DETERMINAN NILAI PERUSAHAAN DI INDUSTRI PROPERTY, REAL ESTATE, DAN KONSTRUKSI

Kurniasih Dwi Astuti, Rahman Safii, Nana Nofianti

Abstract


This study aims to determine the effect of dividend policy on firm value and the effect of corporate social responsibility disclosure (CSRD) on firm value. The population in this study were all companies in the property, real estate and construction industry in Indonesia and the sample was selected using purposive sampling method. The data analysis method used in this study is multiple linear regression analysis (Multiple Regression Analysis). The results showed that dividend policy has a significant effect on firm value and disclosure of corporate social responsibility has no significant effect on firm value. This shows that shareholders tend to assess dividend distribution information as well because it is directly related to the welfare of shareholders compared to CSR disclosure which will not necessarily affect the welfare of shareholders.


Keywords


dividend policy; Corporate Social Responsibility Disclosure; company value

References


Agustina, S. (2013). Pengaruh Profitabilitas dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi, 1(1).

Andinata, W. (2010). Analisis Pengaruh Profitabilitas dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Universitas Dipenogoro.

Andriyani, (2017). Pengaruh Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Peruahaan Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Ang, R. (1997). Buku Pintar Pasar Modal Indonesia. Jakarta: Media Staff Indonesia.

Aziz, Rifandi Y. (2017). Pengaruh Keputusan Investasi, Kebijakan Dividen dan Kebijakan Hutang Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Brigham, E. F. dan Houston, J. F. (2013). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.

Deriyarso, I. dan Prasetiono, P. (2014). Pengaruh Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan dengan Corporate Social Responsibility sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Disertasi. Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

Fauziah, N. S. (2015). Pengaruh Kebijakan Hutang Dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan (Survey Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Dasar Dan Kimia Di Bursa Efek Indonesia). Disertasi. Universitas Pasundan.

Ghozali, I. (2011). Aplikasi analisis multivariate dengan IBM SPSS 19. Edisi 5. Universitas Diponegoro: Semarang.

Herawati, T. (2013). Pengaruh kebijakan dividen, kebijakan hutang dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Jurnal Manajemen, 2(2), 1-18.

Lako, A. (2011). Dekonstruksi CSR dan Reformasi Paradigma Bisnis dan Akuntansi. Jakarta: Erlangga.

Latifah, A., dkk. (2017). Model-Model Penilaian Saham yang Populer Dewasa ini. Tersedia di: https://www.kompasiana.com/dibyoyaksa/5a2766bbd14aeb7428319182/model-model-penilaian-saham-yang-populer-dewasa-ini?page=all [diakses tanggal 8 September 2018].

Margaretha, F. (2014). Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Jakarta: Dian Rakyat..

Muliani, L. E., dkk. (2014). Pengaruh kinerja keuangan terhadap nilai perusahaan dengan pengungkapan corporate social responcibility dan good corporate governance sebagai variabel pemoderasi. JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi), 2(1). http://dx.doi.org/10.23887/jimat.v2i1.3423

Murnita, P. E. M., dan Putra, I. M. P. D. (2018). Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas dan Leverage Sebagai Variabel Pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi, 23(2), 1471-1494. https://doi.org/10.24843/EJA.2018.v23.i02.p25.

Nisa, R. C. (2017). Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia (JMBI), 6(1), 92-102.

Nurminda, A., dkk. (2017). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan (Studi pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Barang dan Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2015). eProceedings of Management, 4(1).

Octavia, L. (2013). Analisis Pengaruh Kebijakan Utang, Dividen, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur di BEI. Skirpsi. Universitas Diponegoro Semarang.

Priya, P. V. dan M. Mohanasundari. (2016). Dividend Policy and Its Impact on Firm Value: A Review of Theories and Empirical Evidence. Journal of Management Science and Technology, 3(3), 59-69.

Putra, AA Ngurah Dharma A dan Lestari, Putu V. (2016). Pengaruh Kebijakan Dividen, Likuiditas, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana. 5(7).

Rosdwianti, Mega K., dkk. (2016). Pengaruh Corportae Social Responsibility (CSR) Terhadap Profitabilitas Perusahaan. Jurnal Administrasi Bisnis, 38(2), 16-22.

Sembiring, Etti E. dan Pakpahan, R. (2010). Pengaruh Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Ekspansi Jurnal Ekonomi, Keuangan, Perbankan, dan Akuntansi, 2(1), 47-56.

Senata, M. (2016). Pengaruh Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Peruahaan yang Tecatat Pada Indeks LQ-45 Bursa Efek Indonesia. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil, 6(1), 73-84.

Sianipar, S. (2017). Pengaruh Struktur Modal dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. JOM FISIP, 4(1), 1-14.

Sukirni, D. (2012). Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Kebijakan Dividen dan Kebijakan Utang Analisi Terhadap Nilai Perusahaan. Acounting Analysis Journal. 1(2), 1-12. https://doi.org/10.15294/aaj.v1i2.703.

Suroto. (2015). Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan. Serat Acitya Jurnal Ilmiah Untag Semarang, 4(3), 100-117.

Susianti, Maria Ni Luh dan Yasa, Gerianta Wirawa. (2013). Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan dengan Pemoderasi Good Corporate dan Corporate Social Responsibility. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana. 3(1), 73-91.

Puspaningrum, Yustisia. (2014). Pengaruh Corporate Social Responsibility dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderating. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Ramadhani, Laras S. dan Hadiprajitno, Basuki. (2012). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan dengan Prosentase Kepemilikan Manajemen sebagai Variabel Moderating. Jurnal Akuntansi dan Auditing. 8(2), 178-189. https://doi.org/10.14710/jaa.8.2.178-189.

Ramona, S. (2017). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating. Skripsi. Universitas Pasir Pengaraian Rokan Hulu.

Rustriani, N. (2010). Pengaruh Corporate Governance Pada Hubungan Corporate Social Responsibility dan Nilai perusahaan. Simpsium Nasional Akuntansi XIII Purwokerto.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 40 Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas.

Untung, Hendrik B. (2008). Corporate Social Responsibility. Jakarta: Sinar Grafika.

Uwuigbe, U., dkk. (2012). Dividend Policy and Firm Performance: A Study of Listed Firms in Nigeria. Journal Accounting and Management Information Systems. 11(3), 442-454.

Wiliam, Agam A. (2017). Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Peruahaan dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility dan Good Coorporate Governance Sebagai Variabel Pemoderasi. Skripsi. Universitas Pasundan.


Full Text: PDF

DOI: 10.34204/jiafe.v6i1.1540

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JIAFE (Jurnal Ilmiah Akuntansi Fakultas Ekonomi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.