Operationalization of the E-PAK LADI Kiosk for Direct Electronic Population Services in Kejapanan Village, Pasuruan Regency
Abstract
Kios E-Pak Ladi (Pelayanan Administrasi Kependudukan Langsung Secara Elektronik) di Desa Kejapanan Kabupaten Pasuruan dalam pelaksanaanya memiliki berbagai permasalahan yaitu belum sesuai dengan SOP yang telah ditetapkan, kurangnya peran serta masyarakat serta kurangnya koordinasi antara balai desa Kejapanan dengan Dispendukcapil Kabupaten Pasuruan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan Kios (E-Pak Ladi) di Desa Kejapanan Kabupaten Pasuruan. Metode penelitian menggunakan studi kasus kualitatif. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data (wawancara, observasi, dan dokumentasi), kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berfokus pada faktor-faktor keberhasilan implementasi kebijakan menurut Warwick 1979 yang meliputi kemampuan organisasi, informasi, dukungan dan potensi berbagi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kios E-Pak Ladi di Desa Kejapanan Kabupaten Pasuruan berhasil dalam pelaksanaannya. Namun demikian, kapasitas organisasi dalam menjalankan SOP masih belum optimal, informasi yang diberikan memudahkan masyarakat dalam mengajukan permohonan, dukungan yang diberikan kepada sarana belum memadai namun apabila terdapat kendala perawatan akan segera diperbaiki, pembagian potensi antara operator dan verifier sudah jelas dan terstruktur.
Keywords
References
Alhasni, R. A., & Fitri Herawati, M. (2024). Buku Ajar Kebijakan Publik (T. Media, Ed.). Tahta Media Group.
Auliak, N. P., & Hardjati, S. (2023). Efektivitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Sabtu Tuntas Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Magetan. Journal Of Governance And Local Politics, 5 No 1, 67–75.
Creswell, J. W. (2015). Qualitative Inquiry & Research Design Choosing Among Five Approaches (K. Greene, Ed.). Sage Publications.
Dewi, F. L. N., & Habibi, M. M. (2023). Implementasi Inovasi Layanan Digital Sabdopalon (Sistem Administrasi Berita Data Deso Dan Pelayanan Online) Di Kabupaten Jombang. Nahkoda : Jurnal Ilmu Pemerintahan, 22 No 2, 165–179. Https://Doi.Org/10.35967/Njip.V22i2.574
Hayat. (2017). Manajemen Pelayanan Publik. Pt Praja Grafindo Persada.
Irawan, B. (2015). E-Government Sebagai Bentuk Baru Dalam Pelayanan Publik: Sebuah Tinjauan Teoritik. Jurnal Paradigma, 4(3).
Kadji, Y. (2015). Formulasi Dan Implementasi Kebijakan Publik, Kepemimpinan Dan Perilaku Birokrasi Dalam Fakta Realitas. Ung Press.
Meiliani, C., Rembang, P., Kimbal, M., & Lengkong, J. (2017). Implementasi Program Pengembangan Kawasan Pariwisata Danau Poso Oleh Pemerintah Daerah (Studi Di Kecamatan Pamona Puselemba Kabupaten Poso). In Jurnal Jurusan Ilmu Pemerintahan (Vol. 2, Issue 2).
Pratama, M. Y. (N.D.). Inovasi Pelayanan Publik Melalui Smart Card Pada Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (Bppt) Kabupaten Sidoarjo. Http://Sidoarjokab.Go.Id
Rachman, M. (2021). Manajemen Pelayanan Publik (T. Media, Ed.).
Saleh, S. (2017). Analisis Data Kualitatif (H. Upu, Ed.).
Styareni, & Fanida. (2021). Inovasi Pelayanan “Joss Banget Mas”(Jemput Online Singlesubmissionbersama Instansi Terkait Dan Malam Hari Bisa) Di Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Blitar. Publika, 9(1), 63–76.
Subianto, A. (2020). Kebijakan Publik. Brilliant.
Walenta, A. S. (2023). Pengantar Manajemen (Pendekatan Manajemen Kontemporer) (Hartini, Ed.). Cv. Media Sains Indonesia.
Yunita, & Oktariyanda. (2024). Efektivitas Sistem Pelayanan Administrasi Kependudukan Langsung Jadi Secara Elektronik (E-Pak Ladi) Di Desa Cangkringmalang Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan. Publika, 12(1), 33–48.
DOI: 10.33751/jhss.v9i2..12006
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
















