Concept And Implementation Of “Merdeka Belajar Kampus Merdeka” Curriculum
Abstract
Keywords
References
N. V. Apriliyani, D. Hernawan, I. Purnamasari, G. Goris, and B. S. Seran, “Implementasi Programmerdeka Belajar Kampus Merdeka,” J. GOVERNANSI, vol. 8, no. 1, pp. 12–18, 2022.
T. M. Fuadi and D. Aswita, “Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Mbkm): Bagaimana Penerapan Dan Kedala Yang Dihadapi Oleh Perguruan Tinggi Swasta Di Aceh,” J. Dedik. Pendidik., vol. 5, no. 2, pp. 603–614, 2021.
T. M. Fuadi, “Konsep Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (Mbkm) : Aplikasinya Dalam Pendidikan Biologi,” in Prosiding Seminar Nasional Biotik, 2021, pp. 183–200.
E. Setyawati, I. Mulyawati, and Soecahyadi, “Studi Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dengan Menggunakan Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif,” Edukatif J. Ilmu Pendidik., vol. 4, no. 1, pp. 1030–1042, 2022.
D. Aswita, “Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Mbkm): Inventarisasi Mitra Dalam Pelaksanaan Magang Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan,” in Prosiding Seminar Nasional Biotik, 2021, pp. 201–206.
Yuherman, W. Nugroho, and D. Sunarsi, “Dampak Kebijakan MBKM Pada Kesiapan Sumber Daya Manusia dan Fasilitas Fakultas Hukum Usahid Jakarta,” Moral. J. Ilmu Huk., vol. 7, no. 2, pp. 222–244, 2021.
Sukasmo, “Konsep-Konsep Dasar Penelitian,” GURARU: Guru Era Baru, 2012.
Radiusman, “Studi Literasi: Pemahaman Konsep Siswa Pada Pembelajaran Matematika,” FIBONACCI J. Pendidik. Mat. dan Mat., vol. 6, no. 1, pp. 1–8, 2020.
A. Wahib, “Dampak Perubahan Sosial Budaya terhadap Pendidikan,” J. Paradig., vol. 7, no. 1, pp. 51–57, 2019.
Y. Suchyadi and N. Nurjanah, “Relationship between Principal Supervision in Increasing the Job Satisfaction of Private Junior High School Teachers in East Bogor District,” Jhss (Journal Humanit. Soc. Stud., vol. 2, no. 1, pp. 26–29, Aug. 2018, doi: 10.33751/jhss.v2i1.818.
I. Setyaningsih and M. Abrori, “Analisis Kualitas Lulusan Berdasarkan Tingkat Kepuasan Pengguna Lulusan,” J. Ilm. Tek. Ind., vol. 12, no. 1, pp. 73–82, 2013.
Abdul Kholik, H. Bisri, Z. K. Lathifah, B. Kartakusuma, M. Ma’ufur, and T. Prasetyo, “Impelementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) berdasarkan Persepsi Dosen dan Mahasiswa,” J. Basicedu, vol. 7, no. 1, pp. 738–748, 2022.
S. Adhimah, “Peran orang tua dalam menghilangjan rasa canggung anak usia dini (studi kasus di desa karangbong rt 06 rw 02 Gedangan-Sidoarjo),” J. Pendidik. Anak, vol. 9, no. 1, pp. 57–62, 2020.
G. F. Arkandito, E. Maryani, D. Rahmawan, and T. K. Wirakusumah, “Komunikasi Verbal pada Anggota Keluarga yang Memiliki Anak Indigo,” J. Manaj. Komun., vol. 1, no. 1, pp. 42–56, 2016.
M. Lisabela, “Model Analisis Interaktif Miles and Huberman,” Univ. Bina Darma, 2019.
S. Yoga, “Perubahan Sosial Budaya Masyarakat Indonesia Dan Perkembangan Teknologi Komunikasi,” J. Al-Bayan, vol. 24, no. 1, pp. 29 – 46, 2018.
S. Hardhienata, Y. Suchyadi, and D. Wulandari, “Strengthening Technological Literacy in Junior High School Teachers in the Industrial Revolution Era 4.0,” Jhss (Journal Humanit. Soc. Stud., vol. 5, no. 3, pp. 330–335, 2021, doi: 10.33751/jhss.v5i3.4220.
R. Purnamasari et al., “Student Center Based Class Management Assistance Through The Implementation Of Digital Learning Models,” J. Community Engagem., vol. 02, no. 02, pp. 41–44, 2020, doi: https://doi.org/10.33751/jce.v2i2.2801.
N. Nurhasanah et al., “Identifikasi Pengetahuan Mahasiswa Teknik Industri Terhadap Implementasi Program MBKM dengan Pendekatan Analytical Network Process,” J. AL-AZHAR Indones. SERI SAINS DAN Teknol., vol. 7, no. 2, pp. 72–79, 2022.
M. Suryaman, “Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar,” in Prosiding Seminar Daring Nasional: Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar, 2020, pp. 13–28.
D. Wulandari, N. Febry, A. K. J. Hartatmaja, I. S. Mangula, and O. A. Sabrina, “Evaluasi Implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Di Tingkat Program Studi: Studi Di Universitas Paramadina,” Inq. J. Ilm. Psikol., vol. 13, no. 1, pp. 22–40, 2022.
C. I. R. Nita, F. N. Kumala, N. R. Sesanti, A. R. Hakim, and A. Gutama, “Analisis Dampak Implementasi Kurikulum MBKM PGSD UNIKAMA Terhadap Kearifan Lokal,” J. Publ. Pendidik., vol. 12, no. 2, pp. 42–52, 2022.
A. H. Agustin, “Manajemen Konflik dan Dukungan Sosial dengan Resiliensi pada Mahasiswa yang Mengikuti MBKM,” Univ. 17 Agustus 1945 Surabaya, pp. 1–8, 2022.
A. S. Madani, G. W. Wiriasto, and Misbahuddin, “Pembelajaran MBKM dengan Capaian Akhir Sistem E-commerce Platform (Benchmark OLX) di Binar Academy,” J. Pengabdi. Magister Pendidik. IPA, vol. 5, no. 3, pp. 323–330, 2022.
V. Suwanti, I. K. Suastika, R. D. Ferdiani, and W. Harianto, “Analisis Dampak Implementasi Program Mbkm Kampus Mengajar Pada Persepsi Mahasiswa,” J. PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), vol. 6, no. 3, pp. 814–822, 2023.
M. Takdir, K. R. Sani, Hasdinawati, S. R. Juniati, and Z. Arifin, “Polemik Implementasi Program Magang Mbkm Program Studi Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Sinjai,” Al Qisthi J. Sos. dan Polit., vol. 11, no. 2, pp. 22–35, 2021.
Y. Suchyadi, N. Karmila, and N. Safitri, “Kepuasan Kerja Guru Ditinjau Dari Peran Supervisi Kepala Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Bogor Utara,” JPPGuseda | J. Pendidik. Pengajaran Guru Sekol. Dasar, vol. 2, no. 2, pp. 91–94, Nov. 2019, doi: 10.33751/jppguseda.v2i2.1453.
S. Hidayatullah, “Persepsi Mahasiswa Tentang Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka,” J. Online FONEMA, vol. 4, no. 1, pp. 79–87, 2021.
K. D. P. Meke, R. B. Astro, and M. H. Daud, “Dampak Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) pada Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia,” Edukatif J. Ilmu Pendidik., vol. 4, no. 1, pp. 675–685, 2022.
Z. Amrina, A. Yuza, and S. G. Sari, “Analysis Of The Impact Of Implementation Of The Mbkm Program On Educators In The Pgsd Fkip Bung Hatta University In Producing Qualified Graduates In The Global Era,” J. CERDAS Proklamator, vol. 9, no. 1, pp. 58–66, 2021.
Kemendikbud, Buku Panduan Merdeka Belajar Kampus Merdeka 2020. 2020.
S. Masithoh, H. Miftah, W. Nahraeni, A. Yoesdiarty, and I. Novita, “Implementasi Mbkm (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) Menurut Perspektif Mahasiswa Agribisnis,” J. AgribiSains, vol. 7, no. 2, pp. 59–67, 2021.
A. Maulana, H. Bahar, Nuraeni, Ismah, and H. Rosiyanti, “Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Dalam Mewujudkan SDM Unggul dan Kompetitif di Perguruan Tinggi (Berdasarkan Survey SPADA di Universitas Muhammadiyah Jakarta Tahun 2022),” AL-QISTH LAW Rev., vol. 6, no. 2, pp. 1–21, 2022.
DOI: 10.33751/jhss.v7i3.7481
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.