Public Service Innovation Through Website E-Office Sabdopalon : Case Study of Pulo Lor Village

Mohammad Ferry Ariyanto, Arimurti Kriswibowo

Abstract


Inovasi website E-Office Sabdopalon merupakan proses transformasi digital dari pelayanan publik Pemerintah Kabupaten Jombang untuk memberikan kemandirian ruang bagi setiap desa dalam memberikan kemudahan pelayanan perizinan kepada masyarakat. Penelitian ini fokus di Desa Pulo Lor Kabupaten Jombang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, menganalisis dan mendeskripsikan inovasi dari website E-Office Desa Sabdopalon Pulo Lor dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dalam penggunaan layanan perizinan. Peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teori atribut inovasi Rogers (2003), yang memuat indikator: keunggulan relatif, keanehan, kompleksitas, kemungkinan dicoba, dan kemudahan pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan inovasi website E-Office Desa Sabdopalon Pulo Lor dinilai belum berjalan maksimal, hal ini ditunjukkan dengan temuan yang menunjukkan adanya penurunan jumlah pemohon izin website E-Office Desa Sabdopalon Pulo Lor pada tahun 2023. disebabkan adanya perubahan kebijakan oleh pemerintah pusat dimana data kependudukan saat ini terkoneksi dengan plugin SIAK dan Tanda Tangan Elektronik (TTE) belum diimplementasikan pada website E-Office Desa Sabdopalon Pulo Lor yang berarti penerapan inovasi tersebut belum maksimal , yang memerlukan perbaikan dari pihak dinas untuk memastikan website E-Office Sabdopalon Desa Pulo Lor dapat berjalan dengan cepat dan efisien.

Keywords


New Public Management (NPM); Public Services; Innovation.

References


REFERENCES :

S. Gumolung, J. Rares, and R. Mambo, “Kualitas Pelayanan Publik Pemerintah Desa Bowombaru Utara Kecamatan Melonguane Timur Kabupaten Kepulauan Talaud,” J. Adm. Publik, vol. 9, no. 4, pp. 528–538, 2023, doi: 10.35797/jap.v9i4.49292.

M. G. Witri, “Digitalisasi Pelayanan: Adopsi Inovasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Dan Catatan Sipil Berbasis Website,” Ulil Albab J. Ilm. Multidisiplin, vol. 1, no. 6, pp. 1811–1826, 2022.

K. Rachaju, “Program Pemberdayaan Pemerintah Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Desa di Wilayah Kabupaten Sukabumi,” Int. J. Demos, vol. 4, no. 2, pp. 913–926, 2022, doi: 10.37950/ijd.v4i2.290.

A. K. Putri, D. Syarifudin, and M. Lisanti, “Kajian Potensi Ekonomi Desa Menuju Desa Mandiri,” J. Moderat, vol. 8, no. 1, pp. 102–115, 2022, doi: 10.25157/moderat.v8i1.2597.

K. C. Wibawa, “Urgensi Keterbukaan Informasi dalam Pelayanan Publik sebagai Upaya Mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan yang Baik,” Adm. Law Gov. J., vol. 2, no. 2, pp. 218–234, 2019, doi: 10.14710/alj.v2i2.218-234.

S. N. Laili and A. Kriswibowo, “Elemen Sukses Penerapan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan,” J. Kebijak. Publik, vol. 13, no. 3, pp. 295–301, 2022, doi:http://dx.doi.org/10.31258/jkp.v13i3.8031.

S. Safitri and A. Kriswibowo, “Pemanfaatan Website Klampid New Generation (KNG) Dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan di Kantor Kelurahan Menur Pumpungan,” J. Sosiohumaniora Sasanti, vol. 4, no. 3, pp. 21–28, 2023.

N. Azizah and A. Kriswibowo, “Penerapan e-Management Sebagai Bentuk Efisiensi Tata Kelola Organisasi Pada Yayasan Ponpes Al -Idris Surabaya,” J. Jati Emas, vol. 5, no. 3, pp. 87–92, 2021, doi: 10.36339/je.v5i3.466.

Y. R. Sari, “Atribut Inovasi Program Besuk Kiamat Kota Surakarta,” J. Transform., vol. 5, no. 1, pp. 38–55, 2019.

M. B. Miles, A. M. Huberman, and J. Saldana, Qualitative Data Analiysis : A Methods Sourcebook, 3rd ed. United States of America: SAGE Publications, 2014.


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/jhss.v9i1.9820

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.