PELATIHAN AKUNTAN, KINERJA AKUNTAN DAN TEKNOLOGI INFORMASI SEBAGAI DETERMINAN KUALITAS INFORMASI AKUNTANSI

Rochman Marota, Monica Ani Lestari, Amelia Rahmi

Abstract


The purpose of this study was to determine the effect of accountant training, accountant performance and information technology on the quality of accounting information on the BOS (direct fund assistance) reports for SMK (vocational high school) in Bogor City. The research method used is quantitative research methods. The population in this study were BOS treasurers at SMK in Bogor City. The sampling technique used purposive sampling method and the research sample obtained was 41 respondents from 20 private vocational schools in Bogor City. The hypothesis analysis method used is multiple linear regression. The results of this study indicate that accountant training, accountant performance and information technology simultaneously and partially affect the quality of accounting information. The variable that has the highest influence is information technology with the highest tcount, meaning that the quality of accounting information is more driven by information technology. The implication of this research is that vocational secondary education providers can build or improve information technology to help better present financial reports apart from developing the quality of accountants.


Keywords


account training; accountant performance; information texhnology; quality of accounting information

References


Fitriyani, R. (2014). Pengaruh Penggunaan IT, Keahlian Pemakai dan Intensitas Pemakaian terhadap Kualitas Informasi Akuntansi. Skripsi. Universitas Bengkulu.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hamali. (2016). Pemahaman Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan Ke Satu. Yogyakarta: Center for Academic Publishing Service.

Kadir. (2014). Pengenalan Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Kasmir. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori dan Praktik). Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Kumala, D. dan Jaluanto. (2014). Analisis Kualitas Informasi Akuntansi Keuangan pada PT PLN (Persero) Wilayah Jawa Tengah. Jurnal Serat Acitya Untag Semarang, 3(1), 115-129.

Mahsun, M. (2014). Pengukuran Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Nastiti, A. (2013). Pengaruh Pendidikan, Pelatihan dan Pengalaman Kerja terhadap Kualitas Penyajian Informasi Akuntansi (Studi Kasus pada PT. Bank Rakyat Indonesia Kota Magelang. Skripsi. Universitas Dian Nuswantoro.

Noviyanti, R. (2018). Analisis Pengelolaan Dana BOS di SMPK Bukit Serawai Kabupaten Sintang Kalimantan Barat. Skripsi. Universitas Sanata Dharma

Nurhayati, E. (2017). Pengaruh Pendidikan, Pengalaman Kerja, Pelatihan dan Pengetahuan Akuntansi Syariah terhadap Kualitas Penyajian Informasi (Studi Kasus pada KJKS BMT Tumang). Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

OBrien dan Markas. (2014). Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: Salemba Empat.

Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Sekolah Permendikbud No 3/2019.

Rahmadani, S. (2015). Pengaruh Kecanggihan Teknologi Informasi, Partisipasi Manajemen dan Pengetahuan Manajer Akuntansi terhadap Kualitas Informasi Akuntansi (Studi pada BUMN Industri Strategis di Bandung). Skripsi. Universitas Pasundan.

Ratnasari, D. dan Swasto, B. (2018). Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan terhadap Kinerja Karyawan Melalui Variabel Mediator Kemampuan Kerja Karyawan. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 58(1), 210-218.

Rusnanto, G. (2016). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Informasi Akuntansi (Studi Empiris pada Rumah Sakit PKU Muhammadiyah se Eks-karesidenan Surakarta). Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sakriaty, R dan Kahar, A. (2018). Pengaruh Kompetensi, Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Pengendalian Intern terhadap Keterandalan Laporan Keuangan Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah Daerah (Survey pada Sekolah Pengelola Dana BOSDA di Kabupaten Buol). Katalogis, 6(2), 30-40.

Setiawan, F. dan Dewi, K. (2014). Pengaruh Kompensasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada CV. Berkat Anugrah. E-Jurnal Manajemen, 3(5), 1471-1490.

Siswoyo, dkk. (2013). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta : UNY Press.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta

________. (2017). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Suheimy. dkk. (2016). Pengaruh Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan Dana Penunjang Pendidikan (DPP) terhadap Kinerja Sekolah. Jurnal Administrasi Akuntansi, 5(3), 67-71.

Sutabri, T. (2014). Pengukuran Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: Andi Offset.

Solikhatun, I. (2016). Analisis Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) (Studi pada SMK Negeri 1 Yogyakarta). Jurnal Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia, 5(5).

Vicky, R. dkk. (2018). Pengaruh Pelatihan dan Kompensasi terhadap Kinerja Pegawai pada BPMPD Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(3), 1838-1847.

Widodo, Suparno E. (2015). Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Widyatmoko dan Suyatmini. (2017). Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah di SD Kemasan Surakarta. Manajemen Pendidikan, 12(2), 153-160.

Zarlin, E. dan Khairan, S. (2018). Pengaruh SIA dan Kinerja Pegawai terhadap Kualitas Laporan Keuangan pada Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Banyuasin. Skripsi. STIE Multi Data Palembang.


Full Text: PDF

DOI: 10.34204/jiafe.v6i1.1819

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JIAFE (Jurnal Ilmiah Akuntansi Fakultas Ekonomi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.