ANALISIS BOOK TAX DIFFERENCES TERHADAP PERSISTENSI LABA, AKRUAL DAN ALIRAN KAS PADA PERUSAHAAN JASA TELEKOMUNIKASI

Buntoro Heri Prasetyo, Rafitaningsih Rafitaningsih

Abstract


Salah satu topik yang tengah berkembang di bidang akuntansi perpajakan yang menarik perhatian ialah mengenai book tax differences. Hal ini disebabkan karena perbedaan dasar penyusunan dalam penghitungan laba antara komersial dengan perpajakan maka menimbulkan perbedaan besaran jumlah atas penghasilan sebelum pajak (laba akuntansi) dan penghasilan kena pajak (laba fiskal) atau disebut dengan istilah book tax differences. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi. Dari hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa variabel book tax differences yang diproksikan oleh perbedaan permanen dan perbedaan temporer tidak berpengaruh secara signifikan terhadap persistensi laba. Kemudian, perbedaan komersial dan laba kena pajak yang signifikan berperan dalam mengefisiensikan pembayaran pajak.

Keywords


book tax differences; persistensi laba.

References


Anggraini, Fivi dan Ira Trisnawati. 2008. Pengaruh Eranings Management Terhadap Konservatisma Akuntansi. Jurnal Bisnis Dan Akuntansi. Vol. 1 (10): hal 23-36.

Bandi. 2009. Kualitas Laba Dalam Perspektif Akrual-Arus Kas Dan Pensinyalan Dividen. Disertasi. Semarang: Universitas Diponegoro.

Bayu Septiansyah, Iqbal. 2010. Pengaruh Book Tax Differences Terhadap Persistensi Laba Dan Manajemen Laba. Skripsi. Jakarta: Universitas Pembangunan Nasiona Veteran.

Djamaluddin, Subekti. 2008. Analisis Perbedaan Antara Laba Akuntansi dan Laba Fiskal Terhadap Persistensi Laba, Akrual, dan aliran Kas pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta. Jurnal Riset Akuntansi Indonesia. Vol. 11 (1): hal 52-74.

Djoko Muljono dan Baruni Wicaksono. 2009. Akuntansi Pajak Lanjutan. Yogyakarta: ANDI.

Epstein and Jermakowicz. 2008. International Financial Reporting Standards. Thompson. South Western.

Ghozali Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gunadi. 2009. Akuntansi Pajak Edisi Revisi 2009. Jakarta: Grasindo.

Harahap, Sofyan Syahri.2007. Teori Akuntansi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Leonardo, Antonius. 2007. Laba Kena Pajak Sebagai Analisis Untuk Mengukur Kualitas Laba Perusahaan Studi Kasus Pada PT. Great River International Tbk. Tesis. Depok: Universitas Indonesia.

Lestari, Budi. 2011. Analisis Pengaruh Bokk Tax Differences Terhadap Pertumbuhan Laba. Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro.

Mangoting, Yenni. 1999. Tax Planning: Sebuah Pengantar Sebagai Alternatif Meminimalkan Pajak. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan. Vol. 1 (1): hal 43-53.

Mangunsong, Soddin. Peranan Tax Planning Dalam Mengefisiensikan Pembayaran Pajak Penghasilan. 2002. Jurnal Ilmiah Akuntansi. Vol. 2 (1): hal 44-54

Mattoasi. 2007. Persamaan dan Perbedaan Akuntansi Keuangan dengan Akuntansi Perpajakan. Jurnal INOVASI Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo. Vol 4 (3): hal 28-40.

Suandy, Erly. 2008. Perencanaan Pajak Edisi 4. Jakarta: Salemba Empat.

Tri Wijayanti, Handayani. 2006. Analisis Pengaruh Perbedaan Antara Laba Akuntansi Dan Laba Fiskal Terhadap Persistensi Laba, Akrual, Dan Arus Kas.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2008 Tentang Pajak Penghasilan.


Full Text: PDF

DOI: 10.34204/jiafe.v1i1.293

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 JIAFE (Jurnal Ilmiah Akuntansi Fakultas Ekonomi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.