komunikasi pribadi, 8 Des. 2024.
H. Zamzami, komunikasi pribadi, 10 Nov. 2024.
I. Putri, komunikasi pribadi, 22 Nov. 2024
DOI: 10.33751/jhss.v8i3.11100
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.